LINGKAR WARNA: Desain inspiratif dari tabung kertas bekas!!! Desain inspiratif dari tabung kertas bekas!!! ~ LINGKAR WARNA -->

Sunday, December 20, 2015



20 desember 2015

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Jauh sebelum kata sustainability menjadi kata yang selalu di dengungkan, arsitek Sigeru Ban telah memulai eksperimennya menggunakan material material yang bersifat ekologikal seperti misalnya cardboard dan paper (kertas bekas). Pada tahun 1986 iya memulai pameran pertamanya, memperkenalkan desain desain alternatif dengan tabung kertas, beriring dengan berjalannya waktu desain desainyapun akhirnya semakin mudah diterima.

image courtesy by gizmodo

Setelah beberapa waktu berpraktek profesional sebagai seorang arsitek, mengerjakan berbagai projek untuk orang orang penting berduit, akhirnya Sigeru Ban memutuskan untuk lebih mengambil peran pada pembangunan yang sifatnya lebih memihak kepada masyarakat secara umum, dan mengkhususkannya pada area area yang terkena dampak bencana.


sigeru ban image courtesy by architecture.about

Desain desain tersebut sering kali di tujukan untuk pembangunan yang sifatnya sementara, kebanyakan di tujukan kepada daerah daerah yang membutuhkan hunian sementara paska bencana seperti yang pernah terjadi di beberapa negara semisal haiti,rwanda dan jepang. Namun sering kali bangunan bangunan tersebut menjadi sangat di senangi walaupun telah selesai masa penggunaannya, orang orang melihatnya bukan lagi sebagai bangunan yang bersifat sementara melainkan sebaliknya.

shelter haiti image courtesy by sigerubanarchitect




Author

My photo
Ali Said, ST
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur

Daftar Isi

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days