LINGKAR WARNA: Beda kota, beda kesibukan, beda kebutuhan!!! Beda kota, beda kesibukan, beda kebutuhan!!! ~ LINGKAR WARNA -->

Saturday, December 19, 2015


Capsule hotel pertama di buka di osaka dengan nama capsule inn, di desain oleh Kisho Kurokawa dan berlokasi di distrik umeda, Osaka, Jepang dan itu di buka pada tahun 1979 jadi bisa di katakan ini bukanlah ide baru. Beberapa puluh tahun kemudian tepatnya pada tahun 2012 china pun membuka hotel pertama mereka dengan konsep ini, menyusul kemudian singapura dan malaisya.






Salah satu capsule hotel yang paling terkenal di jepang adalah capsule hotel yang terletak di bandara narita tokyo, merupakan capsule hotel kedua yang di operasikan oleh "nine hours" setelah beberapa tahun sebelumnya telah di buka di kyoto. Ide dari capsule hotel adalah untuk menyediakan tempat peristirahatan yang murah bagi pengunjung yang hendak beristirahat untuk jangka waktu yang pendek misalnya ketika hendak transit dan akan melanjutkan penerbangan beberapa waktu kemudian.

9 hours capsule hotel: image courtesy by imgur
Tidak menuntut kemungkinan mungkin saja di kemudian hari ide ide seperti ini bisa berkembang di indonesia, mengingat tingkat aktifitas dan jumlah penduduk yang terus berkembang tentu sedikit banyak hal ini mengakibatkan mobilitaspun ikut berkembang sehingga kebutuhan akan capsule hotel seperti ini bisa saja menjadi sesuatu yang sangat di nantikan.

sleepbox: image courtesy by dailymail
Mencoba menjawab tantangan yang sama di beberapa negara para desainer ikut mengembangkan ide yang serupa, hanya saja ruang yang di peruntukkan kepada pengunjung sedikit lebih besar dari capsule hotel. Ide ini biasa di kenal dengan sleepbox atau juga pod hotel, di indonesia mungkin saja bisa sedikit lebih berbeda,kita nantikan saja.



Desain rumah amphibi
Mengenal sang arsitek Mahmoud Bodo Rasch
Konsep desain rumah ekologis
Kursi serbaguna untuk mekanik
Desain inspiratif dari tabung kertas


Author

My photo
Ali Said, ST
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur

Daftar Isi

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days