LINGKAR WARNA: Mengenal lebih dekat sang arsitek Zaha Mohammad Hadid! Mengenal lebih dekat sang arsitek Zaha Mohammad Hadid! ~ LINGKAR WARNA -->

Monday, December 14, 2015

zaha hadid image courtesy by cnn

Zaha mohammad hadid atau biasa kita kenal dengan zaha hadid lahir pada tanggal 31 oktober 1950 di bagdad, iraq. Ayah bernama Mohammad hadid dan ibu bernama wajiha al-sabunji dan memiliki dua saudara kandung Fulath hadid dan Haithem hadid. Zaha hadid adalah seorang arsitek iraqi-british, menyelesaikan pendidikannya di American University of Beirut dan Architectural Association School of Architecture.






Zaha Mohammad Hadid
Heydar Aliyev Center. Image © Hufton+Crow

Pada tahun 2004 ia menjadi wanita pertama penerima penghargaan Pritzker Architecture Prize. Ia juga telah menerima penghargaan The Stirling Prize di tahun 2010 dan 2011. Pada tahun 2014 Heydar Aliyev cultural Center yang telah didesain olehnya memenangkan The Design Museum Design of the year, dan menjadikannya wanita pertama yang memenangkan top prize pada kompetisi itu. Di tahun 2015 ia menjadi wanita pertama yang di anugrahi the Riba Gold Medal untuk dirinya sendiri.

Zaha Mohammad Hadid
Photo: An illustration of the Sleuk Rith Institute's proposed library exterior and reflecting pool. (MIR: Sleuk Rith Institute. )



Bangunan bangunan yang di desainnya sangat khas dengan Neofuturistiknya, di tampilkan dalam karakter yang kuat pada bentuk bentuk melengkung dari struktur struktur memanjang dengan berbagai perspectif dan geometry yang terfragmentasi untuk menimbulkan "chaos" dari gaya hidup modern itu sendiri. Ia hingga saat ini merupaka Profesor University Applied Arts Vienna di Austria.

Zaha Mohammad Hadid
university of applied arts vienna architecture. image courtesy by e-architect

Hadid tumbuh besar di salah satu bangunan karya bauhaus di bagdad selama sebuah era dimana medernisme telah di konotasikan sebagai sesuatu yang glamor di timur tengah. Ia belajar matematika di American University of Beirut sebelum melanjutkan pendidikannya pada Architectural Association School of Architecture di london, dimana ia bertemu Rem Koolhaas, Elia Zenghelis dan Bernard Tschumi. Ia bekerja untuk mantan profesornya, Koolhaas dan Zenghelis, pada Office for Metropolitan Architecture di rotterdam, belanda, dan akhirnya menjadi rekanan di tahun 1977. Melalui kerjasamanya dengan Koolhaas, ia bertemeu Peter Rice, engineer yang telah memberikannya dukungan dan dorongan paling awal di waktu itu dimana pekerjaannya terlihat semakin sulit. Pada tahun 1980 ia mendirikan biro arsiteknya sendiri yang bermarkas di london. Selama tahun 1980 ia juga mengajar pada berbagai Asosiasi Arsitektur. Nah untuk lebih lengkapnya simak video berdurasi 1:10:39 menit, bercerita tentang perjalanan karir profesinya, bagaimana rekan rekan nya menilainya, dan masih banyak hal menarik lainnya, inspiratif!!!






Author

My photo
Ali Said, ST
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur

Daftar Isi

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days