Arsitektur bambu ~ 1000+ Inspirasi Desain Arsitektur Teknologi Konstruksi Dan Kreasi Seni

Sunday, 14 February 2016

14 februari 2016

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Berbicara mengenai arsitektur bambu, maka perlu di pahami terlebih dahulu mengenai apa itu arsitektur dan bagaimana bambu tersebut? Arsitektur dalam perkembangannya memiliki definisi yang sangat luas tetapi umumnya dan pembatasan kita pada pembahasan ini hanya sebatas arsitektur dalam kaitannya dengan bangunan dan turunannya saja. Bangunan sendiri dapat di definisikan sebagai gubahan benda benda dengan fungsi kegiatan di bawahnya atau di dalamnya dan arsitektur sendiri ilmu yang mempelajari metode gubuhan tersebut. Tentu ada sangat banyak capaian yang ingin di dapatkan dalam sebuah proses berarsitektur namun pada kesempatan ini kita tidak akan membahasnya.

Arsitektur bambu
image courtesy by heraldsun





Arsitektur bambu
image courtesy by bamboocycles
Bambu sendiri adalah tanaman jenis rumput-rumputan dengan rongga dan ruas ruas pada batangnya. Bambu memiliki banyak jenis, nama lain dari bambu adalah buluh, aur, dan eru. Di dunia ini bambu merupakan salah satu tanaman dengan pertumbuhan paling cepat. Karena memiliki sistem rhizoma-dependen unik, dalam sehari bambu dapat tumbuh sepanjang 60 cm (24 Inchi) bahkan lebih, tergantung pada kondisi tanah dan klimatologi tempat bambu tersebut tumbuh dan ditanam.


Dari dua definisi sederhana di atas dapat kita simpulkan bahwa arsitektur bambu adalah sebuah upaya capaian bangunan dengan menggunakan material bambu sebagai unsur utamanya. Arsitektur bambu sendiri dapat berupa jenis bangunan dengan fungsi apapun bahkan di beberapa kompetisi internasional akhir akhir ini menggagas tentang bangunan  tinggi dengan material utama bambu, berusaha membawa material ini keluar dari limit batasnya.

Arsitektur bambu
image courtesy by flickr
Kelebihan bambu adalah dari sisi bagaimana bambu ini bisa tampil dengan sangat eksotis, selain mampu menjadi elemen konstruktif bangunan di saat bersamaan juga bisa menjadi elemen artistik bangunan. Bagi orang indonesia secara umum mungkin telah sangat akrab dengan material yang satu ini, tapi bagi pendatang atau turis asing bambu adalah sesuatu yang baru dan slalu di rindukan.

Arsitektur bambu
image courtesy by green school bali
Bangunan arsitektur bambu bisa saja keseluruhan elemen artistiknya berbahan bambu, mulai dari bangunan utamanya, interiornya, furniturnya, pajangannya sampai dengan elemen pembentuk landsekapnya, tidak bisa di pungkiri memang bambu sebagai sebuah material artistik bangunan sangat mengagumkan. Dengan treatment khusus, ide ide brilian, inovasi dan kreatifitas, karya karya dari bambu akan terus bermunculan dan semakin berkembang.


Arsitektur bambu
image courtesy by construcpix




Labels

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days

Popular Posts All time