Desain pusat kegiatan anak anak di kolombia ~ 1000+ Inspirasi Desain Arsitektur Teknologi Konstruksi Dan Kreasi Seni

Saturday, 13 February 2016

14 februari 2016

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Bangunan sekolah ini bernama El Guadual Children’s Center terletak di Villa Rica, Colombia. Bangunan dengan luas 1823 m2, selesai di bangun dan mulai di gunakan pada tahun 2013. Di desain oleh Daniel Joseph Feldman Mowerman dan Iván Dario Quiñones Sanchez, bangunan berbahan bambu dan beton ini tampil sangat kokoh dan menarik. Klien adalah Instituto Colombiano de Bienestar Familiar ( ICBF ) sebuah organisasi sosial pemerhati anak anak.

Desain pusat kegiatan anak
Photograph by Ivan Dario Quiñones Sanchez




Desain pusat kegiatan anak
Photograph by Ivan Dario Quiñones Sanchez
Bangunan ini terdiri dari  10 ruang kelas, ruang makan, ruang bermain indor dan outdor, ruang kesenian semi privat, ruang kesehatan dan keselamatan, ruang administrasi, kebun sayuran, are pengelolaan air, teater publik outdor dan plaza atau ruang terbuka. Pengelola bangunan ini juga menyediakan pelayanan makanan, pendidikan dan rekreasi kepada 300 anak dengan umur 0 sampai dengan 5 tahun, 100 ibu hamil dan 200 kelahiran baru sebagai bagian terintegrasi dari program nasional negara tersebut yaitu early youth attention strategy "de Cero a Siempre". Jadi bisa dikatakan bangunan berarsitektur bambu ini memiliki tingkat kesibukan yang cukup tinggi.

Desain pusat kegiatan anak
Photograph by Ivan Dario Quiñones Sanchez
Konsep ide dari ruang ruang kelas pada bangunan ini adalah bagaimana menciptakan suasana  dimana proses pendidikan menjadi sesuatu yang interaktif dan lebih menyenangkan. Ruang kelas ini telah di desain dengan mengikuti sistem standar pembelajaran  bermodel pedagogi, sebuah model standar pendidikan yang mempengaruhi desain bangunan ini dalam penempatan teori psikologi sebagai regulasi pembentuk ruangnya. Lebih jauh di jelaskan bahwa anak anak di anggap sebagai protagonis dalam proses pembelajaran, hal ini menempatkan pembentukkan karakter pembelajaaran anak anak pada respon dan hubungannya dengan lingkungan sosial sekitarnya.
 
Desain pusat kegiatan anak
Photograph by Ivan Dario Quiñones Sanchez
Pembangunan di laksanakan selama 9 bulan dengan total biaya yang di keluarkan yaitu sekitar 1,6 milyar dolar. Pembiayaan projek ini datang dari kerja sama internasional, sumbangan donatur, penggalangan dana dan berbagai jenis donasi laiinnya. Sepanjang pembangunan projek ini lebih dari 60 kontraktor lokal telah ikut berpartisipasi dan mendapatkan sertifikat dalam teknis konstruksi. Sebagai tambahan selain dari pekerjaan konstruksinya, 30 wanita setempat di latih dan di persiapkan sebagai tenaga pengajar nantinya, sebelum di beri sertifikasi dan di pekerjakan secara professional.

Desain pusat kegiatan anak
Photograph by Ivan Dario Quiñones Sanchez
Bisa di rasakana bahwa pada form bentuk fisik bangunan ini, bambu bambu di susun sangat rapih dan formal, berbeda dengan ruang luarnya yang menonjolkan tiang tiang bambu yang berjejer miring menyerupai huruf v. Ruang dalam lebih menampilkan kesan rapih dan bersih. Tampak permainan cahaya matahari juga menjadi materi yang tidak di sia siakan oleh para arsiteknya. Di manfaatkan memasuki area interior bangunan melalui struktur struktur bambu, menghasilkan sesuatu yang sangat artistik dan menginspirasi.


Desain pusat kegiatan anak
Photograph by Ivan Dario Quiñones Sanchez




Labels

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days

Popular Posts All time