LINGKAR WARNA: Arkomjogja, Bertukar kebudayaan Indonesia-Myanmar lewat membangun sekolah bambu bersama-sama. Arkomjogja, Bertukar kebudayaan Indonesia-Myanmar lewat membangun sekolah bambu bersama-sama. ~ LINGKAR WARNA

Sunday, April 24, 2016

25 april 2016

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Bertukar kebudayaan Indonesia-Myanmar lewat membangun sekolah bambu bersama-sama.
11-16 April 2016, Desa Nawng Nang, Myitkina, Kachin State, Myanmar

Pertengahan April lalu, selama seminggu Arkomjogja, Pak Eko Prawoto dan 2 tukang bambu kami dari Bangunjiwo dan Samigaluh yaitu Pak Mirin dan Pak Sur diberi kesempatan berbagi pengalaman mengkonservasi bambu dan melatih warga lokal membangun atap dari bambu.

Arkomjogja
image courtesy by facebook arkomjogja




Arkomjogja
image courtesy by facebook arkomjogja
Bambu adalah tanaman komunitas, kegunaan utamanya untuk menjaga air dan tanah mesti dipahami dalam kerangka kebersamaan. Belajar tentang bambu pun begitu mudah dipahami masyarakat walau kami berbeda bahasa, karena kita sesungguhnya sangat dekat dengan bambu. 

Arkomjogja
image courtesy by facebook arkomjogja
Maket konstruksi skala 1:50 juga menjadi sarana mempermudah pemahaman bangunan bagi warga. Melalui maket mereka begitu mudah membayangkan bentuk bangunan dan mengukurnya ketika membangun.
 
Arkomjogja
image courtesy by facebook arkomjogja
Masyarakat Desa Nawng Nang didampingi organisasi HOPE asal Canada sedang membangun sekolah dengan material yang paling dekat tersedia di sana, yaitu tanah dan bambu. Kami sangat senang telah menjadi bagian kecil dalam semangat gotong royong dan pertukaran kebudayaan ini.

Arkomjogja
image courtesy by facebook arkomjogja
Terimakasih pada organisasi Hope dan Whispering Earth yang telah lama mendampingi warga di pelosok desa Myanmar, atas ajakan berbagi ini.

Salam lestari!

"Dikutip langsung dari fanspage Arkomjogja"





Author

My photo
Ali Said, ST
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur

Daftar Isi

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days

Popular Posts All time