LINGKAR WARNA: Desain interior masjid Yesil Vadi Turki Desain interior masjid Yesil Vadi Turki ~ LINGKAR WARNA -->

Friday, September 16, 2016



16 September 2016

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Selama aktifitas kami berselancar di dunia maya Turki adalah negara yang paling sering di temukan memiliki masjid masjid berdesein modern dan unik, beberapa di antaranya kita telah membahasnya pada kategori masjid website ini. Nah kembali kita akan membahas salah satu masjid yang sangat menarik dan juga terletak di turki pada serial desain interior masjid masjid unik di dunia kali ini.

Image courtesy by




Adalah masjid Yesil Vadi, Terletak di ibu kota istanbul Turki, di desain oleh Adnan Kazmaoglu MAM Architectural Research Center, masjid ini memiliki lyout yang tidak lumrah sebagaimana umumnya masjid yaitu berbentuk setengah lingkaran menjadikan masjid ini memiliki kesan yang cukup berbeda dalam bentukan pengalaman ruangnya. Di dominasi dengan warna yang lembut dan pencahayaan yang cukup maksimal menjadikan masjid ini tampil sangat kekinian.

Image courtesy by
Mimbar tempat dimana seorang imam menyampaikan khutbah juga di desain begitu minimalis, dengan tangga berwarna putih bersih dan railing yang terbuat dari kaca polos. Disalah satu sisi mimbar terdapat kaligrafis islami dengan warna kuning keemasan yang juga terdapat pada sisi lain interior masjid. Senada dengan mimbar furniture meja dan kursi yang disediakan sebagai salah satu fasilitas dakwah di masjid juga di desain sangat minimalis. Jikalau temanya di katakan kekinian maka kami penulis merasa tidaklah berlebihan.

Image courtesy by
Ada ciri khas lain yang juga kami dapatkan pada masjid ini yang juga terdapat pada masjid sancaklar pada pembahasan kita sebelumnya yaitu huruf hijaiyah "wau" pada langit langit masjid, kami sendiri belum mengetahui maksudnya. Jikalah dari rekan pembaca ada yang mengetahui maksudnya bolehlah berbagi dengan kami pada kolom komentar dibawah artikel ini.

Ribuan orang lainnya juga meng-KLIK informasi ini:
Desain interior masjid Sancaklar Turki 
Mewujudkan Kota tepi air "Waterfont city"
57 tahun Ikatan Arsitek Indonesia 
Desain interior masjid Al irsyad Kabupaten Bandung
Hospital Design Project 

Image courtesy by
Karpet biru sangat muda menutupi hampir bahkan keseluruhan lantai masjid, pada bagian sisi belakang langit langit masjid terdapat skylight cahaya yang melengkung bak pelangi melintasi masjid, tentu bentuk bangunan yang serupa setengah bola memudahkan ide ini tercapai. Tepat di bawahnya adalah area mezanin yang umumnya juga terdapat pada masjid masjid di indonesia, biasanya di gunakan ketika masjid benar benar sangat penuh, atau ketika ada kegiatan tablig akbar di sebuah masjid.

Image courtesy by
Terakhir adalah area mihrab masjid, di hiasi dengan aksen warna kuning ke emasan, sayangnya kami penulis tidak memiliki ide tentang darimana sumber cahaya yang menerangi area mihrab. tetapi apabila dilihat dari kecenderungan keinginan desainnya dapat di simpulkan, cahaya ini bersumber dari pengolahan bukaan untuk memasukkan cahaya matahari langsung ke area masjid, bukan cahaya buatan.

Image courtesy by



Jika anda menyenangi artikel artikel kami, donasikan sedikit waktu like FP kami di bawah ini, dan share artikel artikel kami. setiap sharing dari anda adalah semangat baru buat kami untuk terus berkarya. Semoga bermanfaat!!!!

Berbagai inspirasi desain dari pallet bekas
Aneka kerajinan tangan dari barang bekas 
Membangun portofolio desain arsitektur
Desain inspiratif dari bronjong batu 
Prinsip prinsip desain warna
Desain furniture inspiratif dari kardus bekas 
Desain masjid minimalis
SIPTB
Perumahan modern minimalis di kota makassar
Kumpulan sayembara arsitektur 2016




https://www.facebook.com/sharer/sharer.php?u=http%3A%2F%2Fwww.lingkarwarna.com%2F2015%2F10%2Fdesign-and-build-sebuah-alternatif-praktek-profesi-arsitektur.html%3Fspref%3Dfb&t=lingkar+warna+indonesia%3A+Rancang+dan+bangun+sebuah+alternatif+praktek+profe...
https://twitter.com/intent/tweet?text=lingkar%20warna%20indonesia%3A%20Rancang%20dan%20bangun%20sebuah%20alternatif%20praktek%20profe...&url=http%3A%2F%2Fwww.lingkarwarna.com%2F2015%2F10%2Fdesign-and-build-sebuah-alternatif-praktek-profesi-arsitektur.html%3Fspref%3Dtw&original_referer=http%3A%2F%2Fwww.lingkarwarna.com%2F2015%2F10%2Fdesign-and-build-sebuah-alternatif-praktek-profesi-arsitektur.html


Author

My photo
Ali Said, ST
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur

Daftar Isi

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days