Desain interior masjid Al irsyad Kabupaten Bandung ~ 1000+ Inspirasi Desain Arsitektur Teknologi Konstruksi dan Kreasi Seni

Friday, 16 September 2016


16 September 2016

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Sebelumnya kita telah menyatakan bahwa akan ada dua review dari desain interior masjid berasal dari wilayah kita indonesia yang pertama adalah masjid jamie Darrusalam dan yang kedua adalah masjid ini masjid Al Irsyad Kabupaten Bandung, walaupun dengan area olahan perencanaan yang tidak begitu luas tetapi sang arsitek Ridwan kamil selalu berhasil menghasilkan apa yang kita kenali sebagai ruang ruang artistik.

image courtesy by rinaldimunir




Masjid Al irsyad Kabupaten Bandung, tepatnya terletak di Jl. Parahyangan KM. 2,7, Kota Baru Parahyangan, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia. Masjid dengan luas total kurang lebih  1.871 meter persegi ini di resmikan pada 17 Ramadan 1431 Hijriah tepatnya 27 Agustus 2010 silam mendahului masjid jamie Darrusalam. Area sholat masjid ini bisa menampung hingga 1500 jamaah.

image courtesy by rinaldimunir
Berbicara mengenai karya karya Ridwan Kamil, dari sisi bentuknya selalu menampilkan karakter yang khas dari wali kota Bandung ini dan ini juga menjadi identitas artistik beliau, sehingga dengan mudah dapat di kenali sebagai karya beliau. Apakah itu?? kita telah sedikit menyinggungnya pada pembahasan kita sebelumnya pada artikel Masjid jamie Darrusalam. Yaitu Bentuk bangunan secara umum yang sederhana berupa kubus, prisma atau tabung ataupun yang serupa dengannya.

image courtesy by sebandung
Karekteristik berikutnya adalah bentuk bangunan sederhana tersebut di susun oleh objek objek kecil yang artistik, susunannyapun di atur untuk menciptakan kesimpulan yang kontekstual terhadap fungsi bangunan, permainan padat rongga juga menjadi karakter yang sangat khas dari sang arsitek dan terakhir bagaimana envelop luar bangunan juga hadir sebagai kulit dalam bangunan.

Ribuan orang lainnya juga meng-KLIK informasi ini:
Desain interior masjid Sancaklar Turki 
Mewujudkan Kota tepi air "Waterfont city"
57 tahun Ikatan Arsitek Indonesia
Indonesia Development and Evolution of Architecture 
Hospital Design Project 

image courtesy by atelier 786
Namun yang menjadi pokok pembahasan kita kali ini adalah bagaimana kita menelah interior masjid ini, mengambil pelajaran darinya yang bisa menjadi referensi kita dalam mendesain masjid. Bisa dikatakan ruh dalam perencanaan sebuah masjid adalah area mihrabnya, yaitu keseluruhan dinding di sisi kiblat, dimana pada masjid ini di suguhkan dalam bentuk bukaan raksasa dengan kolam ikan didepannya, sungguh ide yang sangat cemerlang.

image courtesy by maitadhanubrata
Terdapat bola besi yang cukup besar di tengah area mihrab dengan ukiran lafazd allah di tengahnya, di berikan pencahayaan dari sisi dalamnya menghasilkan efek yang sangat menarik bagi orang orang yang melaksanakan sholat di masjid ini. Tentu puncak dari semua ide ide ini adalah bagaimana menghadirkan perasaan khusyuk bagi sesiapa saja yang menunaikan sholat di dalamnya.


Jika anda menyenangi artikel artikel kami, donasikan sedikit waktu like FP kami di bawah ini, dan share artikel artikel kami. setiap sharing dari anda adalah semangat baru buat kami untuk terus berkarya. Semoga bermanfaat!!!!

Berbagai inspirasi desain dari pallet bekas
Aneka kerajinan tangan dari barang bekas 
Membangun portofolio desain arsitektur
Desain inspiratif dari bronjong batu 
Prinsip prinsip desain warna
Desain furniture inspiratif dari kardus bekas 
Desain masjid minimalis
SIPTB
Perumahan modern minimalis di kota makassar
Kumpulan sayembara arsitektur 2016




https://www.facebook.com/sharer/sharer.php?u=http%3A%2F%2Fwww.lingkarwarna.com%2F2015%2F10%2Fdesign-and-build-sebuah-alternatif-praktek-profesi-arsitektur.html%3Fspref%3Dfb&t=lingkar+warna+indonesia%3A+Rancang+dan+bangun+sebuah+alternatif+praktek+profe...
https://twitter.com/intent/tweet?text=lingkar%20warna%20indonesia%3A%20Rancang%20dan%20bangun%20sebuah%20alternatif%20praktek%20profe...&url=http%3A%2F%2Fwww.lingkarwarna.com%2F2015%2F10%2Fdesign-and-build-sebuah-alternatif-praktek-profesi-arsitektur.html%3Fspref%3Dtw&original_referer=http%3A%2F%2Fwww.lingkarwarna.com%2F2015%2F10%2Fdesign-and-build-sebuah-alternatif-praktek-profesi-arsitektur.html


Labels

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Komunitas Nasional

 
Model Rumah Minimalis 2019
Grup Tertutup · 51.887 anggota
Gabung dengan Grup
tempat berbagi informasi ter uptodate dan terbaru mengenai desain rumah, tips dan trik membangun rumah, pengalaman membangun, trategi membangun rumah,...
 

Popular Posts 7 days

Popular Posts all time