LINGKAR WARNA: Desain interior masjid jamie Darrussalam Desain interior masjid jamie Darrussalam ~ LINGKAR WARNA -->

Thursday, September 15, 2016



15 September 2016

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Dalam artikel kita kali ini kita tidak akan banyak membahas secara detail mengenai apa itu masjid apa itu interior karena telah datang sebelumnya pembahasan kita pada artikel sebelumnya yang membahas hal tersebut klik di sini untuk melihat artikel sebelumnya. Sebelumnya juga kita telah menyinggung bahwa artikel artikel ini adalah bagian dari serial artikel kita yang akan membahas mengenai interior interior masjid unik di dunia dan pembahasan kita kali ini merupakan pembahasan kita yang ke dua dari serial serial pembahasan tersebut.

image courtesy by kompas




Pada pembahasan kita kali ini sangat berbeda dengan pembahasan pembahasan sebelumnya pada kategori masjid, dimana telah lebih dari 10 membahasan mengenai masjid masjid unik, kesemuanya terletak di luar negara kita. Pada serial artikel interior masjid ini kami mempersiapkan dua artikel mereview karya desain masjid lokal yaitu yang pertama desain interior masjid jamie Darussalam dan masjid Al-irsyad bandung yang keduanya merupakan karya arsitek Ridwan Kamil yang juga menjabat sebagai wali kota bandung saat ini.

image courtesy by kompas
Baiklah sebelumnya kami akan memaparkan sedikit informasi mengenai masjid ini, masjid ini bernama Masjid Jamie Darussalam, terletak di RT 02 RW 03 Kelurahan Kebon Melati, Kecataman Tanah Abang, Jakarta Pusat, di resmikan pada tanggal 25 juni 2015 lalu, jadi masjid ini bisa dikatakan masih sangat baru. Karakter desain sang arsitek Ridwan Kamil sangat terasa pada masjid ini, hanya saja kali ini bentuk bangunan tidak lazim yaitu berbentuk prisma segitiga.

image courtesy by flickr
Bentuk yang sederhana dengan detail kecil berulang inilah yang menjadi karakter desain sang arsitek, bisa di pahami dari referensi gambar gambar berikut layout masjid berbentuk L tidak sempurna, dimana area utama masjid mengikuti orientasi arah kiblat, sehingga ide untuk menyatukan elemen garis celling dan lantai saf masjid teraplikasi sempurna.

Ribuan orang lainnya juga meng-KLIK informasi ini:
Desain interior masjid Sancaklar Turki
PENGUMUMAN PEMENANG SAYEMBARA DESAIN ARSITEKTUR SEKOLAH GARIS DEPAN 
57 tahun Ikatan Arsitek Indonesia
Indonesia Development and Evolution of Architecture 
Hospital Design Project

image courtesy by flickr
Olahan permainan celling juga sangat terlihat mengikuti pola garis shaf, dimana desain langit langit dibuat selang seling, silih berganti antara bagian padat dan bagian yang beronnga. Salah satu hal yang sangat menarik pada interior ini juga bagaimana kipas angin yang fungsional bisa juga menjadi elemen dekoratif interior masjid.

image courtesy by twitter awiratama
Semakin menelisik melihat kepada detail detail artistik masjid ini, semakin kita merasakan bagaimana setiap detail dari interior masjid ini di rencanakan dengan sangat baik, area mimbar ini misalnya, sangat sempurna, dimana bingkai kaca segitiga di sekitarnya berembun, area mimbar justru tampil jernih sempurna, kami mengira ini di sebapkan karena bidang dinding area tersebut lepas terbuka tanpa kaca, yang ada hanyalah sebuah susunan kaligrafi.



Jika anda menyenangi artikel artikel kami, donasikan sedikit waktu like FP kami di bawah ini, dan share artikel artikel kami. setiap sharing dari anda adalah semangat baru buat kami untuk terus berkarya. Semoga bermanfaat!!!!

Berbagai inspirasi desain dari pallet bekas
Aneka kerajinan tangan dari barang bekas 
Membangun portofolio desain arsitektur
Desain inspiratif dari bronjong batu 
Prinsip prinsip desain warna
Desain furniture inspiratif dari kardus bekas 
Desain masjid minimalis
SIPTB
Perumahan modern minimalis di kota makassar
Kumpulan sayembara arsitektur 2016




https://www.facebook.com/sharer/sharer.php?u=http%3A%2F%2Fwww.lingkarwarna.com%2F2015%2F10%2Fdesign-and-build-sebuah-alternatif-praktek-profesi-arsitektur.html%3Fspref%3Dfb&t=lingkar+warna+indonesia%3A+Rancang+dan+bangun+sebuah+alternatif+praktek+profe...
https://twitter.com/intent/tweet?text=lingkar%20warna%20indonesia%3A%20Rancang%20dan%20bangun%20sebuah%20alternatif%20praktek%20profe...&url=http%3A%2F%2Fwww.lingkarwarna.com%2F2015%2F10%2Fdesign-and-build-sebuah-alternatif-praktek-profesi-arsitektur.html%3Fspref%3Dtw&original_referer=http%3A%2F%2Fwww.lingkarwarna.com%2F2015%2F10%2Fdesign-and-build-sebuah-alternatif-praktek-profesi-arsitektur.html



Custom Search



Author

My photo
Ali Said, ST
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur

Daftar Isi

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days