LINGKAR WARNA: Desain interior masjid Sancaklar Turki Desain interior masjid Sancaklar Turki ~ LINGKAR WARNA -->

Wednesday, September 14, 2016



14 September 2016

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Masih ingat dengan masjid ini? tentu saja dong! kami telah menulis artikel sebelumnya mengenai masjid ini lihat di sini. Namun kali ini kita akan mereview masjid ini dari sisi interiornya saja, dan artikel ini akan menjadi artikel pembuka kita dalam serial desain interior masjid masjid unik di dunia! Sebelum kita jauh kepada pembahasan kita ada baiknya kita mencoba mendefinisikan apasih interior itu? Interior adalah kata yang cukup luas untuk mewakili sebuah ruang dalam, baik itu  ruang dalam bangunan atau yang lainnya.

image courtesy by emrearolat




Dalam perkembangannya memang interior maknanya lebih di identikkan dengan interior bangunan, tetapi menurut hemat kami definisi interior lebih kepada ruang dimana terdapat aktifitas manusia di dalamnya,sehingga tercakup di dalamnya hal hal lainnya yang juga memiliki interior, seperti transportasi mobil, pesawat dan lainnya.

image courtesy by emrearolat
Kali ini kita akan membahas salah satu interior dari jenis bangunan dengan fungsi masjid, masjid adalah tempat peribadatan umat islam, bisa di katakan menjadi bangunan ibadah dengan intensitas aktifitas  yang tinggi, dimana setidaknya bangunan ini pasti di gunakan 5 kali dalam sehari, dan terkadang di tambah dengan aktifitas aktifitas ekstra lainnya.

image courtesy by emrearolat
Interior masjid sansaklar ini sangat unik, apa lagi untuk kita yang berada di indonesia, dari sisi ornamen interior masjid ini sangat flat dengan hanya menampilkan huruf "wau" di dinding kiri interior masjid, berbeda dengan yang umumnya kita dapatkan di indonesia atau masjid di negara lainnya yang selalu tampil dengan full kaligrafi dan ornamen.

Ribuan orang lainnya juga meng-KLIK informasi ini:
SAYEMBARA DESAIN ARSITEKTUR TAMPAK MUKA (FASAD) BANGUNAN BCA
PENGUMUMAN PEMENANG SAYEMBARA DESAIN ARSITEKTUR SEKOLAH GARIS DEPAN 
57 tahun Ikatan Arsitek Indonesia
Indonesia Development and Evolution of Architecture 
Hospital Design Project

image courtesy by emrearolat
Dari sisi warna, karakter gelap seakan akan coba di bangun pada desain interior masjid ini dimana warna interior terbentuk dari warna natural beton ekspose, susunan batu di dinding bagian belakang dan dinding hitam mengkilap di sisi kiri bangunan. Konsekuensi dari penggunaan karakter warna ini adalah desain pengolahan cahaya yang benar benar di maksimalkan.

image courtesy by emrearolat
Tampak bagaimana dinding area mimbar menjadi seakan berwarna putih disebabkan terpaan cahaya dari skyligh bangunan masjid ini, kami mengira cahaya ini bersumber dari pencahayaan biasan sinar matahari, adapun di daerah belakang saf masjid bermain dengan cahaya cahaya buatan. Hal menarik lainnya dari interior masjid ini adalah pola geometri lantai dan langit langit bangunan yang sangat kontras dimana menurut pengalaman kami, komposisi seperti ini sangat jarang menghasilkan desain yang menarik, mungkin salah satu yang berhasil menggunakan komposisi ini adalah masjid ini.

image courtesy by emrearolat


Jika anda menyenangi artikel artikel kami, donasikan sedikit waktu like FP kami di bawah ini, dan share artikel artikel kami. setiap sharing dari anda adalah semangat baru buat kami untuk terus berkarya. Semoga bermanfaat!!!!

Berbagai inspirasi desain dari pallet bekas
Aneka kerajinan tangan dari barang bekas 
Membangun portofolio desain arsitektur
Desain inspiratif dari bronjong batu 
Prinsip prinsip desain warna
Desain furniture inspiratif dari kardus bekas 
Desain masjid minimalis
SIPTB
Perumahan modern minimalis di kota makassar
Kumpulan sayembara arsitektur 2016




https://www.facebook.com/sharer/sharer.php?u=http%3A%2F%2Fwww.lingkarwarna.com%2F2015%2F10%2Fdesign-and-build-sebuah-alternatif-praktek-profesi-arsitektur.html%3Fspref%3Dfb&t=lingkar+warna+indonesia%3A+Rancang+dan+bangun+sebuah+alternatif+praktek+profe...
https://twitter.com/intent/tweet?text=lingkar%20warna%20indonesia%3A%20Rancang%20dan%20bangun%20sebuah%20alternatif%20praktek%20profe...&url=http%3A%2F%2Fwww.lingkarwarna.com%2F2015%2F10%2Fdesign-and-build-sebuah-alternatif-praktek-profesi-arsitektur.html%3Fspref%3Dtw&original_referer=http%3A%2F%2Fwww.lingkarwarna.com%2F2015%2F10%2Fdesign-and-build-sebuah-alternatif-praktek-profesi-arsitektur.html



Custom Search



Author

My photo
Ali Said, ST
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur

Daftar Isi

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days