LINGKAR WARNA: Inspirasi taman minimalis di halaman rumah!!! Inspirasi taman minimalis di halaman rumah!!! ~ LINGKAR WARNA

Saturday, October 22, 2016

22 oktober 2016

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Inspirasi desain taman minimalis

Tidak jauh berbeda dengan desain desain bertema minimalis lainnya, taman bergaya minimalis juga mengusung prinsip prinsip minimalis tersebut. Olahan desain seperti bentuk, bahan dan material, penggunaan tanaman, kesemuanya di kemas dengan prinsip ini. Sedikit mereview mengenai definisi minimalis yang dimaksud pada pembahasan pembahasan kita sebelumnya, minimalis ditujukan kepada kondisi meminimalkan secara efektif sebuah hasil akhir dari proses desain.

taman minimalis
image courtesy by architecturaldigest
Dengan kata lain proses desain di rancang untuk menghasilkan produk yang minim bentuk, minim biaya, minim bahan dan material, minim tekstur dan lainnya, tetapi di sisi lain,  produk tetap berkualitas dengan fungsi yang maksimal dan nilai estetik yang tidak kalah dengan gaya desain lainnya. Berangkat dari prinsip prinsip inilah kita akan mereview desain desain taman kita kali ini, melihat, menganalisa dan mencoba mengambil manfaat dari contoh contoh kita berikut ini.






Mencari artikel arsitektur, di sini saja!!! Gunakan kolom search di kanan atas untuk menemukan informasi yang anda butuhkan, ketikkan kata kunci anda dan klik search. atau gunakan pencarian dengan kategori di kiri kanan website ini, dan atau skrol untuk melanjutkan membaca artikel. Selamat berselancar =)

taman minimalis
image courtesy by gardenia
Kita ketahui struktur bentuk taman di hasilkan dari olahan perbedaan leveling tanah, penggunaan pot tanaman, penambahan elemen decoratif seperti sculpture, ground cover dan tanaman. Lalu bagaimana menerjemahkan kesemuanya itu kedalam bentuk minimalis? Berikut adalah penjelasannya! topografi tanah sebisa mungkin di biarkan flat atau rata, kalaupun perbedaan leveling terpaksa harus di buat maka gunakan material yang sama dengan ground covernya untuk memburamkan kesan levelingnya.

taman minimalis
image courtesy by founterior
Penggunaan pot tanaman juga bisa di hilangkan dengan menanam tanaman langsung pada bidang tanah, jikalaupun pot tanaman akhirnya harus di hadirkan, maka desainnya bisa dibuat dengan menyamarkan bentuknya. misalnya pot tanaman di buat seolah olah sebagai bagian dari pagar rumah atau disamarkan dengan teknik lainnya. Penggunaan elemen dekoratif seperti sculpture di tujukan hanya sebagai aksen pada taman saja sehingga penggunaannya tidak mendominasi taman.

taman minimalis
image courtesy by houzz
Untuk tetap menimbulkan kesan atraktif pada taman ini, bisa dengan mengolah patern atau pola groundcovernya dengan mengkombinasikan satu atau dua jenis tekstur dan tanaman. Hasilnya, walaupun mata cukup lapang tetapi kesan bentuk taman tetap hadir dalam persepsi estetis seseorang yang menikmatinya.

taman minimalis
image courtesy by houzz
Untuk tanamannya bisa menggunakan tanaman semak atau rumput rumputan yang memiliki ketinggian yang cukup pendek tidak lebih dari 15 cm. Dikombinasikan dengan pohon pohon yang memiliki kecenderungan batang bawahnya bersih dari dedaunan, sehingga kehadiran pohon pohon tersebut tidak menghilangkan kesan lapang yang telah di hadirkan melalui pengoptimalan elemen elemen desain yang sebahagiannya telah kita bahas di atas.

taman minimalis
image courtesy by howtospendit
akses terus ribuan informasi arsitektur terupdate!
GABUNG KOMUNITAS BERBAGI MODEL RUMAH MINIMALIS 2019 KLIK DI SINI UNTUK BERGABUNG !!!!





Author

My photo
Ali Said, ST
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur

Daftar Isi

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days

Popular Posts All time