Sayembara desain masjid surakarta ~ 1000+ Inspirasi Desain Arsitektur Teknologi Konstruksi dan Kreasi Seni

Wednesday, 5 October 2016


05 oktober 2016

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Sayembara desain masjid surakarta

Latar Belakang

Masjid merupakan tempat ibadah umat Islam yang dipergunakan untuk sholat rawatib (lima waktu) dan shalat jum’at. Masjid memiliki peran strategis sebagai pusat pembinaan umat dalam upaya melindungi, memberdayakan dan mempersatukan umat untuk mewujudkan umat yang berkualitas, moderat dan toleran.

image courtesy by surakarta

 



Mencari informasi arsitektur, di sini saja!!! Gunakan kolom search di kanan atas untuk menemukan informasi yang anda butuhkan, ketikkan kata kunci anda dan klik search. atau gunakan pencarian dengan kategori di kiri kanan website ini, dan atau skrol untuk melanjutkan membaca artikel. Selamat berselancar =)

Latar Belakang

Masjid merupakan tempat ibadah umat Islam yang dipergunakan untuk sholat rawatib (lima waktu) dan shalat jum’at. Masjid memiliki peran strategis sebagai pusat pembinaan umat dalam upaya melindungi, memberdayakan dan mempersatukan umat untuk mewujudkan umat yang berkualitas, moderat dan toleran.

Guna meningkatkan kualitas pembinaan peran dan fungsi, masjid tidak hanya sebagai tempat ibadah ritual (mahdhah) tapi juga ibadah sosial yang lebih luas (ghair mahdhah) dibidang ekonomi, pendidikan, sosial budaya dan lainnya, maka diperlukan penyempurnaan terhadap tolak ukur atau standar pembinaan manajemen/pengelolaan yang menyeluruh, rinci dan berlaku secara nasional didasarkan pada tipologi masjid dan pengembangannya.

Standar pembinaan manajemen Masjid merupakan batasan atau parameter kualifikasi pembinaan dan pengelolaan masjid berdasarkan tipologi dan perkembangannya, ditinjau dari aspek idarah (manajemen), imarah (kegiatan memakmurkan) dan ri’ayah (pemeliharaan dan pengadaan fasilitas).

Ribuan orang lainnya juga meng-KLIK informasi ini:
16 Inspirasi desain pagar besi bergaya minimalis 
Pagar tampil minimalis dengan batu bata ekspose
18 ide desain pintu pagar rumah minimalis 
Inspirasi pagar dengan tanaman 
Memanfaatkan batu sebagai pagar rumah
 
Aspek Idarah merupakan kegiatan pengelolaan yang menyangkut perencanaan, pengorganisasian, pengadministrasian, keuangan, pengawasan dan pelaporan. Aspek Imarah merupakan kegiatan memakmurkan masjid seperti peribadatan, pendidikan, kegiatan sosial dan peringatan hari besar Islam. Sedangankan aspek Ri’ayah merupakan kegiatan pemeliharaan bangunan, peralatan, lingkungan, kebersihan, keindahan dan keamanan masjid termasuk penentuan arah kiblat.

Standar pembinaan manajemen masjid bertujuan untuk memberikan pedoman tentang pembinaan dan pengelolaan masjid dibidang idarah, imarah dan ri’ayah kepada aparatur pembina kemasjidan maupun pengurus masjid dalam rangka meningkatkan kualitas pembinaan dan bimbingan untuk terwujudnya kemakmuran masjid dan kehidupan umat Islam yang moderat, rukun, toleran baik di pusat, propinsi, kabupaten/kota, maupun kecamatan dan desa.

Berkenaan dengan fungsi dan peran penting masjid bagi masyarakat muslim seperti diuraikan diatas, pada Tahun Anggaran 2016 Pemerintah Kota Surakarta melalui Dinas Tata Ruang Kota Kota Surakarta akan melaksanakan kegiatan Sayembara Konsep Desain Masjid Surakarta. Pendirian masjid adalah untuk menghidupkan fungsi utamanya sebagai center point, titik pusat kegiatan Islami bagi masyarakat di lingkungan sekitarnya, khususnya shalat Jum’at dan shalat fardu berjamaah dan kegiatan Islami lainnya dalam rangka kemaslahatan umat. Tipologi yang direncanakan sebagai pertimbangan perencanaan adalah setara dengan tipologi Masjid Agung sesuai dengan Keputusan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam No. DJ.II/802 Tahun 2014 Tentang Standar Pembinaan Manajemen Masjid.

Jadwal sayembara 

Pendaftaran : Rabu, 5 Oktober 2016 s/d Jum’at, 11 November 2016
Penjelasan Sayembara (aanwijzing) : Rabu, 12 Oktober 2016
Batas Akhir Pemasukkan Karya Perancangan : Jum’at, 25 November 2016
Penilaian /Penjurian : Senin, 28 November 2016 s/d Rabu, 30 November 2016
Pengumuman Pemenang : Jum’at, 2 Desember 2016

Hadiah Sayembara 

Setelah melalui proses penjurian, akan ditentukan 3 (tiga) peringkat terbaik dengan hadiah sebagai berikut:
Peringkat I : Rp. 100.000.000,-
Peringkat II : Rp. 40.000.000,-
Peringkat III : Rp. 20.000.000,-
(*Pajak ditanggung oleh pemenang


Jika anda menyenangi artikel artikel kami, donasikan sedikit waktu like FP kami di bawah ini, dan share artikel artikel kami. setiap sharing dari anda adalah semangat baru buat kami untuk terus berkarya. Semoga bermanfaat!!!!

Berbagai inspirasi desain dari pallet bekas
Aneka kerajinan tangan dari barang bekas 
Membangun portofolio desain arsitektur
Desain inspiratif dari bronjong batu 
Prinsip prinsip desain warna
Desain furniture inspiratif dari kardus bekas 
Desain masjid minimalis
SIPTB
Perumahan modern minimalis di kota makassar
Kumpulan sayembara arsitektur 2016




Labels

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days

Popular Posts all time