LINGKAR WARNA: Berbagai inspirasi atap unik untuk ide rumah anda! Berbagai inspirasi atap unik untuk ide rumah anda! ~ LINGKAR WARNA -->

Sunday, January 29, 2017

29 Januari 2017

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Berbagai ide atap unik untuk ide rumah anda!

Eksplorasi desain dengan atap mungkin saja di negeri kita belum menjadi sesuatu yang populer, umumnya kita di indonesia eksplorasi desain lebih di fokuskan kepada permainan dinding dan teksture dan sangat jarang yang mengandalkan atap sebagai elemen estetisnya. Tidak ada perbedaan yang mendasar antara teknik eksplorasi desain pada dinding dan atap, hanya saja mungkin hasilnya akan sangat berbeda.

macam macam bentuk atap rumah
image courtesy by archgen
Makna apasih yang kita inginkan dari kata "Eksplorasi desain dengan atap"??? maksudnya adalah bagaimana menjadikan atap sebagai elemen utama pembentuk kesan dan ekspresi bangunan, dengan pemaknaan ini maka kita akan menemukan bahwa desain desain yang menjadikan  atap sebagai olahan utamanya juga memiliki karakter estetisnya sendiri.






Mencari artikel arsitektur, di sini saja!!! Gunakan kolom search di kanan atas untuk menemukan informasi yang anda butuhkan, ketikkan kata kunci anda dan klik search. atau gunakan pencarian dengan kategori di kiri kanan website ini, dan atau skrol untuk melanjutkan membaca artikel. Selamat berselancar =)

macam macam bentuk atap rumah
image courtesy by houzz
Salah satu ciri dan karakter tersebut adalah umumnya desain desain ini memulai atau meneruskan bidang atap hingga ketanah, ada integrasi estetis antara groundnya dengan atapnya, baik secara langsung maupun terpisah, walaupun itu tidak selalu harus di lakukan. Misalnya pada desain atap berikut ini, mengandalkan bentuk lipatan atap yang unik dengan dimensi yang cukup solid, sehingga dominasi atap sebagai pembentuk karakter bangunan lebih menonjol.

macam macam bentuk atap rumah
image courtesy by tripadvisor
Desain atap berikutnya bisa dikatakan bukan hal baru lagi di indonesia, yaitu atap dengan rumput hijau diatasnya hanya saja rumput yang di biarkan sedikit panjang justru memberikan keunikan tersendiri. Belum lagi jenis texture rumput yang sesuai dengan lingkungannya menyebabkan bangunan ini terlihat menyatu dengan bangunannya. Terletak di tepi lereng dimana posisi camera gambar ini diambil ikut memperkuat karakter bangunan ini. Dua ruag di atas atap seakan akan berdiri di atas tanah asli, sungguh menarik bukan!!!

macam macam bentuk atap rumah
image courtesy by ima
Atap berikutnya memiliki model yang cukup sederhana sebenarnya, yaitu serupa dengan atap serong dari sisi bentuknya, hanya saja metode pencapaiannya yang menggabungkan kanopi di sisi kiri, dinding dan atapnya hingga menjulur kesisi kanan bawah bangunan menjadi perbedaannya. Menggunakan sudut atap yang cukup lancip semakin memperkuat karakter atap dalam mendominasi desain bangunan secara umum.

macam macam bentuk atap rumah
image courtesy by houzz
Inspirasi kita yang terakhir pada  pembahasan mengenai inspirasi atap unik di kesempatan kita kali ini adalah bangunan yang terletak di lereng dengan bentuk atap dinamis menyerupai kontur tanah bergelombang tidak beraturan. Bentuk tidak beraturan bukan berarti tidak terukur yah soob! Sangat unik namun untuk aplikasi di negara kita, butuh pekerja konstruksi yang betul betul profesional untuk mewujudkannya.

macam macam bentuk atap rumah
image courtesy by platformarquitectura
akses terus ribuan informasi arsitektur terupdate!
GABUNG KOMUNITAS BERBAGI MODEL RUMAH MINIMALIS 2019 KLIK DI SINI UNTUK BERGABUNG !!!!





Author

My photo
Ali Said, ST
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur

Daftar Isi

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days