LINGKAR WARNA: 13 desain inspiratif rumah 1 lantai terbaru + DENAH 13 desain inspiratif rumah 1 lantai terbaru + DENAH ~ LINGKAR WARNA -->

Friday, January 03, 2020

4 januari 2020

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

13 desain inspiratif rumah 1 lantai terbaru

Ada sebuah fakta menarik ketika kita membahas rumah dari sisi jumlah lantainya, apakah itu? sebelum kita menjawab pertanyaan ini ada baiknya kita mengetahui beberapa hal berikut ini. Di maklumi bahwa sebuah rumah bisa terdiri atas satu lantai, 2 lantai, tiga lantai dan di beberapa keadaan rumah sendiri terkadang bisa terdiri atas 4 lantai banggunan. Di daerah perkotaan mungkin akan sangat sulit untuk menemukan bangunan rumah baru yang di bangun dengan satu lantai saja, pertimbangan yang paling umum kita temukan adalah karena keterbatasan lahan, dan nilai investasi lahan yang di anggap rugi jika hanya membangun satu lantai bangunan saja.

Lalu fakta menarik apa yang berkaitan dengan rumah ini, khususnya kaitannya dengan jumlah lantainya? faktanya ternyata jumlah pembangunan rumah baru yang di lakukan oleh masyarakat perorangan bukan developer, dengan jumlah lantai terbilang satu lantai memiliki rasio pembangunan lebih banyak di banding rumah 2 lantai dan seterusnya, perbandingannya bisa 80:20 delapan puluh persen untuk rumah 1 lantai dan 20 persen untuk jumlah lantai sisanya, dua lantai dan seterusnya. Fakta ini kami temukan dengan melakukan survey kecil kecilan pada group kami dengan member 700 ribu orang lebih, dan hasilnya 80 persen lebih dari member group yang sedang membangun rumah atau terlibat dalam membangun rumah itu mengerjakan rumah dengan satu lantai bangunan.

Fakta inilah yang mendorong kami juga untuk menulis dan menshare berbagai referensi mengenai rumah minimalis 1 lantai ini, mungkin bagi anda yang telah mengikuti website ini sejak awal tidak akan merasa asing dengan hal tersebut. Link group kami letakkan di atas gambar pertama artikel ini, silahkan bergabung dan dapatkan lebih banyak informasi di sana!

Di kesempatan kita kali ini pembahasan kita akan bagi kedalam 11 pembahasan yang akan menampilkan 13 gambar referensi unik yang berasal dari satu rumah yang sama, di setiap pembahasan nantinya kami akan menshare link yang akan menuju pada pembahasan pembahasan yang lebih luas dengan referensi yang lebih banyak lagi dan pastinya akan selalu memberi perspektif baru bagi kekayaan imajinasi rekan pembaca sekalian! dan inilah pembahasan kita pertama.


1. Model rumah minimalis modern 1 lantai


Model rumah yang menjadi bahasan kita kali ini memiliki gaya desain minimalis, dengan olahan bentuk yang simple dan modern. Permainan elemen garis menjadi salah satu andalan olahan sang arsitek untuk mencapai kesan estetis dari bangunan ini. Elemen garis vertikal tampak di tampilkan pada teras, pagar dan dinding. Untuk bangunan rumah  1 lantai, tinggi dinding rumah bisa di katakan sudah cukup proporsional dengan elemen kaki dinding, badan dan leher dinding. Tidak ada permainan ketinggian dinding pada desain ini sang arsitek tampak ingin mendapatkan kesan minimalis dari model atap yang lebih simple dan tidak bersusun.

akses terus info terbaru dari website ini dengan
GABUNG KOMUNITAS BERBAGI  MODEL RUMAH MINIMALIS 2020 UNTUK JOIN !!!!

13 desain inspiratif rumah 1 lantai terbaru
13 desain inspiratif rumah 1 lantai terbaru



Mencari informasi arsitektur, di sini saja!!! Gunakan kolom search di kanan atas untuk menemukan informasi yang anda butuhkan, ketikkan kata kunci anda dan klik search. atau gunakan pencarian dengan kategori di kiri kanan website ini, dan atau skrol untuk melanjutkan membaca artikel. Selamat berselancar =)

2. Denah rumah minimalis 2 kamar tidur 1 lantai


Denah rumah ini dari depan bagian luar terdapat 1 buah teras utama berukuran 1,5x3 meter dan carport berukuran 3x7 meter. Masih ada dua teras lainnya yang juga menjadi area exterior pada denah ini yaitu tera samping berukuran 1.5x5 meter dan teras belakang berukuran 1,2x8 meter. Teras samping ini sangat unik, memiliki pintu pintu besar yang menghubungkan ruang luar dengan ruang makan dan dapur di dalam bangunan, pembahasan lengkap mengenai hal ini nantinya akan kami ulas pada poin berikutnya mengenai ruang makan.

Dari depan bangunan ruang pertama yang akan kita temukan adalah ruang tamu, yang juga berfungsi sebagai ruang TV dengan ukuran kurang lebih 4x5 meter. Di sisi kanan denah masing masing berderet 2 buah kamar berbentuk L yang luasnya kurang lebih 12 m2, dimana masing masing kamar ini juga telah di lengkapi dengan kamar mandi di dalamnya. Daftar lengkap mengenai denah rumah minimalis ini rekan sekalian bisa mengaksesnya melalui kategory artikel desain denah rumah minimalis!

13 desain inspiratif rumah 1 lantai terbaru
13 desain inspiratif rumah 1 lantai terbaru

3. Desain rumah modern 1 lantai


Berikut ini adalah tampilan gambar rumah yang masih dalam bentuk desain, dan rekan sekalian bisa membandingkannya dengan foto rumah minimalis ini setelah terbangunnya, tampilannya sangat sangat mirip, hal ini menunjukkan kualitas pekerja bangunan yang lebih di siplin. Kita ketahui sebelum membangun sebuah bangunan, ada proses terlebih dahulu yang wajib untuk di lalui yaitu proses perencanaan dan desain bangunan.

Pada proses ini seluruh item pembangunan direncanakan mulai dari desain, RAB atau biaya bangunan sampai dengan hal hal yang bersifat teknis. Kami sangat mendorong bagi anda yang ingin membangun rumah untuk menggunakan jasa arsitek untuk mengkonsultasikannya, selain arah pembangunan yang lebih terarah, bangunan yang di bangun dengan konsep dan desain yang jelas bisa menghemat pengeluaran anda hingga 20 persen dari anggaran bangunan, dan hal ini juga lebih mencegah perselisihan antara tukang dan pemilik rumah akibat tidak adanya standar yang jelas tentang model rumah yang akan di bangun yang tentunya ini akan sangat merugikan ke dua belah pihak.

13 desain inspiratif rumah 1 lantai terbaru
13 desain inspiratif rumah 1 lantai terbaru

4. Foto rumah minimalis kombinasi cat pink


Nah ini adalah foto rumah pada kondisi terbangunnya, tidak ada perbedaan yang mencolok antara desain dan foto terbangun ini, hanya saja pada foto ini tampak area kamar mandi lebih jauh menjorok keluar bangunan di banding pada desain, itu berarti pada proses konstruksi kemungkinan luas kamar di perbesar dengan membuat kamar mandi berada menjorok keluar bangunan, selebihnya sama persis. Hanya saja di sini yang menjadi kritikan kami adalah penggunaan jendela tanpa kanopi pada desain ini kurang memberi nilai positif bagi desain secara keseluruhan, serapi apapun pengerjaannya suatu ketika model jendela seperti ini akan mengalami rembesan air ke dalam bangunan.

Secara umum bangunan ini memiliki warna utama merah jambu dengan kombinasi warna coklat pada sebagian dinding dan warna putih pada list, profil dan kanopi. Dan komposisi ini sangat menarik menurut kami, di sini sang arsitek sedikit bermain trik untuk menghasilkan fariasi warna pada desainnya yaitu dengan menggunakan kaca pintu jendela berwarna putih benih, itu artinya variasi warna bisa di lakukan dengan mengganti warna gordennya, setiap kali warna gorden di gantikan maka variasi warna baru akan tercipta.

Saat ini anda juga bisa melihat sebuah desain rumah bertema pink yang sedang populer di group pada artikel kami yang berjudul 28 inspirasi desain rumah pink dengan kombinasi batu alam, sangat menarik tentunya untuk anda juga mengunjungi artikel tersebut.

13 desain inspiratif rumah 1 lantai terbaru
13 desain inspiratif rumah 1 lantai terbaru

5. Teras rumah modern minimalis dengan atap dak beton


Teras rumah dengan dak beton juga merupakan salah topik yang sangat menarik untuk di bahas, di website ini kami juga baru saja menuliskan artikel secara khusus membahas mengenai hal ini rekan sekalian bisa mengunjunginya melalui artikel berjudul 17 Desain Rumah Dengan Teras Dak Minimalis  sangat sayang untuk di lewatkan. Sebagaimana sebelumnya telah kita sampaikan bahwa permainan garis menjadi salah satu metode andalan sang arsitek dalam mencapi model desain rumahnya dan salah satu elemen garis ini juga di tampilkan pada teras dengan dak beton ini. Elemen garis pada teras ini berupa sunscreen vertikal yang berfungsi menghalau cahaya matahari dan pandangan langsung ke dalam bangunan jadi meskipun pintu terbuka pandangan tidak selalu bisa langsung mengarah ke dalam ruang di dalam bangunan.

Teras lebih tinggi dua anak tangga dari pada lantai carport atau setara dengan 40 cm, teras di akses dari sisi kiri bangunan yaitu dari arah area carport. Dengan ketinggian pail 40 cm ini sang arsitek juga menyediakan railing pengaman sepanjang area teras ini. Berbeda dengan teras depan, teras belakang di atapi langsung oleh tap bangunan secara umum memanjang sepanjang lebar bangunan.

13 desain inspiratif rumah 1 lantai terbaru
13 desain inspiratif rumah 1 lantai terbaru

13 desain inspiratif rumah 1 lantai terbaru
13 desain inspiratif rumah 1 lantai terbaru

13 desain inspiratif rumah 1 lantai terbaru
13 desain inspiratif rumah 1 lantai terbaru

6. Ruang tamu modern minimalis


Ruang tamu bergaya modern minimalis dengan sofa sudut besar di sudut ruangan, pada kasus referensi kita ini, kita tidak bisa berbicara banyak mengenai desain interior secara detail karena tampak bagi kita bahwa rumah ini secara umum belum mendapatkan sentuhan penataan oleh desainer interior, namun hal yang paling bisa kita bahas adalah bagaimana kualitas ruang yang berada di dalam rumah 1 lantai ini.

Kita ketahui ruang tamu ini memiliki lebih banyak jendela yang menyebabkan sumber cahaya kedalam bangunan bisa di katakan lebih dari cukup, ke untungan dari kondisi ini adalah pengendalian intensitas cahaya lebih mudah di lakukan. Di maklumi mengurangu jumlah cahaya masuk lebih mudah untuk di lakukan dari pada menambah jumlah cahaya pada bangunan.

13 desain inspiratif rumah 1 lantai terbaru
13 desain inspiratif rumah 1 lantai terbaru

13 desain inspiratif rumah 1 lantai terbaru
13 desain inspiratif rumah 1 lantai terbaru

7. Ruang untuk kamar tidur


Ruang untuk kamar tidur memiliki 2 daun jendela yang cukup besar, jika rekan sekalian jeli dalam melihat ruang ini, maka kita akan mengetahui bahwa foto ini adalah foto yang di ambil pada kamar tidur bagian belakang. Pintu kamar mandi di sudut kanan ruang menegaskan bahwa area kamar mandi di sorong ke arah luar untuk memperluas area kamar.

13 desain inspiratif rumah 1 lantai terbaru
13 desain inspiratif rumah 1 lantai terbaru

8. Ruang makan minimalis


Sebelumnya ketika kita membahas mengenai denah rumah, khususnya ketika kita menyinggung mengenai teras samping yang berbatasan langsung dengan ruang makan, maka gambar kita di bawah ini merupakan gambar yang di ambil dari ruang makan ke arah teras samping tersebut. Teras samping ini juga berhubungan langsung dengan area carport yang artinya penghuni bisa mengakses area ruang makan ini melalui carport pula. Bersamaan dengan ruang makan ini adalah sebuah dapur bersih yang berada di sisi berlawanan dengan meja makan.

13 desain inspiratif rumah 1 lantai terbaru
13 desain inspiratif rumah 1 lantai terbaru

9. Dapur minimalis dengan keramik merah jambu


Dapur di desain minimalis dengan dominasi penggunaan keramik berwarna merah jambu pada dinding dan mejanya. Terdapat  2 daun jendela kaca tepat di atas area sink dan kompor listrik, meja dapur ini juga menggunakan daun daun pintu lemari berwarna putih untuk merapikan kabinet di bawah meja dapur.  Tepat di samping kanan meja dapur ini terdapat pintu yang menghubungkan kita dengan teras di bagian belakang bangunan.

13 desain inspiratif rumah 1 lantai terbaru
13 desain inspiratif rumah 1 lantai terbaru

10. Kamar mandi modern nuansa pink


Seperti halnya bangunan secara umum area kamar mandi juga memiliki tema desain kamar mandi dengan nuansa pink. Nuansa pink di dapatkan dari penggunaan lantai keramik bercorak merah jambu, keramik dinding dan keramik list yang juga memiliki warna senada. Meskipun pada gambar kita di bawah terkesan overbrigth tapi kami menduga ini hanyalah efek kamera atau efek dari pengeditan gambar, karena pada kenyataannya penggunaan keramik merah jambu pada lantai keramik dengan kondisi pencahayaan yang terang sekalipun tidak akan menyilaukan pandangan.

13 desain inspiratif rumah 1 lantai terbaru
13 desain inspiratif rumah 1 lantai terbaru

11. Desain plafon minimalis


Terakhir dan tidak kalah penting untuk di bahas adalah mengenai model desain plafon yang di gunakan pada desain rumah ini, model desain plafon sangat simple dengan permainan up celling dan penggunaan warna putih polos pada bidang plafon nya. Aksen di dapatkan dari penggunaan beberapa jenis lampu yaitu lampu baret sebagai general ligthingnya, downligth untuk taks ligtingnya dan penggunaan continues lamp untuk area drop celling nya. Tidak tampak pula penggunaan list profil plafon di sudut sudut ruangan yang memperkuat kesan minimalis dari desain plafon ini.

13 desain inspiratif rumah 1 lantai terbaru
13 desain inspiratif rumah 1 lantai terbaru

LIHAT SEMUA KATEGORI ARTIKEL DI SINI

Model rumah minimalis 2019
jasa arsitek dan kontraktor Makassar 
Melayani seluruh indonesia 
Hubungi WA:081241644892  
untuk berbagai contoh desain lainnya: 

Author

My photo
Ali Said, ST
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur

Daftar Isi

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days