LINGKAR WARNA: 17 Desain inspiratif rumah hook 1 lantai 17 Desain inspiratif rumah hook 1 lantai ~ LINGKAR WARNA

Tuesday, January 28, 2020

29 januari 2020

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

17 Desain inspiratif rumah hook 1 lantai

Rumah sudut atau rumah hook sebagaimana namanya merupakan sebuah rumah yang letaknya berada pada sudut jalan atau bisa juga di pahami sebagai rumah yang tapaknya di apit dua buah jalan yang membentuk sudut siku atau L. Rumah rumah yang di bangun pada posisi ini biasanya memiliki karakteristik tersendiri, minimal memiliki 2 sisi bidang fasade untuk di kelola, nah referensi rumah kita kali ini kami anggap sangat cocok sebagai referensi untuk mengulas mengenai rumah hook 1 lantai.

Pembahasan ini akan menggunakan 17 buah gambar yang bersumber dari satu desain rumah yang sama dan dari 17 gambar ini kita akan bagi kedalam 11 sub bahasan. Pembagian sub sub bahasan pada setiap artikel kita di website ini bertujuan untuk mendetailkan ulasan yang harapannya dari hal tersebut kita dapat menggali lebih banyak informasi yang nantinya bisa kita gunakan dalam membangun rumah hook milik kita sendiri.

Oh iya, sebelumnya di website ini kami telah memiliki beberapa artikel mengenai rumah rumah sudut yang tentunya sangat menarik untuk di simak. Referensi referensi tersebut dapat anda akses melalui kategori desain rumah sudut minimalis yang akan membawa anda pada list artikel mengenai rumah rumah di posisi hook, artikel artikel tersebut di lengkapi dengan ulasan dan gambar gambar yang cukup lengkap dari denah sampai dengan 3d model desainnya sebagaimana umumnya referensi referensi kita di website ini. Dan untuk melihat semua kategori artikel di website ini anda bisa mengunjungi link lihat semua kategori artikel di bagian akhir tulisan ini.

1. Desain rumah sudut plus denah


Di antara hal yang paling menyebalkan saat kita membrowsing sebuah referensi rumah adalah ketika menemukan referensi rumah yang dirasakan akan cocok dengan kondisi kebutuhan kita tetapi referensi tersebut tidak di sertai dengan gambar denahnya. Di website ini hampir semua referensi rumah akan selalu di lengkapi dengan gambar denah bahkan penataan lyout interiornya sebagaimana pada artikel kita kali ini. Kenyamanan anda dalam menemukan referensi rumah yang lengkap memang menjadi salah satu tujuan di publikasikannya website ini dan ini menjadi standar penulisan artikel yang kami publikasikan, meskipun tentunya dengan berbagai kekurangannya! Untuk tetap terkoneksi dengan kami anda bisa bergabung pada group yang kami kelola pada link kita di bawah ini.

akses terus info terbaru dari website ini dengan
GABUNG KOMUNITAS BERBAGI  RUMAH MINIMALIS INDONESIA (RUMI) 2020 UNTUK JOIN !!!!

17 Desain inspiratif rumah hook 1 lantai
17 Desain inspiratif rumah hook 1 lantai



Mencari informasi arsitektur, di sini saja!!! Gunakan kolom search di kanan atas untuk menemukan informasi yang anda butuhkan, ketikkan kata kunci anda dan klik search. atau gunakan pencarian dengan kategori di kiri kanan website ini, dan atau skrol untuk melanjutkan membaca artikel. Selamat berselancar =)

2. Denah rumah hook ukuran 11x12 meter 2 kamar tidur 1 lantai


Sebagaimana biasanya pembahasan akan selalu kita mulai dengan membahas mengenai denah rumah, denah rumah merupakan penggambaran dua dimensional dari ruang ruang yang membentuk sebuah bangunan atau rumah. Sesuai judulnya denah ini terletak pada posisi hook dimana area depan dan kanan bangunan di apit oleh dua buah jalan yang membentuk siku atau sudut, luas bangunan secara keselurahan berada pada luasan 54 m2 dengan fungsi ruang standar sebagaimana umumnya rumah rumah minimalis.

Dari depan bangunan denah dimulai dengan sebuah carport berukuran 3x4.5 meter, di sisi kanan carport ini terdapat teras berukuran 1x3 meter yang akan menghubungkan kita dengan ruang didalam bangunan. Di dalam bangunan ruang pertama yang akan kita temukan adalah 2 buah fungsi ruang sekaligus, yaitu ruang keluarga yang juga berfungsi sebagai ruang tamu dan area meja makan. Ke dua area ini menggunakan luas bangunan kurang lebih seluas 16 m2. Setelah area ini kita akan menemukan ruang dapur berukuran 2.5x4 meter yang dimana pada salah satu sisi dapur ini terdapat pintu yang akan menghubungkan kita dengan teras di samping kanan bangunan. 2 buah kamar dengan ukuran 3x3 meter dan satu buah kamar mandi berukuran 1.3x1.8 meter masing masing berderet ke belakang di sisi kiri bangunan setelah area carport.

17 Desain inspiratif rumah hook 1 lantai
17 Desain inspiratif rumah hook 1 lantai

3. Denah 3d rumah minimalis


Selain gambar denah 2 dimensional referensi kita kali ini juga di lengkapi dengan gambar ilustrasi 3d dari model denah ruangan. Dari gambar ini model penataan ruang menjadi lebih jelas lagi terlihat, jadi bagi sebagian orang yang lemah dalam membaca gambar keberadaan gambar ini akan sangat menolong. Kita ketahui gambar denah sejatinya merupakan potongan rumah secara horizontal yang di asumsikan di ambil dari ketinggian 1 atau 1,2 meter dari atas permukaan lantai dan kondisi gambar kita di bawah menggambarkan hal tersebut secara akurat.

17 Desain inspiratif rumah hook 1 lantai
17 Desain inspiratif rumah hook 1 lantai

17 Desain inspiratif rumah hook 1 lantai
17 Desain inspiratif rumah hook 1 lantai

4. Gambar lyout perabot atau penataan furniture pada ruang


Dari gambar denah secara 2d ataupun 3 dimensional hal lainnya yang tidak kalah pentingnya adalah perencanaan penataan perabot, sayangnya hal ini kurang di perhatikan baik itu dari sisi perencana maupun pemilik bangunan. Padahal peran penataan perabot terhadap bentuk fasade bangunan itu cukup erat, dimana penataan perabot nantinya akan menentukan posisi pintu dan jendela serta ketinggian dan ukuran yang memungkinkan untuk di buat dan di aplikasikan. Di maklumi bahwa di antara elemen pembentuk desain fasade adalah elemen pintu dan jendela ini, selain itu perencanaan penataan furniture akan sangat membantu dalam mengefektifkan fungsi ruang pada saat rumah telah di huni nantinya.

17 Desain inspiratif rumah hook 1 lantai
17 Desain inspiratif rumah hook 1 lantai

17 Desain inspiratif rumah hook 1 lantai
17 Desain inspiratif rumah hook 1 lantai

5. Desain rumah hook 1 lantai


Dari lahanya rumah ini kurang lebih berukuran  lebar 11 meter dan panjang ke belakkang 12 meter, sebagai konsekuensi dari kondisi tapak di hook maka rumah ini di desain rapat dengan sisi kiri belakang tapak dan menyisakan taman di sisi kanan dan depannya. Kondisi olahan fasade bangunan yang lebih luas menjadi PR tersendiri bagi kita perencanan dalam mendesain fasade rumah hook, fasade dari rumah hook tidak hanya di sisi depan bangunan saja tetapi juga di area sisi kanannya yang merupakan area hook nya. Ada sangat banyak keuntungan memiliki rumah di hook, di antaranya adalah memiliki dua akses masuk dari 2 jalan berbeda, keuntungan lainnya adalah berupa ke untungan visual dimana dengan desain yang tepat, bangunan dari posisi simpang jalan akan terlihat sangat dimensional dan atraktif karena titik hilang mata pada posisi ini memiliki performa maksimal!

17 Desain inspiratif rumah hook 1 lantai
17 Desain inspiratif rumah hook 1 lantai

6. Tampak depan rumah


Tampak depan rumah pada referensi kita ini bergaya desain modern mediteranian dengan model atap pelana, secara istilah di website ini kami menyebutnya dengan nama rumah minimalis ala indonesia. Secara umum tampak depan rumah ini di desain dengan komposisi simetris hal ini bisa kita lihat dari penggunaan teras di tengah bentang bangunan yang juga di desain simetris. Kesan dinamis bangunan di dapatkan dari olahan atap yang di buat berbeda antara sisi kiri dan kanan bangunan, dimana pada sisi kanan bangunan atap di buat lebih tinggi dan bersusun.

17 Desain inspiratif rumah hook 1 lantai
17 Desain inspiratif rumah hook 1 lantai

7. Desain rumah modern mediteranian dengan kombinasi cat hitam dan abu


Pada poin sebelumnya telah kita ungkapkan bahwa desain rumah pada referensi kita kali ini bergaya desain modern mediteranian, modern maksudnya dari teknologi konstruksinya dan mediteranian maksudnya dari sisi detail dan pengelolalan bentuk fasade bangunan. Di maklumi warna warna yang biasa di gunakan pada desain desain mediteranian umumnya berwarna netral seperti putih, krem, abu muda dan seterusnya, namun pada desain kita di bawah sang arsitek justru menggunakan kombinasi warna gelap yaitu hitam dan abu abu basah, saya pribadi berpikir mungkin kesan baru dan berbeda menjadi hal yang ingin di capai oleh desainer rumah ini.

17 Desain inspiratif rumah hook 1 lantai
17 Desain inspiratif rumah hook 1 lantai

8. Desain rumah dengan teras samping


Kondisi tapak di hook menjadikan rumah ini rasanya sangat sayang kalau tidak di desain dengan teras samping, 3 buah gambar kita di bawah akan menunjukkan posisi dari teras tersebut terutama kaitannya dengan fasade atau ruang luar bangunan. Jika rekan pembaca sekalian menyimak tulisan tulisan kita ini dari paragraf ke paragraf maka akan dengan mudah memahami posisi teras ini dari dalam bangunan. Sebelumnya telah kita jelaskan bahwa posisi teras samping ini berhubungan langsung dengan area dapur di dalam bangunan. Teras samping biasanya di gunakan sebagai tempat bersantai di rumah dan biasanya berukuran lebih besar dari teras utama di bagian depan bangunan, teras samping juga biasanya memiliki privasi yang lebih tinggi dari pada teras utama di depan bangunan.

17 Desain inspiratif rumah hook 1 lantai
17 Desain inspiratif rumah hook 1 lantai

17 Desain inspiratif rumah hook 1 lantai
17 Desain inspiratif rumah hook 1 lantai

17 Desain inspiratif rumah hook 1 lantai
17 Desain inspiratif rumah hook 1 lantai

9. Desain rumah kombinasi atap pelana


Pada pembahasan sebelumnya kita telah sedikit menyingngung tentang penggunaan model atap pada referensi rumah ini, model atap yang di gunakan merupakan kombinasi dari model atap pelana dengan jatuhan air kedepan, kebelakang , ke kiri dan kekanan. Atap utama memiliki jatuhan air ke depan dan ke belakang adapun atap teras di depan bangunan menggunakan atap pelana dengan jatuhan air ke kiri dan ke kanan. Selain penggunaan atap pelana tampak juga penggunaan dak beton sebagai penutup atap pada rumah ini yang posisinya berada tepat di bagian kamar paling belakang bangunan, biasanya penggunaan dak beton ini juga di maksudkan untuk tempak meletakkan tandon atau kapsul tempat penampungan air.

17 Desain inspiratif rumah hook 1 lantai
17 Desain inspiratif rumah hook 1 lantai

17 Desain inspiratif rumah hook 1 lantai
17 Desain inspiratif rumah hook 1 lantai

17 Desain inspiratif rumah hook 1 lantai
17 Desain inspiratif rumah hook 1 lantai

10. Denah atap tampak atas


Percaya atau tidak denah atap tampak atas merupakan salah satu referensi yang paling sering di cari atau di tanyakan. Keberadaan gambar ini memang cukup penting terutama untuk memberi informasi mengenai model atap bangunan secara dua dimensional. Biasanya gambar ini juga digunakan untuk merencanakan ukuran kuda kuda atap dan posisinya, meskipun gambar contoh kita di bawah tidak di lengkapi dengan ukuran yang jelas, namun sudah cukup membantu dalam proses konstruksinya nanti.

17 Desain inspiratif rumah hook 1 lantai
17 Desain inspiratif rumah hook 1 lantai

11. Gambar tampak bangunan


Gambar tampak bangunan pada poin ke sebelas ini merujuk pada gambar tampak secara dua dimensional pada pembahasan ini. Dari gambar ini posisi atau jarak antara atap yang bersusun akan tampak lebih jelas lagi. Gambar ini biasanya bersifat informasi teknis karena untuk tampilan bangunan sendiri gambar gambar 3d lebih bisa di andalkan untuk menjelaskan kondisi visual bangunan ketika terbangun nantinya.

17 Desain inspiratif rumah hook 1 lantai
17 Desain inspiratif rumah hook 1 lantai

17 Desain inspiratif rumah hook 1 lantai
17 Desain inspiratif rumah hook 1 lantai

LIHAT SEMUA KATEGORI ARTIKEL DI SINI

Model rumah minimalis 2020
jasa arsitek dan kontraktor Makassar 
Melayani seluruh indonesia 
Hubungi WA:081241644892  
untuk berbagai contoh desain lainnya: 

Author

My photo
Ali Said, ST
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur

Daftar Isi

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days

Popular Posts All time