LINGKAR WARNA: 5 ide inspiratif rumah mungil minimalis bajet 100 jutaan 5 ide inspiratif rumah mungil minimalis bajet 100 jutaan ~ LINGKAR WARNA -->

Sunday, January 26, 2020

27 januari 2020

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

5 ide inspiratif rumah mungil minimalis bajet 100 jutaan

Ketika pertama kali membuat tulisan mengenai rumah rumah 100 jutaan, banyak dari member group berkomentar dengan nada miring, seakan tidak percaya kalau beberapa rumah yang kami share di group memang bisa jadi bernilai 100 jutaan. Komentar ini bukan tanpa alasan, desain desain tersebut memang terlihat cukup mewah dan menarik, namun yang tidak di pahami ke banyakan member adalah bahwa biaya bangunan itu tidak bergantung dari tampilan bangunan semata. Faktor utama yang mempengaruhi biaya konstruksi bangunan rumah adalah luasan lantai teratapi, dimana semakin luas bangunan tentu saja biaya menjadi lebih mahal dan begitu pula sebaliknya.

Di posisi ke dua yang juga mempengaruhi biaya bangun rumah adalah bentuk dan konstruksi atap,  dimana semakin sederhana bentuk atap tentu biaya juga akan menjadi lebih murah, misalnya saja rumah dengan atap miring menggunakan spandek, biayanya akan jauh lebih murah dari rumah dengan atap berbentuk limasan yang menggunakan penutup atap dari keramik.

Dan yang ketiga yang juga mempengaruhi biaya bangun rumah adalah bahan bahan yang bersifat finishing seperti kualitas cat, keramik lantai, penggunaan batu alam dan lainnya. Di maklumi bahwa bahan bahan yang kita sebutkan tadi seperti cat dan keramik memiliki kelas kelas kualitas, semakin baik kualitasnya harga juga menjadi semakin mahal. Tiga hal hal inilah yang paling utama mempengaruhi biaya bangunan, adapun material bangunan seperti pasir, semen, batu bata, hebel atau batu putih,  batu gunung atau batu sungai, ongkos tukang dan lainnya umumnya relatif sama untuk semua daerah.

Dengan mengetahui tiga poin kita di  atas maka rekan rekan sekarang seharusnya sudah paham, mengapa satu ukuran rumah yang sama, bisa memiliki berbagai macam biaya atau harga dan ketika bertanya mengenai biaya rumah sebaiknya tidak lagi bersifat umum misalnya berapa biaya bangun rumah 6x6 meter? tapi di lengkapi dengan informasi yang sedikit lebih detail, misalnya berapa biaya rumah type 36? material standar, atapnya spandek aja, cat nya yang kelas 1 dan lainnya!


1. Gambar rumah 1 lantai 2 kamar tidur plus denah


Referensi rumah kita kali ini merupakan rumah 1 lantai dengan luas bangunan kurang lebih 48 m2, rumah ini dari denahnya di bagi menjadi dua sisi bangunan, sisi kanan di isi dengan ruang multy dan sisi kirinya di isi dengan 2 buah kamar tidur dan 1 buah kamar mandi. Rumah ini masuk kedalam rumah rumah bertipologi kecil atau mungil dimana kehadiran ruang ruang fungsional seperti ruang tamu, ruang makan, dapur dan lainnya di gabung dalam satu ruang bersama yang di sebut sebagai ruang multi.

akses terus info terbaru dari website ini dengan
GABUNG KOMUNITAS BERBAGI  RUMAH MINIMALIS INDONESIA (RUMI) 2020 UNTUK JOIN !!!!

5 ide inspiratif rumah mungil minimalis bajet 100 jutaan
5 ide inspiratif rumah mungil minimalis bajet 100 jutaan



Mencari informasi arsitektur, di sini saja!!! Gunakan kolom search di kanan atas untuk menemukan informasi yang anda butuhkan, ketikkan kata kunci anda dan klik search. atau gunakan pencarian dengan kategori di kiri kanan website ini, dan atau skrol untuk melanjutkan membaca artikel. Selamat berselancar =)

2. Denah rumah minimalis ukuran 6.5x8.5 meter 2 kamar tidur 1 lantai


Lebih jauh lagi, ukuran efektif dari denah ini secara keseluruhannya adalah berukuran 6.5 meter lebar dan 8.5 meter panjang ke belakang dimana area kiri bangunan menjadi area teratapi paling luas pada bangunan ini. Area akses bangunan utama berada di sisi kanan bangunan dengan teras besar berukuran 1x3 meter, dari teras ini kita akan di hantarkan ke ruang multi yang terdiri dari ruang tamu, area ruang makan dan dapur. Di sisi kiri meja makan terdapat area sirkulasi berukuran 1.2x1.5 meter, area ini menjadi penghubung 3 ruang lain di dalam bangunan yaitu 2 buah kamar tidur berukuran 3.5x3.5 meter dan kamar mandi berbentuk L dengan luasan kurang lebih 3.5 meter persegi. Di bagian belakang bangunan terdapat 1 buah pintu dan teras memanjang berukuran 1x3 meter.

5 ide inspiratif rumah mungil minimalis bajet 100 jutaan
5 ide inspiratif rumah mungil minimalis bajet 100 jutaan

3. Rumah minimalis 1 lantai dengan atap miring


Referensi rumah kita kali ini merupakan rumah mungil minimalis dengan model atap miring ke belakang, permainan bentuk atap di dapatkan dari bentuk atap yang mengikuti pola denah. Penggunaan model atap miring ke belakang ini menjadikan bangunan tampak lebih tinggi dan megah dari depan bangunan, karena area yang menjadi kuda kuda atap ikut di olah sebagai bagian pembentuk fasade bangunan. Keuntungan lain dari penggunaan atap miring pada bangunan ini adalah biaya bangunan yang menjadi lebih murah dari sisi pengerjaan yang lebih mudah dan ongkos material yang tentunya juga lebih murah. Perlu di perhatikan ketika anda memutuskan menggunakan model atap seperti ini maka lisplank atap sebaiknya di eksekusi dengan rapih dan baik, karena hal ini akan memberi nilai tambah bagi bentuk bangunan secara umum.

5 ide inspiratif rumah mungil minimalis bajet 100 jutaan
5 ide inspiratif rumah mungil minimalis bajet 100 jutaan

4. Tampak depan rumah minimalis


Tampak depan rumah di hiasi dengan kesan kental rumah minimalis ala negeri negeri asia tenggara, di website ini saya menyebutnya rumah minimalis ala indonesia. Permainan bentuk kotak, memanjang dan lurus memberi kesan garis yang membentuk desain fasade dari bangunan ini, warna utama bangunan berwarna abu abu dengan warna kombinasi kuning kunyit. Untuk elemen aksen kita dapati pada dinding ruang tamu yang menggunakan kayu tersusun horizontal pada dindingnya. Untuk warna kusen sendiri menggunakan kusen aluminium dengan warna hitam mengkilap.

5 ide inspiratif rumah mungil minimalis bajet 100 jutaan
5 ide inspiratif rumah mungil minimalis bajet 100 jutaan

5. rumah mungil minimalis bajet 100 jutaan


Nah poin ke lima dari bahasan kita ini mungkin saja menjadi poin yang paling di tunggu tunggu, saya harap sebelum membaca bahasan kita di poin 5 ini rekan sekalian telah membaca penjelasan kita pada paragraf paragraf sebelumnya di atas dengan seksama!!! Rumah ini kami asumsikan memiliki biaya antara 2 juta sampai dengan 2.5 juta permeter untuk kualitas standarnya, itu artinya ketika harga satuan kita perkalikan dengan luasan bangunan yang 48 m2 makan hasilnya berada pada 96 juta sampai dengan 120 jutaan, biaya ini tidak termaksud dengan harga tanah yah!!! biaya ini sudah termaksud dengan kkeuntungan, artinya jika kita mengelolanya sendiri bisa jadi biaya menjadi lebih murah!

5 ide inspiratif rumah mungil minimalis bajet 100 jutaan
5 ide inspiratif rumah mungil minimalis bajet 100 jutaan

LIHAT SEMUA KATEGORI ARTIKEL DI SINI

Model rumah minimalis 2020
jasa arsitek dan kontraktor Makassar 
Melayani seluruh indonesia 
Hubungi WA:081241644892  
untuk berbagai contoh desain lainnya: 

Author

My photo
Ali Said, ST
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur

Daftar Isi

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days