LINGKAR WARNA: 9 Desain rumah minimalis modern 1 lantai 9 Desain rumah minimalis modern 1 lantai ~ LINGKAR WARNA -->

Wednesday, January 08, 2020

8 januari 2020

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

9 Desain rumah minimalis modern 1 lantai

Semasa berkuliah di jurusan arsitektur, kata modern akan lebih identik dengan sejarah perkembangan arsitektur, dimana pada mata kuliah ini kami di perkenalkan dengan apa yang di sebut dengan arsitektur modern. Gaya arsitektur dan rumah modern itu sangat erat kaitannya dimana rumah modern yang berupa bangunan hunian merupakan salah satu dari domain perencanaan sebuah karya arsitektur.

Arsitektur modern sendiri dapat di definisikan sebagai sebuah istilah yang ditujukan untuk sekelompok gaya arsitektur yang muncul pada paruh pertama abad ke-20 dan menjadi dominan setelah Perang Dunia II. Ini berdasarkan pada teknologi pembangunan baru, terutama penggunaan kaca, baja dan beton. Di maklumi pada perang dunia ke dua amerika menjatuhkan bom atom pada dua kota di jepang nagasaki dan hirosima yang menyebabkan dua kota ini hancur lebur. Setelah fase perang, jepang hendak membangun kota kota yang hancur akibat perang dengan cepat dan solusinya adalah dengan menerapkan pembangunan dengan konstruksi modern ini.


1. Rumah minimalis modern


Berdasarkan pengantar penjelasan kita di atas bisa di pahami bahwa rumah modern adalah rumah yang di bangun dengan pendekatan teknologi konstruksi modern! Adapun minimalis pada pembahasan ini lebih bermakna filosofis, yaitu meminimalkan seluruh elemen desain bangunan. Rumah minimalis modern sendiri bisa di definisikan sebagai sebuah bangunan hunian dengan bentuk minimalis yang di bangun dengan metode konstruksi modern. Bentukan konstruksi modern untuk kita di indonesia sendiri adalah berupa pengaplikasian konstruksi beton bertulang pada bangunan.

akses terus info terbaru dari website ini dengan
GABUNG KOMUNITAS BERBAGI  MODEL RUMAH MINIMALIS 2020 UNTUK JOIN !!!!

9 Desain rumah minimalis modern 1 lantai
9 Desain rumah minimalis modern 1 lantai



Mencari informasi arsitektur, di sini saja!!! Gunakan kolom search di kanan atas untuk menemukan informasi yang anda butuhkan, ketikkan kata kunci anda dan klik search. atau gunakan pencarian dengan kategori di kiri kanan website ini, dan atau skrol untuk melanjutkan membaca artikel. Selamat berselancar =)

Kita ketahui bentukkan konstruksi konvensional di indonesia hanya mengandalkan pasangan batu bata sebagai pemikul beban konstruksi, dimana pasangan bata selain berfungsi sebagai dinding juga menerima pembebanan dari konstruksi atap nya. Untuk mengakukan bangunan pekerja konstruksi hanya melakukan teknik kuncian bata pada sudut sudut pertemuan dinding, tidak di kenali sloff, kolom, balok dan ringbalk pada konstruksi ini, akibatnya rumah mudah retak, kusen melendut akibat ikut memikul beban bahkan bisa dengan mudah roboh ketika gempa bumi terjadi.

Pada referensi kita kali ini tampilan khas dari rumah minimalis dan metode konstruksi modern sangat terasa. Pekerjaan yang rapih sampai dengan pengaplikasian kusen aluminium mempercantik desain rumah ini yang mana hal hal ini merupakan ciri dari desain rumah minimalis modern itu sendiri, belum lagi penggunaan  model atap yang lebih sederhana yaitu serong pada satu arah ke belakang bangunan menghasilkan bentuk bangunan yang benar benar terlihat simple namun tetap menarik dan energik.

Tampak depan dari referensi ini di kelola sangat bain dengan membagi badan rumah menjadi tiga bagian secara vertikal, yaitu dinding bagian kaki, bagian badan utama dan dinding bagian kepala. Bagian kaki merupakan area pondasi yang di cat berwarna coklat terang, bagian badan utama merupakan area dinding utama dan adapun area kepala merupakan area dinding di atas plafon atau kuda kuda beton yang juga di cat berwarna coklat. Ketiga pembagian ini masing masing di pisahkan oleh sebuah list profil kotak minimalis yang berukuran kurang lebih 10 meter. Pembahasan lebih lengkap mengenai ini akan kita bahas pada poin pembahasan kita berikutnya ketika membahas mengenai desain teras modern minimalis.

2. Teras rumah minimalis modern


Pembahasan mengenai teras juga merupakan topik yang akan selalu kita review pada pembahasan pembahasan mengenai rumah minimalis di website ini, karena teras merupakan salah satu elemen penting pembentuk desain tampak depan dari sebuah rumah yang sangat sayang untuk dilewatkan. Pembahasan yang lebih lengkap dengan referensi khusus mengenai teras, rekan pembaca sekalian bisa mengaksesnya melalui kategory artikel desain teras rumah minimalis di website ini, terdapat ratusan referensi di sana yang tentu saja sangat sayang untuk di lewatkan!!!

Baik, kembali ke konteks pembahasan kita, teras rumah di bawah sebagaimana judulnya memiliki model desain modern minimalis. Atap teras berupa dak beton dengan list profil kotak pada tepinya, bentuk over stage atap rumah utama yang berada tepat di atasnya memperkuat kesan modern dari model desain teras ini. Teras berkomposisi simetri, dimana dua tiang kembar memikul atap kanopi untuk teras ini tepat di sudut sudut teras. Area ruang teras di dominasi oleh bidang kaca yang meruapakan pintu dan jendela menuju ruang tamu di dalam bangunan. Akses teras melalui 4 anak tangga atau setara ketinggian 80 cm yang di akses langsung melalu depan bangunan.

9 Desain rumah minimalis modern 1 lantai
9 Desain rumah minimalis modern 1 lantai

3. Ruang tamu minimalis modern


Ruang tamu berdesain modern minimalis dimana tidak tampak banyak profil terutama di tiga tempat pembentuk kesan ruangnya yaitu lantai, dinding dan plafon. Lantai menggunakan marmer polos berwarna krem dengan plin keramik berwarna coklat tua. Dinding sendiri tampil dengan wajah yang sangat polos dilapisi cat dinding berwarna krem terang. Sisi kanan dinding juga di aplikasikan bingkai kaca besar, ini berarti dua sisi dinding akan memberikan cukup banyak cahaya ke dalam ruang ini yaitu area pintu entrance dan dinding kanan itu sendiri.

9 Desain rumah minimalis modern 1 lantai
9 Desain rumah minimalis modern 1 lantai

4. Kamar tidur minimalis modern


Kamar tidur bergaya desain modern minimalis dengan sumber cahaya yang juga berasal dari dua sisi dinding. Jika kita jeli memperhatikan maka dapat kita pahami bahwa foto kita di bawah adalah foto salah satu kamar di rumah ini yang letaknya berada di depan bangunan, tepat di sebelah ruang tamu. Adapun foto kita ke dua di pembahasan ini merupakan salah satu kamar lainnya yang kami tidak ketahui secara pasti dimana posisinya, karena ketika melacak referensi ini kami tidak menemukan satu referensipun yang menampilkan bentuk denahnya, sedang untuk merekonstruksikan kembali kami tidak punya cukup waktu.

9 Desain rumah minimalis modern 1 lantai
9 Desain rumah minimalis modern 1 lantai

9 Desain rumah minimalis modern 1 lantai
9 Desain rumah minimalis modern 1 lantai

5. Dapur minimalis modern


Desain dapur berdesain minimalis modern dengan model kitchenset siku atau sudut, counter top dari meja dapur ini berbahan marmer berwarna hitam. Suasana dapur terasa begitu nyaman dengan dua lubang dan 4 daun jendela yang memungkinkan pengguna dapur melihat suasana pemandangan di luar rumah. Secara umum suasana dapur bernuansa putih bersih kecuali pada lantainya yang menggunakan keramik dengan motif parkit kayu. Terdapat satu pintu di sudut dapur yang akan menghubungkan kita ke teras belakang bangunan.

9 Desain rumah minimalis modern 1 lantai
9 Desain rumah minimalis modern 1 lantai

6. Kamar mandi minimalis modern


Kamar mandi berdesain modern minimalis dengan dominasi warna abu abu pada ruangnya, warna abu ini di aplikasikan pada lantai dan sebagian dindingnya saja, namun karena dominasi penglihatan mata ketika berada d ruang sempit akan cenderung melihat ke arah bawah menjadikan warna abu ini seakan menguasai seisi ruangan. Tanaman hijau dan segar di letakkan di salah satu sudut ruangan menjadikan ruang ini terlihat sangat asri, belum lagi penggunaan daun pintu bermotif natural kayu menyempurnakan kesan natural dari kamar mandi ini!

9 Desain rumah minimalis modern 1 lantai
9 Desain rumah minimalis modern 1 lantai

9 Desain rumah minimalis modern 1 lantai
9 Desain rumah minimalis modern 1 lantai

7. Plafon rumah minimalis modern


Pembahasan kita terakhir adalah mengenai model plafon pada desain rumah ini, model plafon berdesain minimalis modern dengan permainan up ceiling pada bidang utama plafon. Dimana bidang utama di tinggikan sehingga meyisakan selisih bidang di antara dua level plafon, area ini kemudian di beri continues lamp yang menerangi area sepanjang bingkai plafon. Lampu baret di aplikasikan sebagai general ligthing dan downligth sebagai task ligthingnya.

9 Desain rumah minimalis modern 1 lantai
9 Desain rumah minimalis modern 1 lantai

LIHAT SEMUA KATEGORI ARTIKEL DI SINI

Model rumah minimalis 2020
jasa arsitek dan kontraktor Makassar 
Melayani seluruh indonesia 
Hubungi WA:081241644892  
untuk berbagai contoh desain lainnya: 

Author

My photo
Ali Said, ST
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur

Daftar Isi

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days