LINGKAR WARNA: Desain rumah 1 1/2 lantai 4 kamar tidur + DENAH Desain rumah 1 1/2 lantai 4 kamar tidur + DENAH ~ LINGKAR WARNA -->

Thursday, April 02, 2020

3 april 2020

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Desain rumah 1 1/2 lantai 4 kamar tidur + DENAH

Alhamdulillah, setelah beberapa waktu tidak update, akhirnya pada hari ini kembali kita mengupdate artikel artikel kita di website ini. Kali ini kita akan membahas dan mereview sebuah referensi desain rumah dengan 4 buah kamar tidur dan dengan 2 lantai bangunan, atau tepatnya rumah dengan 2 setengah lantai. Ini bukan artikel pertama kita yang membahas dan menampilkan referensi rumah dengan 4 kamar tidur di website ini, bahkan telah ada puluhan desain rumah dengan 4 kamar tidur yang telah kita review sebelumnya, jika anda juga tertarik dengan artikel artikel tersebut anda bisa mengaksesnya dengan mudah melalui kategori artikel kita rumah dengan 4 kamar tidur.

Berbicara mengenai desain rumah memang tidak ada habisnya, puluhan ribu desain rumah bisa jadi di upload setiap harinya dari seluruh dunia, di website ini saja kita telah menulis lebih dari 1000 artikel yang berkenaan dengan desain rumah. Mulai dari yang berdesain sederhana sampai dengan desain desain rumah modern futuristik yang memiliki nilai konstruksi yang fantastik. Selain memiliki 4 buah kamar tidur referensi kita kali ini juga merupakan rumah dengan 2 lantai bangunan, dimana area lantai duanya memiliki luasan kurang dari setengah area lantai satunya, biasanya rumah seperti ini juga di sebut dengan rumah 2 1/2 lantai.

Detail pembahasan mengenai refernsi rumah ini akan kita bagi kedalam 4 buah sub bahasan, ini di maksudkan agar cakupan pembahasan bisa menjadi lebih luas dan informasi yang bisa kita ambil dari rumah ini juga menjadi lebih banyak. Referensi desain kita kali ini juga di lengkapi dengan denah rumah nya, yang menjadi ciri khas dari setiap referensi rumah kita di website ini, selain denah rumah tentu juga terdapat desain tampak depan bangunan serta model 3d desain rumah dari beberapa sudut pandang atau view.

Baik kita tidak akan panjang lebar untuk muqadimah artikel ini dan berikut adalah pembahasannya!

1. Rumah minimalis dengan garasi di tengah fasade


Di poin kita yang pertama ini kita akan membahas desain rumah ini, kaitannya dengan fasade tampak depan dan posisi garasi yang letaknya di tengah bentang fasade bangunan dimana secara spesifik akhirnya juga mempengaruhi bentuk desain tampak depan dari rumah ini. Posisi garasi mobil di tengah bangunan seperti ini bisa di katakan tidak lazim kita temukan pada desain desain rumah di indonesia, biasanya kalaupun ada maka desainnya bersifat insidensial atau di pengaruhi kondisi tapak yang menjadikan rumah tersebut akhirnya meletakkan garasi mobilnya di tengah.

Meskipun demikian kita akan mencoba menggali perspektif sang arsitek rumah ini sehingga membuat desain dengan tipologi seperti ini. Yang pertama sebagai sesama pelaku desain dan arsitektur satu hal yang paling mendorong seorang arsitek dalam merencanakan sebuah desain bangunan adalah adanya keinginan untuk menghasilkan sebuah model desain yang berbeda dengan yang sudah ada atau sudah pakem di dunia arsitektur. Ke inginan ini adalah hal yang wajar dalam dunia perencanaan dengan harapan desain tersebut bisa memberi sumbangsih positif bagi keragaman dunia desain, selain tentu saja sebagai karakter tersendiri pada sebuah desain.

Yang ke dua jika kita menengok pada desain denah dari rumah ini maka kita akan dapati bahwa desain denah rumah ini memiliki tipologi desain yang stabil dan formal, artinya denahnya benar benar fungsional dan tidak di paksakan mengikuti ruang luarnya sebagaimana kita dapati pada banyak referensi desain rumah saat ini yang hanya menjual tampak depannya namun ketika kita melihat lebih jauh pada desain lyout rumahnya maka kita akan dapati berbagai hal yang tidak fungsional dan sia sia.

Yang ketiga, bisa kita simpulkan bahwa desain ini menempatkan garasi mobilnya di tengah bukan sekedar gaya belaka tetapi bisa jadi merupakan hasil olahan fungsi ruang dalam atau interior yang di anggap paling maksimal oleh arsiteknya, yang kemudian juga di terjemahkan ke dalam fungsi ruang luarnya.

akses terus info terbaru dari website ini dengan
GABUNG KOMUNITAS BERBAGI  RUMAH MINIMALIS INDONESIA (RUMI) 2020 UNTUK JOIN !!!!

Desain rumah 1 1/2 lantai 4 kamar tidur
Desain rumah 1 1/2 lantai 4 kamar tidur



Mencari informasi arsitektur, di sini saja!!! Gunakan kolom search di kanan atas untuk menemukan informasi yang anda butuhkan, ketikkan kata kunci anda dan klik search. atau gunakan pencarian dengan kategori di kiri kanan website ini, dan atau skrol untuk melanjutkan membaca artikel. Selamat berselancar =)

2. Denah rumah minimalis dengan 4 buah kamar 2 setengah lantai bangunan


Di poin ke dua ini kita akan membahas mengenai desain ruang ruang pada denah rumah ini yang pembahasannya kita akan bagi perlantai dengan ulasan ringkas yang akan merinci ruang ruang apa saja yang terdapat pada rumah ini, ukuran dan posisinya serta prediksi dari luasan bangunan rumah ini sendiri. Mengetahui luasan sebuah rumah sangatlah penting terutama ketika kita hendak mengetahui berapa jumlah dana dan biaya yang di butuhkan untuk membangun sebuah rumah dengan desain tertentu.

Denah lantai 1

Pada lantai satu ini terdapat 9 buah ruang dalam dan 4 buah ruang luar, 9 buah ruang dalam ini terdiri dari 6 jenis ruang dengan perincian sebagai berikut 1 buah ruang tamu, 1 buah ruang makan, 1 buah dapur, 1 buah area tangga, 2 buah kamar mandi dan 3 buah kamar tidur. Untuk ruang luarnya sendiri terdiri dari 2 buah area teras, 1 buah area taman dan 1 buah garasi mobil.

Garasi mobil terletak di bagian tengah halaman depan rumah dengan ukuran 4x5 meter, kemudian di ikuti oleh sebuah teras entrance utama di sisi kanannya dengan ukuran 2x5.3 meter. Dari teras ini kita akan di hubungkan dengan sebuah ruang tamu dengan ukuran 4x5,3 meter kemudian di ikuti ruang makan di sisi kirinya dengan ukuran 4x4 meter. Ruang makan ini menghubungkan beberapa ruang lainnya di lantai satu di antaranya 3 buah kama tidur dengan ukuran masing masing 3.3x3.5 meter, 3x4 meter dan kamar utama berukuran 4.2x5.3 meter. Kamar utama juga telah di lengkapi dengan sebuah kamar mandi berukuran 1.5x2.5 meter. 2 ruang lainnya yang juga berada di lantai satu adalah dapur dengan ukuran 3.3x3.5 meter dan kamar mandi bersama berukuran 1.5x2 meter. Teras belakang terletak tepat di belakang dapur yang juga berfungsi sebagai laundry room atau dapur kotor.

Desain rumah 1 1/2 lantai 4 kamar tidur
Desain rumah 1 1/2 lantai 4 kamar tidur

Denah lantai 2

Di lantai 2 ruang menjadi jauh lebih sedikit, hanya terdapat 1 buh kamar tidur di lantai 2 dengan ukuran 3x4 meter, 1 area multifungsi, 1 buah kamar mandi dengan ukuran 1.5x2.5 meter dan sebuah balkon besar yang juga merupakan atap dak beton dari lantai satu bangunan.

Desain rumah 1 1/2 lantai 4 kamar tidur
Desain rumah 1 1/2 lantai 4 kamar tidur

3. Tampak depan rumah minimalis dengan balkon besar


Selain posisi garasi mobil atau carport yang letaknga di tengah bentang fasade, penggunaan balkon besar pada desain ini juga sangat mempengaruhi bentuk tampak depan desain bangunan secara keseluruhan. Keberadaan balkon besar menjadikan komposisi bangunan terlihat seperti 2 buah anak tangga besar yang kemudian di kelola dan di transformasikan menjadi sebuah bentuk desain bangunan yang utuh. Di mulai dari bagian dindingnya, area padat rongga nya sampai dengan pengkomposisian pewarnaan dan detail detail yang di anggap fungsional dan dapat mempercantik desain bangunan. Misalnya saja penggunaan bingkai sirip pada setiap jendela bangunannya atau pengelolaan railing balkon lantai dua yang kesemuanya menjadi faktor pembentuk desin tampak depan dari rumah ini.

Desain rumah 1 1/2 lantai 4 kamar tidur
Desain rumah 1 1/2 lantai 4 kamar tidur

4. Model dinding depan rumah


Model dinding depan rumah dikelolala dengan metode transformasi dengan menggunakan penebalan atau ekstrude, pemotongan atau slice, penggabungan atau compound dan array atau susunan. Metode ini adalah metode paling basic dan merupakan metode paling mudah di lakukan ketika kita mendesain sebuah bangunan. Haslinya pada bingkai jendela kita dapati penebalan yang cukup signifikan sehingga membentuk sebuah sirip yang juga berfungsi melindungi bangunan dari cahaya matahari langsung yang memasuki bangunan, kemudian juga terdapat list profil di beberapa sudut bangunan dan lainnya kesemuanya ini merupakan hasil olahan bentuk dinding dengan transformasi bentuk.

Desain rumah 1 1/2 lantai 4 kamar tidur
Desain rumah 1 1/2 lantai 4 kamar tidur

LIHAT SEMUA KATEGORI ARTIKEL DI SINI

Model rumah minimalis 2020
jasa arsitek dan kontraktor Makassar 
Melayani seluruh indonesia 
Hubungi WA:081241644892  
untuk berbagai contoh desain lainnya: 

Author

My photo
Ali Said, ST
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur

Daftar Isi

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days

Popular Posts All time