3 Metode konstruksi masa depan, sebaiknya andapun mengetahuinya!!! ~ 1000+ Inspirasi Desain Arsitektur Teknologi Konstruksi dan Kreasi Seni

Friday, 13 November 2015



Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Kenali 3 metode ini modular-panel built dan manufactured

Ketika berbicara mengenai perbedaan jenis jenis rumah, mungkin ada beberapa kebingungan berkenaan dengan istilah yang telah di gunakan untuk mendiskusikan  bangunan jenis apa yang akan di bangun. Prefab, modular, panel built, dan manufactured seringkali saling bergantian dalam penggunaannya, tetapi makna dari masing masing istilah tersebut sebenarnya berbeda beda.

image courtesy by popsugar


Sedikit mengenai prefabrikasi, "prefab" adalah sebuah istilah yang luas yang mana mencakup beberapa tipe yang berbeda dari bangunan. Secara teknis, setiap rumah yang akan di bangun telah memiliki bagian bagian struktur yang di kerjakan di pabrik dan kemudian di rangkai pada tapaknya, yang demikian ini dapat di katakan sebagai "prefab". Baik modular ataupun panel built, keduanya masuk dalam kelompok prefab ini, Perbedaannya hanya seperti perbedaan antara tipe tipe mobil, semuanya memiliki kemiripan satu sama lain tetapi tetap saja berbeda.







Seperti yang anda lihat pada video di atas, panel building diselesaikan dengan mempersiapkan lantai pada tapak terlebih dahulu dan kemudian menyusun setiap bagian bagian dinding pada tempatnya satu persatu. Tipe konstruksi ini dapat sangat berguna dalam membangun rumah yang tidak membutuhkan kerapian berlebih seperti pada metode modular, metode konstruksi ini juga lebih terdengar bersifat struktural saja sebagai salah satu jenis dari bangunan prefabrikasi. Bangunan prefabrikasi komersial sering kali di selesaikan dengan cara ini karena memungkinkan dalam membuat ruang terbuka yang lebar dan plafon yang lebih tinggi. Metode ini juga jauh lebih murah dalam pengangkutan panel panelnya di banding sistem modular yang jauh lebih mahal.

Modular building



Pada video di atas menunjukkan sebuah module di tempatkan dengan menggunakan sebuah crane. Dengan metode modular, rumah telah di bentuk dalam kotak kotak terpisah berupa modul modul yang mana kemudian di satukan secara bersama untuk membentuk sebuah rumah yang utuh. Saat modulnya di angkut menggunakan truk truk raksasa, anda dapat mengetahui bahwa truk truk tersebut lebarnya hanya sekitar 16 kaki, hal ini berarti bahwa modul dari setiap ruangan lebarnya mestilah kurang dari 16 kaki, namun dengan teknologi baru kondisi ini telah dapat di pecahkan dan rumah menjadi lebih memungkinkan untuk di sesuaikan.

Bangunan modular sering kali tidak dapat membangun struktur struktur tambahan seperti garasi dan teras di pabrik, tetapi dengan memadukan metode panel building dan tenologi terbaru modular building, pabrik pabrik rumah modular kini dapat membangun rumah anda sampai dengan kondisi 90% komplet terselesaikan. Perlu di ketahui bahwa di indonesia panel building sudah mulai di perkenalkan, adapun modular building sepengetahuan kami baru sebatas wacana dan kompetisi kompetisi saja.

Manufactured Housing



Tidak seperti panel building ataupun modular building,  tidak ada konstruksi yang di kerjakan pada site dalam metode ini, semuanya telah terselesaikan di pabrik. Rumah "manufactured" di bangun di atas sebuah bingkai besi, dan di giring dengan rodanya sendiri (bukan truk), kemudian di letakkan pada sebuah tempat dengan tiang tiang penyangga, atau dengan sebuah bingkai beton. Di beberapa kasus, roda yang di gunakan untuk menggiring rumah ke tapak tidak di lepaskan, hanya di tutupi dengan  skirting (dinding yang tampak seperti pondasi pada kaki bangunan).




Labels

Lingkar Media. Powered by Blogger.

rumah minimalis

Popular Posts 7 days

Popular Posts all time