LINGKAR WARNA: Desain rumah bergaya modern skandinavia Desain rumah bergaya modern skandinavia ~ LINGKAR WARNA

Saturday, February 27, 2016

27 februari 2016

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Rumah sebagai tempat hunian baik individu maupun keluarga adalah sebuah produk panjang peradaban. Di mulai dari tempat hunian kuno seperti gua gua, kemudian terus berkembang seperti sekarang ini. Rumah secara fundamental tidak pernah benar benar berkembang berdasarkan prinsipnya sebagai tempat bernaung, yang berkembang adalah pewadahan kebutuhan individu dalam satu wadah naungan yang di komparasikan dengan kebutuhan kelompok atau keluarga di dalam satu rumah.

Desain rumah bergaya modern skandinavia

rumah modern minimalis, image courtesy by pelfind




Desain rumah bergaya modern skandinavia

rumah kayu modern, image courtesy by archdaily
Modern sendiri dari sudut pandang arsitektur lebih merujuk kepada teknologi konstruksi dan bahan bangunannya, tidak seperti gaya desain lainnya ( klasik,gotik dan lainnya ), arsitektur modern memiliki periode waktu yang belum berakhir menurut pemahaman kami, dimana di masa kini kita berada di dalamnya dengan berbagai model dan tipikal gaya arsitektur, tetapi semua itu hanyalah refeleksi modernitas dalam berarsitektur yang lebih beragam.

Desain rumah bergaya modern skandinavia

simpel modern scandinavian house, image courtesy by smallhousebliss
Desain kandinavia dapat di definisikan sebagai sebuah cara atau metode untuk menghadirkan sebuah desain dengan ciri dan karakter yang lebih simpel, minimalis dan fungsional, muncul di tahun 1950an di lima negara nordic yaitu Denmark, Norway, Sweden, Iceland dan Finland. Meskipun skandinavia sendiri lebih identik dengan tiga negara yaitu Denmark, Norway dan Sweden, tetapi dalam perkembangannya skandinavia sendiri dapat dipahami sebagai 5 negara nordic sebagaimana telah di sebutkan sebelumnya.

Desain rumah bergaya modern skandinavia

scandinavian house, image courtesy by leibal
Desain rumah bergaya modern skandinavia dapat di simpulkan sebagai rumah kekinian berkarakter scandinavia dimana unsur simpel dan kokoh sangat di tonjolkan. Dinding kayu yang menjadi cirinya masih di pertahankan walaupun terkadang harus tergantikan dengan dinding beton yang lebih halus dan minimalis. Yang juga menjadi perbedaan mencolok dengan gaya tradisional scandinavian adalah penggunaan kantilever atau over stage atap yang tidak terlihat bahkan cenderung tidak ada.

Desain rumah bergaya modern skandinavia

rumah mungil dua lantai, image courtesy by production
Terkadang pada gaya modern ini atap segi tiga di gantikan dengan atap yang lebih flat. Penggunaan kaca kaca tanpa frame juga menjadi ciri khas gaya modern ini. Menjembatani antara gaya kontemporer dan tradisional, gaya modern meskipun cukup atraktif namun kesan formal lebih menonjol di banding gaya kontemporer yang cenderung dinamis, sekaligus tidak cukup kaku seperti gaya tradisional.


Desain rumah bergaya modern skandinavia

rumah modern bergaya scandinavian, image courtesy by architizer




Author

My photo
Ali Said, ST
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur

Daftar Isi

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days

Popular Posts All time