LINGKAR WARNA: Ketahui beberapa hal berikut ini sebelum merencanakan sebuah perumahan Ketahui beberapa hal berikut ini sebelum merencanakan sebuah perumahan ~ LINGKAR WARNA

Monday, March 14, 2016



14 maret 2016

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Sebelumnya perlu anda ketahui bahwa ada dua sudut pandang dalam perencanaan sebuah perumahan, yang pertama adalah sudut pandang pengembang atau developer, yang kedua adalah sudut pandang perencananya sendiri. Pada pembahasan kita kali ini kita akan membahas keduanya secara bersamaan karena sifat keduanya yang tidak bisa di pisahkan satu sama lainnya.

image courtesy by lingkarwarna







Dalam ilmu ilmu arsitektur kita telah banyak mempelajari mengenai bagaimana menganalisis sebuah lokasi yang menjadi tapak sebuah desain arsitektur. Berbicara banyak mengenai orientasi matahari, sirkulasi tapak dan yang lainnya namun kali ini kita akan membahas lebih banyak dari sisi pengembangnya. Beberapa hal yang sebaiknya anda ketahui sebelum merencanakan sebuah perumahan adalah sebagai berikut.

Sebagai perencana anda sebaiknya mengetahui harga lahan! dengan mengetahui harga lahan anda dapat merencanakan produk seperti apa yang cocok untuk di desain di atas lahan tersebut. Tentu idealnya sebagai seorang arsitek kita menginginkan desain yang cantik, tapi cantik belum tentu baik bukan?? kira kira seperti itulah pemisalannya.

Bagaimana jadinya jika desain arsitektur di desain khusus untuk orang "tuli". Inspiraif!!!
Yu sing "Jakarta hanya untuk orang kaya"
Hutan apung "bobbing forest"
Kreasi desain interior ciri khas indonesia

Suncheon International Architecture Competition 2016


Survey kualitas desain perumahan sekitar lokasi perumahan yang akan kita rencanakan. Mengetahui kualitas desain perumahan lain di sekitar lokasi kita, memberikan titik star dalam memulai perencanaan, biasanya bangunan yang sudah ada menjadi standar terendah dari kualitas desain yang akan kita rencanakan. Desain yang mempertimbangkan hal ini akan sangat menguntungkan sang developer.

Ketahui realcost yang di anggarkan untuk setiap unit rumah dalam perumahan, hal ini akan membantu anda untuk membatasi sampai sejauh mana desain anda seharusnya di eksplorasi. Terkadang para arsitek perencana begitu bersemangat dalam membuat produk desain yang pada akhirnya harus di rubah karena bajet yang tidak pas.

Ingat! sebelum memulai merencanakan unit bangunan, pastikan site plan perumahan telah fix, fixnya desain site plan perumahan identik dengan jumlah unit yang di butuhkan untuk mencapai target keuntungan developer atau pengembangnya. Biasanya jumlah type rumah yang akan di gunakan lahir dari perencanaan site plan ini.

Nah setelah mengetahui hal-hal di atas, proses perencanaan perumahan akan berjalan sangat efektif, dimana proses maju mundur dalam perencanaan tidak terjadi, selain itu juga sebagai perencana anda bisa menekan biaya perencanaan dengan metode ini namun kualitas tetap dapat di pertahankan. Demikian dulu sharing kita kali ini, semoga bermanfaat!!!


Berbagai inspirasi desain dari pallet bekas
Membangun portofolio desain arsitektur
Desain inspiratif dari bronjong batu 
Prinsip prinsip desain warna
Desain furniture inspiratif dari kardus bekas 
Desain masjid mungil minimalis
SIPTB
Perumahan modern minimalis di kota makassar
Perumahan modern minimalis di gowa sulawesi selatan






https://www.facebook.com/sharer/sharer.php?u=http%3A%2F%2Fwww.lingkarwarna.com%2F2015%2F10%2Fdesign-and-build-sebuah-alternatif-praktek-profesi-arsitektur.html%3Fspref%3Dfb&t=lingkar+warna+indonesia%3A+Rancang+dan+bangun+sebuah+alternatif+praktek+profe...
https://twitter.com/intent/tweet?text=lingkar%20warna%20indonesia%3A%20Rancang%20dan%20bangun%20sebuah%20alternatif%20praktek%20profe...&url=http%3A%2F%2Fwww.lingkarwarna.com%2F2015%2F10%2Fdesign-and-build-sebuah-alternatif-praktek-profesi-arsitektur.html%3Fspref%3Dtw&original_referer=http%3A%2F%2Fwww.lingkarwarna.com%2F2015%2F10%2Fdesign-and-build-sebuah-alternatif-praktek-profesi-arsitektur.html



Custom Search


Author

My photo
Ali Said, ST
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur

Daftar Isi

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days

Popular Posts All time