LINGKAR WARNA: Seharusnya Kampung Nelayan Ditata Seperti Ini, Bukan Digusur..!! oleh Yuli Kusworo Seharusnya Kampung Nelayan Ditata Seperti Ini, Bukan Digusur..!! oleh Yuli Kusworo ~ LINGKAR WARNA -->

Friday, April 15, 2016



16 april 2016

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Seharusnya Kampung Nelayan Ditata Seperti Ini, Bukan Digusur..!! oleh Yuli Kusworo

Kebetulan saya pernah tinggal milik keluarga Shiew Ping di rumah ini selama 5 malam. Rumahnya kayu, di atas laut, sederhana namun memberikan kesan luar biasa kepada orang yang ikut menempatinya. 

Ini merupakan kampung nelayan dan kumuh pada awalnya. Ketika Pula Penang akan menata, khususnya kawasan kota tua George Town akan ditetapkan menjadi World Heritage Site oleh UNESCO, pemerintah Malaysia juga berniat menggusur kampung nelayan yang kumuh, kotor dan terlihat jorok ini. Mereka juga akan dipindahkan ke rumah susun yang lokasinya jauh di luar Kota Tua George Town.  

image courtesy by facebook My Chew Jetty Homestay




image courtesy by facebook My Chew Jetty Homestay
Namun warga menolak. Sangat tidak setuju dengan skenario tersebut. Lalu warga di kampung Chew Jetty ini mengorganisasikan diri dan menyatakan ingin menata kampung. Mereka membuat even budaya setiap minggu. Menunjukkan ke publik bahwa mereka bisa berubah, berbenah dan menjadi bagian dari Revitalisasi Kota Tua Georgetown. Lalu warga menegosiasikan rancangannya didampingi para arsitek dan LSM lokal yang peduli. Rumah-rumah ditata bersama, bahkan mereka mendatangkan tukang-tukang kayu dari Palembang, untuk dijadikan homestay. 

image courtesy by facebook My Chew Jetty Homestay
Sejarah kampung ditonjolkan, bahwa Kota Tua Goerge Town ada karena kampung nelayan ini. Akhirnya peta rencana tata ruang kawasan heritage George Town diubah. Kampung Jetty (Chew Jetty, dan beberapa kampung sebelah) dimasukkan dalam rencana penataan kota tua. 

Desain lampu duduk dari pallet bekas
WARGA BERDAYA oleh Sandyawan Sumardi
Desain rumah dari kayu pallet bekas
Aneka kerajinan tangan dari barang bekas rumah tangga, Inspiratif!!!
13 Produk karya kerajinan tangan dari DVD bekas
 
image courtesy by facebook My Chew Jetty Homestay
Dan ketika kita bicara Penang, George Town, maka kita juga harus melihat kampung tua ini..dan di sinilah enokomi masyarakat kecil tumbuh. Mereka mendapat manfaat ekonomi di atas tanahnya sendiri. Bersinergi dengan pemerintah untuk menarik wisatawan datang ke Pulau Penang.

image courtesy by facebook My Chew Jetty Homestay
Ini hanya sedikit cerita yang saya dapat dari Mbak Siew Ping yang setiap hari menemani kami ngobrol di ruang makannya. Sungguh indah..!!





Berbagai inspirasi desain dari pallet bekas
Membangun portofolio desain arsitektur
Desain inspiratif dari bronjong batu 
Prinsip prinsip desain warna
Desain furniture inspiratif dari kardus bekas 
Desain masjid mungil minimalis
SIPTB
Perumahan modern minimalis di kota makassar
Kumpulan sayembara arsitektur 2016

Author

My photo
Ali Said, ST
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur

Daftar Isi

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days