LINGKAR WARNA: Dasar dasar compositing - Kedalaman gambar dan keserasian pixel Dasar dasar compositing - Kedalaman gambar dan keserasian pixel ~ LINGKAR WARNA

Monday, May 30, 2016

31 mei 2016

Bismillahirrahmanirrahim

- بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Pada pembahasan ini kita akan membahas mengenai kedalam gambar dan keserasian pixel gambar, dua hal ini juga merupakan hal hal pokok pada dasar dasar pengkomposisian gambar visualisasi arsitektur yang tujuannya adalah untuk membuat gambar anda tampil menjadi lebih menarik. Detail detail seperti ini jarang sekali di perhatikan oleh rekan rekan, terutama yang baru saja mulai untuk belajar teknik ini, main-set kerja mudah hasil maksimal adalah yang menjadi salah satu penyebabnya.

Dasar dasar compositing Kedalaman gambar  dan keserasian pixel
gambar 1. image courtesy youtube photoshop training channel





Lalu apa yang di maksud dengan kedalaman gambar??? Salah satu fakta dari setiap gambar arsitektur adalah  bahwa ada objek yang di letakkan di depan dengan asumsi lebih dekat dengan camera dan ada objek yang di letakkan di belakang dengan asumsi lebih jauh dari camera. Objek semakin dekat dengan camera maka objek itu akan semakin tajam, jelas terlihat pada detail detailnya dan seterusnya. Dan sebaliknya objek semakin jauh tampak semakin tidak jelas, semakin kecil dan seterusnya. Memahami hal ini menyebakan kita mengetahui arah pengkomposisian ketika menambahkan objek baru kedalam gambar arsitektur.

Dasar dasar compositing Kedalaman gambar  dan keserasian pixel
gambar 2. image courtesy youtube photoshop training channel
Contoh kasus pada gambar 2. objek baru yang di tambahkan dengan asumsi terletak jauh dari camera, apabila memili tingkat kejelasan gambar yang sama dengan objek yang lebih dekat dengan camera maka akan menghasilkan gambar composit yang aneh atau tidak sesuai, Efek kedalaman gambarpun akhirnya tidak terbentuk pada gambar visualisasi kita, sehingga gambar terlihat flat dan tidak realistis.

Dasar dasar compositing Kedalaman gambar  dan keserasian pixel
gambar 3. image courtesy youtube photoshop training channel
Hal lain juga yang harus di perhatikan dalam membuat gambar composit adalah keserasian pixel antara objek objek yang berada pada posisi yang di asumsikan sama pada sebuah gambar komposit, dua objek pada posisi yang sama namun memiliki tingkat kejelasan yang berbeda akan menimbulkan efek gambar yang aneh dan tidak realistis. Secara detail anda bisa menyaksikan perbedaan antara keduanya pada dua gambar di bawah ini.

Dasar dasar compositing Kedalaman gambar  dan keserasian pixel
gambar 4. image courtesy youtube photoshop training channel
Pemahaman sebaliknya dari pembahasan kita sebelumnya dua benda pada posisi yang sama terhadap camera yang di aplikasikan dengan pixel yang sama maka akan menghasilkan keserasian yang terlihat natural, dan menghasilkan gambar composit yang jauh lebih realistis.

Dasar dasar compositing Kedalaman gambar  dan keserasian pixel
gambar 5. image courtesy youtube photoshop training channel

akses terus ribuan informasi arsitektur terupdate!
GABUNG KOMUNITAS BERBAGI MODEL RUMAH MINIMALIS 2019 KLIK DI SINI UNTUK BERGABUNG !!!!





Author

My photo
Ali Said, ST
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur

Daftar Isi

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days

Popular Posts All time