LINGKAR WARNA: Inspirasi desain rumah minimalis 1 setengah lantai + DENAH Inspirasi desain rumah minimalis 1 setengah lantai + DENAH ~ LINGKAR WARNA -->

Wednesday, March 04, 2020

3 maret 2020

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Inspirasi desain rumah minimalis 1 1/2 lantai + DENAH

Referensi desain rumah kita kali ini adalah sebuah desain rumah dengan 1 setengah lantai bangunan, rumah 1 1/2 lantai maksudnya adalah rumah dengan 2 lantai bangunan hanya saja luasan fungsional lantai duanya tidak full menutupi lantai satu tetapi sebahagiannya saja. Misalnya jika luasan lantai satu adalah 60 m2 maka luasan fungsional lantai 2 nya ada di kisaran 20 sampai 30 m2 saja, biasanya berupa sebuah kamar atau ruang multyfungsi sebagaimana contoh kita kali ini.

Dengan berbagai alasan rumah 1 setengah lantai ternyata juga menjadi salah satu referensi yang di cari bagi sebagian orang yang hendak membangun rumah, bisa jadi karena biaya yang lebih murah atau karenan adanya keinginan membuat skema konstruksi rumah tumbuh.


1. Desain rumah minimalis dengan balkon besar


Biasanya rumah rumah 1 1/2 lantai menggunakan bentuk atap limasan atau pelana untuk menutupi sisa area lantai satu yang tidak di tingkat 2, namun yang unik dari referensi kita kali ini adalah area lantai 1 yang tidak di tingkat justru di atapi dengan plat beton yang di fungsikan sebagai balkon besar di lantai dua. Menjadi semakin menarik karena area balkon lantai dua ini sewaktu waktu bisa di kembangkan menjadi lantai 2 bangunan rumah yang utuh, atau memiliki konsep rumah tumbuh, keuntungan lainnya selama bangunan tidak di buat menjadi lantai dua full, bangunan ini tetap terlihat cantik karena desainnya telah di persiapkan sedari awal.

akses terus info terbaru dari website ini dengan
GABUNG KOMUNITAS BERBAGI  RUMAH MINIMALIS INDONESIA (RUMI) 2020 UNTUK JOIN !!!!

Inspirasi desain rumah minimalis 1 setengah lantai
Inspirasi desain rumah minimalis 1 setengah lantai



Mencari informasi arsitektur, di sini saja!!! Gunakan kolom search di kanan atas untuk menemukan informasi yang anda butuhkan, ketikkan kata kunci anda dan klik search. atau gunakan pencarian dengan kategori di kiri kanan website ini, dan atau skrol untuk melanjutkan membaca artikel. Selamat berselancar =)

2. Tampak depan rumah minimalis dengan teras di samping


Posisi teras dari referensi rumah minimalis kita kali ini terletak di samping kiri bangunan, posisi ini nantinya akan lebih jelas terlihat ketika kita membahas mengenai denah dari rumah ini. Dari tampak depannya bangunan ini sacara umum hanya di bagi menjadi dua bagian, yaitu bagian rumah sisi kiri  dimana area teras terletak dan bagian bangunan sisi kanan yang memiliki fungsi kamar tidur. Dari tampak depannya rumah ini juga terlihat melebar sebagaimana fasade tipikal dari rumah rumah dengan atap cor beton, yang pada kasus rumah ini di manfaatkan sebagai balkon besar di lantai dua. Tampak jelas tepat di atas area kamar tidur terdapat railing balkon besar di lantai dua yang juga membentuk karakter fasade atau tampak depan desain ini.

Inspirasi desain rumah minimalis 1 setengah lantai
Inspirasi desain rumah minimalis 1 setengah lantai

3. Desain rumah minimalis terbaru


Model desain rumah seperti ini tidak bisa dikatakan sebagai model desain rumah terbaru, model model rumah seperti ini pernah sangat populer di indonesia terutama di area perkotaan khususnya dimasa awal awal kemerdekaan, dan masih sangat banyak kami temukan di kota kami bermukim yaitu kota makassar, rumah rumah atau tepatnya ruko ruko di beberapa tempat di kota lama memiliki tipikal desain dengan balkon besar di lantai dua atau lantai tiganya yang digunakan sebagai lantai multifungsi. Namun demikian tampaknya bisa jadi model model rumah dengan eksekusi desain seperti ini bisa kembali menjadi populer apalagi dengan teknologi konstruksi yang terus berkembang penyelesaian plat beton yang tidak mudah rembes menjadi sangat mungkin untuk di aplikasikan.

Inspirasi desain rumah minimalis 1 setengah lantai
Inspirasi desain rumah minimalis 1 setengah lantai

4. Denah rumah minimalis


Membahas sebuah desain rumah sepertinya menjadi tidak lengkap apabila kita tidak membahas atau menampilkan model denah dari desain rumah yang di maksud. Dan di website ini kami selalu berusaha menampilkan setiap desain rumah bersamaan dengan model denahnya sebagaimana pada referensi desain kita kali ini.

Denah lantai 1

Denah lantai satu merupakan denah dengan luas lantai total kurang lebih 50 m2 dimana luasan ini di isi oleh ruang ruang standar yang umumnya ada pada sebuah rumah. Dari depan setelah teras utama terdapat ruang tamu berukurang 3x3 meter yang di ikuti dengan ruang makan dan dapur. Di sisi kanan bangunan paling depan denah di isi dengan sebuah kamar tidur utama berukuran 3x4 meter, kemudian di ikuri dengan area kamar mandi, walkincloset, kamar tidur anak dan kamar mandi 2. Tangga untuk menuju lantai 2 berada di sisi paling kiri bagian belakang bangunan.

Inspirasi denah rumah minimalis 1 setengah lantai
Inspirasi denah rumah minimalis 1 setengah lantai

Denah lantai 2

Di lantai dua hanya terdapat satu buah lantai multyfungsi dan sebuah balkon besar yang menutupi seluruh area lantai 1.

Inspirasi denah rumah minimalis 1 setengah lantai
Inspirasi denah rumah minimalis 1 setengah lantai

LIHAT SEMUA KATEGORI ARTIKEL DI SINI

Model rumah minimalis 2020
jasa arsitek dan kontraktor Makassar 
Melayani seluruh indonesia 
Hubungi WA:081241644892  
untuk berbagai contoh desain lainnya: 

Author

My photo
Ali Said, ST
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur

Daftar Isi

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days