LINGKAR WARNA: 7 inspirasi desain rumah atap miring 2 lantai 7 inspirasi desain rumah atap miring 2 lantai ~ LINGKAR WARNA -->

Thursday, March 05, 2020

6 maret 2020

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

7 inspirasi desain rumah atap miring 2 lantai

Rumah atap miring merupakan tipikal referensi rumah yang menjadi salah satu perhatian kami di website ini oleh karenanya perkembangan informasinya akan selalu di update bersamaan dengan referensi referensi rumah lainnya. Setelah sekian banyak artikel kami tulis mengenai rumah atap miring kali ini kita akan membahas mengenai desain rumah atap miring dengan 2 lantai bangunan, menjadi menarik karena rumah dengan atap miring ini juga menggunakan lantai split pada eksekusi desainnya yang menjadikan posisi teras dan area ruang tamu menjadi lebih tinggi.

Pembahasan kita kali ini akan dilengkapi dengan tujuh buah gambar dari satu desain rumah yang sama, yang pembahasannya akan kita bagi ke dalam 4 buah poin pembahasan. Dari empat poin pembahasan ini nantinya kami harapkan akan memberikan kita informasi yang lebih luas dari desain ini, mulai dari tampak depan fasadenya sampai dengan denah dan penataan lyout perabotnya.

Berkali kali dalam berbagai kesempatan kami telah memaparkan bahwa rumah dengan model atap miring ke belakang, kesamping atau kombinasi antara ke duanya sepertinya akan menjadi salah satu model rumah yang paling populer kedepannya terutama pada masyarakat kelas menengah ke bawah, selain biaya yang lebih murah referensi rumah dengan model atap miring kini lebih banyak dan lebih mudah di temukan, belum lagi desain desain rumah tersebut tidak kalah menarik dengan desain desain rumah yang umumnya telah di kenali lebih dahulu seperti rumah atap limasan, rumah atap pelana atau rumah dengan menggunakan dak beton.


1. Desain rumah atap miring 2 lantai


Rumah atap miring kita pada referensi kali ini merupakan rumah 2 lantai dengan kombinasi lantai split yang menjadikan area teras dan ruang tamu menjadi lebih tinggi dari area lantai satunya. Untuk area lantai satu sendiri terletak di bagian belakang rumah di isi dengan fungsi ruang dapur, ruang makan dan sebuah kamar mandi. Perincian mengenai ruang ruang di dalam bangunan ini nantinya akan lebih jelas dan mendetail pada pembahasan kita di poin ke tiga.

Dengan keberadaan lantai split menjadikan komposisi ketinggian dinding bangunan menjadi asimetris, dimana posisi dinding sisi kiri bangunan menjadi lebih tinggi dari pada area lantai splitnya. Posisi teras berada di sudut paling kanan bangunan dengan tujuan untuk memberi sedikit ruang agar anak tangga bisa di aplikasikan dari posisi carport ke arah teras di latai split. Secar umum dari ruang dalamnya bangunan ini sebenarnya hanya terbagi atas dua area saja yaitu sisi kiri dan kanan, namun dengan sedikit trik desain, sang arsitek mengubah komposisi pembagian ruang ini dari sisi fasadenya, sehingga tampak bagi kita dari luar bangunan seakan rumah ini di bagi menjadi 3 bagian.

akses terus info terbaru dari website ini dengan
GABUNG KOMUNITAS BERBAGI  RUMAH MINIMALIS INDONESIA (RUMI) 2020 UNTUK JOIN !!!!

7 inspirasi desain rumah atap miring 2 lantai
7 inspirasi desain rumah atap miring 2 lantai



Mencari informasi arsitektur, di sini saja!!! Gunakan kolom search di kanan atas untuk menemukan informasi yang anda butuhkan, ketikkan kata kunci anda dan klik search. atau gunakan pencarian dengan kategori di kiri kanan website ini, dan atau skrol untuk melanjutkan membaca artikel. Selamat berselancar =)

2. Desain rumah atap miring 2 sisi


Sebelumnya pada poin satu kita telah sedikit menyinggung mengenai perbedaan ketinggian dinding antara sisi kiri bangunan dan sisi kanan bangunan yang di sebabkan oleh keberadaan lantai split pada rumah ini. Kondisi ini juga menjadikan leveling untuk posisi kuda kuda atap menjadi berbeda, di banding menyamakan posisi kuda kuda sang arsitek justru mendesain 2 buah kombinasi atap miring untuk menyelesaikan desain bagian kepala rumah ini, yaitu atap miring ke kiri dan atap miring kekanan. Saya pikir alasannya cukup sederhana, selain karena biaya konstruksi menjadi lebih murah, hasil dari desain fasade yang di tampilkan juga menjadi lebih atraktif karena adanya permainan ketinggian bangunan.

7 inspirasi desain rumah atap miring 2 lantai
7 inspirasi desain rumah atap miring 2 lantai

3. Denah rumah atap miring 2 lantai 


Jika anda seorang arsitek praktisi, saya pikir tidak akan ada kesulitan untuk memahami gambar referensi denah kita di bawah, namun jika anda seorang awam mungkin akan sedikit kebingunan melihat gambar denah kita di bawah, ini di sebabkan karena gambar denah kita di bawah untuk lantai satunya denahnya di gabung dengan splitnya dan begitu juga untuk lantai duanya di gabung pula dengan lantai duanya sehingga seakan akan rumah memiliki dua buah ruang tamu, di lantai satu dan di lantai du, namun demikian anda tidak perlu khawatir karena kami akan menjelaskannya satu persatu pada pembahasan kita berikut ini.

Denah lantai 2

Kita mulai dengan lantai dua, lantai dua bangunan ini berbentuk L atau siku dengan posisi sudutnya ada di sisi kiri belakang bangunan. Ruang ruang yang berada di dalamnya adalah terdiri dari 3 buah kamar tidur dengan dua buah kamar mandi, adapun ruang tamu yang ada pada gambar di bawah letaknya berada pada lantai split atau lebih rendah 6 tangga dari lantai 2 nya, bukan di posisi lantai dua yah! Jadi pada lantai split ini anda memiliki dua pilihan yaitu naik ke lantai dua atau turun ke lantai satu. Lantai split ini secara hakikatnya sebenarnya adalah bordes tangga yang luas atau di perluas sehingga cukup untuk pengaplikasian satu buah ruangan misalnya dalam kasus ini adalah ruang tamu.
7 inspirasi desain rumah atap miring 2 lantai
7 inspirasi desain rumah atap miring 2 lantai

Denah lantai 1

Untuk denah lantai satu sendiri berada di bagian belakang bangunan terdiri atas sebuah dapur, ruang makan dan satu buah kamar mandi, dimana area ini juga terkoneksi langsung dengan area garasi dan carport. Adapun ruang tamu yang terlihat pada denah ini adalah ruang tamu yang sama yang juga terlihat pada denah lantai 2 yaitu ruang tamu yang terletak pada lantai split dimana ketinggian nya berada pada 8 anak tangga lebih tinggi daripada lantai satunya.

7 inspirasi desain rumah atap miring 2 lantai
7 inspirasi desain rumah atap miring 2 lantai

4. Denah 3d rumah dengan atap mirng 2 lantai


Nah keberadaan denah 3d ini saya harap bisa lebih membantu anda dalam memahami kondisi penataan rumah dengan lantai split ini, terutama pada gambar pertama kita di bawah, sangat jelas terlihat anak tangga yang menghubungkan lantai satu, naik ke arah lantai split atau ruang tamu kemudian memutar menaiki anak tangga lagi menuju lantai duanya!

7 inspirasi desain rumah atap miring 2 lantai
7 inspirasi desain rumah atap miring 2 lantai

7 inspirasi desain rumah atap miring 2 lantai
7 inspirasi desain rumah atap miring 2 lantai

7 inspirasi desain rumah atap miring 2 lantai
7 inspirasi desain rumah atap miring 2 lantai

LIHAT SEMUA KATEGORI ARTIKEL DI SINI

Model rumah minimalis 2020
jasa arsitek dan kontraktor Makassar 
Melayani seluruh indonesia 
Hubungi WA:081241644892  
untuk berbagai contoh desain lainnya: 

Author

My photo
Ali Said, ST
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur

Daftar Isi

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days