LINGKAR WARNA: Dasar dasar compositing - shadows and light Dasar dasar compositing - shadows and light ~ LINGKAR WARNA

Monday, May 30, 2016

31 mei 2016

Bismillahirrahmanirrahim

- بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Dasar dasar compositing - shadows and light adalah menjadi awal pembahasan kita kali ini pada serial Teori dasar dasar compositing. Shadows atau bayangan dan light atau cahaya keduanya kami gabungkan pembahasannya karena kedekatan hubungan di antara keduanya dalam pengkomposisian gambar. Kita telah ketahui ilmiahnya sebuah objek tanpa cahaya tidak akan terlihat, dan sebuah cahaya tanpa bayangan objek tidak memberikan efek bentuk sebuah benda, sehingga fungsi keduanya menjadi sangat vital maklum saja arsitektur sebagiannya merupakan bahasa bentuk.

Dasar dasar compositing shadows and light
gambar 1. image courtesy youtube photoshop training channel





Bayangan setiap objek secara garis besar terbagi menjadi 4 bagian yang pertama di sebut Oclussion Shadow atau biasanya juga di sebut dengan contact shadow, kemudian Umbra atau main shadow, kemudian penumbra atau general shadow dan yang terakhir adalah cast shadow atau task shadow. Menghadirkan 4 jenis shadow ini dalam setiap detail pengkomposisian gambar anda akan menghasilkan koneksi antara objek yang lebih realistis.

Dasar dasar compositing shadows and light
gambar 2. image courtesy youtube photoshop training channel
Mengatur set-up masing masing jenis shadow ini sangat di tentukan oleh asumsi jarak sumber cahaya terhadap objek baru yang kita tambahakan di dalam sebuah gambar, kita bisa saksikan seperti diagram gambar di bawah ini, terdapat tiga contoh kasus jarak sumber cahaya terhadap objek, dan jarak objek terhadap tumpuannya, dimana gambar pertama di mulai dari sisi kiri menunjukkan bahwa posisi cahaya yang dekat dengan objek memberkan efek main shadow yang lebih besar atau pada objek seperti manusia yang berdiri biasanya editing main shadownya menjadi lebih panjang. Begitu seterusnya sebagaimana dapat kita pahami pada gambar di bawah.

Dasar dasar compositing shadows and light
gambar 3. image courtesy youtube photoshop training channel
Dimensi sumber cahaya terhadap objek compositing juga memberikan aplikasi bayangan yang berbeda misalnya seperti yang dapat di pahami pada gambar di bawah ini, sumber cahaya yang lebih besar akan menghasilkan contact shadow yang lebih sempit dan main shadow yang lebih besar. Dan pada kasus kedua dimana ketika sumber cahaya lebih kecil dari objek compositing maka contak shadownya dan main shadownya dapat di asumsikan berdimensi sama.

Dasar dasar compositing shadows and light
gambar 4. image courtesy youtube photoshop training channel
Mungkin bagi anda agak sedikit sulit untuk membedakan antara gambar ilustrasi ke tiga dan ke empat, untuk lebih mudah di pahami perbedaan antara keduanya hanyalah pada asumsi jarak objek terhadap tumpuannya. Pada gambar 3 lampu berada pada posisi ketinggian yang sama namun objeknya berubah ubah sedang pada gambar 4 objek berada pada ketinggian yang sama namun sumber cahaya ada yang lebih luas dan ada yang berupa spot. Sumber cahaya yang lebih luas sebenarnya lebih identik dengan dengan gambar ke 3 pada gambar 3. Sumber cahaya yang lebih luas ini biasanya pada gambar visualisasi adalah cahaya matahari.

Dasar dasar compositing shadows and light
gambar 5. image courtesy youtube photoshop training channel
Posisi arah sumber cahaya juga akan memberikan respon tersendiri terhadap pembentukan bayangan yang kurang lebih grafiknya dapat di ciptakan dengan memberikan garis bantu pembentuk main shadow dan cast shadownya seperti pada gambar 5 di atas.

Dasar dasar compositing shadows and light
gambar 6. image courtesy youtube photoshop training channel
Berikutnya adalah bagaimana sih seharusnya ketika objek baru yang di tambahkan itu dapat di rasakan sesuai dengan kondisi pencahayaan gambar. Dua gambar ilustrasi ini mungkin akan menjawab pertanyaan tersebut. Hendaknya ketika kita menambahkan objek baru dalam sebuah projek visualisai seperti gambar manusia misalnya perlu di perhatikan posisi highlight agar tidak berlawanan dengan arah cahaya.

Dasar dasar compositing shadows and light
gambar 7. image courtesy youtube photoshop training channel
Orientasi objek yang salah dapat kita lihat pada gambar 6. yang memiliki respon yang sangat berbeda dengan gambar 7. yang orientasi objeknya sudah sesuai dengan prinsip prinsip pengkomposisian gambar. Pada gambar 7 objek baru yang di tambahkan terasa lebih menyatu dengan gambar bagroundnya.




akses terus ribuan informasi arsitektur terupdate!
GABUNG KOMUNITAS BERBAGI MODEL RUMAH MINIMALIS 2019 KLIK DI SINI UNTUK BERGABUNG !!!!





Author

My photo
Ali Said, ST
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur

Daftar Isi

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days

Popular Posts All time