Ingin bekerja ke luar negeri?? pahami cara "mereka" bekerja!! ~ 1000+ Inspirasi Desain Arsitektur Teknologi Konstruksi dan Kreasi Seni

Wednesday, 21 October 2015



21 oktober 2015

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Beberapa orang mungkin dengan kelebihan rejeki ataupun juga dengan beasiswa bisa belajar di luar negeri dan peluang untuk memahami sosioculture lingkungan kerja di luar negeri tentu jadi lebih mudah dan terbuka lebar, tetapi kemudian bagaimana  dengan kita kita yang tidak memiliki peluang tersebut. Bagaimana kita bisa memahami cara orang di luar sana bekerja dan membandingkan dengan posisi kerja kita di indonesia kemudian selanjutnya bagaimana kita bisa melihat peluang peluang  yang bisa kita manfaatkan dari pemahaman itu??

foster and partners

Pertama saya penulis bukan orang yang sedang bekerja di luar negeri heheheh dan saya menulis dari sudut pandang itu, ini untuk membantu rekan rekan melihat hal hal yang sudah ada di keseharian kita tetapi belum di sadari sebagai sesuatu yang penting dan juga merupakan bentuk sharing saya dengan rekan sekalian.

Ingin bekerja di luar negeri yah sudah barang tentu harus menguasai bahasa yang di gunakan oleh negara tujuan yang kita berharap bisa bekerja di sana dan atau minimal menguasai bahasa inggris sebagai bahasa international. Dewasa ini kita sangat di untungkan oleh teknologi internet, untuk belajar, untuk melihat, untuk mengetahui banyak hal kini benar benar sangat mudah. Dalam pembahasan kali ini kami akan mereview channel channel youtube yang bisa anda jadikan referensi tempat untuk memahami bagaimana aktifitas praktek profesi arsitek di luar sana,  dari segi pendidikan, professionalisme sampai dengan dari sisi business berarsitektur.

yang pertama. Foster+partners- channel ini menjadi rujukan utama bagi rekan yang ingin memahami bagaimana " mereka " bekerja, Saya pribadi belum menemukan channel arsitek se komplit ini selama berselancar di dunia maya, semua yang anda butuhkan untuk di ketahui ada di sini dan termaksud channel paling update, presentasi desain, interview, workshop, permasalahan career, bagaimana bekerja dalam team besar dan berbagai informasi lainnya, shannel ini layak kita tempatkan di posisi utama dalam konteks pembahasan kita kali ini.

yang kedua. NCARB- National Counsil of Architectural Registration Board. Sebuah channel license yang membantu menjelaskan tentang license itu sendiri dan menariknya dari channel ini adalah di jelaskannya tentang standar standar design bagaimana sebuah bangunan, interior ataupun masterplan seharusnya di design menurut standar tersebut. Selain itu channel ini juga memuat interview interview dari para arsitek professional dan license advisor.

yang ketiga.Archdaily-channel ini adalah yang paling banyak mempengaruhi pemikiran pemikiran saya penulis tentang bagaimana melihat permasaalahan permasaalahan arsitektur secara umum di dunia, sampai akhirnya di suatu masa saya memutuskan untuk menulis dan berbicara mengenai isu isu yang sama dalam konteks lokal. Archdaily adalah sebuah channel yang berisi wawancara para punggawa punggawa biro arsitek di dunia, dengan menjawab pertanyaan pertanyaan yang simpel tapi memberikan informasi yang sangat luas. Dalam wawancara terlihat para arsitek menjelaskan mengenai desain yang mereka sedang atau telah kerjakan, kemudian berlanjut dengan bagaimana mereka memulai biro mereka sendiri, saran bagi arsitek yang baru akan mendirikan sebuah biro, saran kepada para mahasiswa yang sementara berkuliah dan masih banyak lagi.

yang keempat.  Business of architecture- sebuah channel yang bersifat lokal tetapi keunggulan dari channel ini adalah membahas secara spesifik tentang biro arsitektur itu sendiri, idenya sangat mirip dengan archdaily hanya saja skop jauh lebih kecil dan berbicara lebih banyak mengenai biro arsitektur dari segi manajemen bironya dan dari segi businessnya.
 
yang kelima. Harvard GSD- Channel ini juga cukup menarik dan juga termaksud yang paling banyak mempengaruhi saya sebagai penulis. Kalau pada poin poin di atas tadi kita menshare aktifitas profesi arsitek dari sudut pandang praktek profesinya, channel ini membahas lebih luas mengenai isu isu ke arsitekturan, isinya berupa diskusi panel, seminar seminar dan beberapa interview.

yang keenam. TEDx Talks- channel ini tidak berbicara secara khusus mengenai arsitektur tetapi berbicara mengenai isu yang jauh lebih luas dan jauh lebih beragam, sengaja saya penulis tetap memasukkan channel ini dalam pembahasan ini karena melihat banyaknya faedah yang bisa di ambil dari sisi pemahaman para professional yang berbicara di forum ini. Dan salah satu arsitek indonesia yang pernah berbicara pada forum ini adalah walikota bandung bapak ridwan kamil, dalam konteks TEDx Jakarta pada waktu itu. Apa yang paling melekat bagi saya sendiri penulis selama mengikuti channel ini adalah tentang pentingnya visi yang jauh kedepan.

Dan masih banyak lagi channel sejenis yang bisa anda jadikan rujukan seperti  Archiproduct-  Architecture, design and planning-  GenslerTV-  Kirsten Dirksen-  The architectural review-dan lain sebagainya.

Punya ide ide dan pemikiran membangun mengenai profesi arsitektur, share pengalaman anda bersama kami di www.lingkarwarna.com melalui email: Acanklee@gmail.com atau lsc09@yahoo.co.id , ada ribuan pengunjung tiap harinya yang mengakses website ini. Berhenti mengeluh dan mari jadi bagian dari perubahan melalui tulisan tulisan positif mengenai profesi arsitek. Bravo Arsitektur!!!

Demikian pembahasan saat ini, semoga bermanfaat. (cnk)




Labels

Lingkar Media. Powered by Blogger.

rumah minimalis

Popular Posts 7 days

Popular Posts all time