LINGKAR WARNA: Eksplorasi teknik presentasi konsep gagasan desain arsitektur Eksplorasi teknik presentasi konsep gagasan desain arsitektur ~ LINGKAR WARNA -->

Thursday, March 24, 2016



25 maret 2016

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Mempresentasikan ide desain arsitektur adalah sesuatu yang menjadi kewajiban bagi setiap arsitek, dimana kemampuan ini memiliki peran yang sangat strategis dalam memenangkan sebuah ide. Komunikasi yang baik dalam presentasi akan menyebabkan ide ide dapat sampai ke pada sang klient dengan akurat dan sesuai dengan kepahaman arsiteknya. Kombinasi antara desain yang baik, teknologi audio visual yang sempurna dan ilmu komunikasi yang tajam dari arsiteknya akan menghasilkan efek yang sangat efektif bagi presentasi karya arsitektur.

image courtesy by archinect




Tidak banyak arsitek yang memanfaatkan teknik presentasi ini dalam menggambarkan ide idenya, umumnya para arsitek menggunakan gambar bergerak atau animasi untuk mempresentasikan idenya, adapun yang menggabungkan animasi dan penjelasan langsung dari arsiteknya masih sangat jarang di lakukan.


Video video presentasi ini menggambarkan kondisi dimana seakan akan sang arsitek sedang berbicara secara langsung dengan sang klient, sehingga engle camera di ambil pada posisi yang mewakili titik mata seorang klient. Ternyata kondisi ini memberikan pengalaman yang akrab terhadap orang orang yang menonton video ini, tidak memberikan efect yang wah seperti pada video 3d animasi namun hal inilah yang menjadi kekuatan presentasinya.

Media sosial, share link dan website arsitektur
Media presentasi konsep desain arsitektur dengan model maket arsitektur
Parahyangan Design Competiton - PARADESC 2016 
Cara Aman Membeli Tanah 
Brick-B Rumah bongkar pasang


Presentasi yang lebih sederhana dengan ide teknik presentasi yang sama bisa anda lakukan, misalnya saja pada video di atas, dimana penggunaan model arsitektur dan gambar gambar pada panel menjadi tools presentasinya tidak seperti 2 video sebelumnya yang menggunakan VFX, tetapi ide scene nya masih tetap sama yaitu seolah olah berbicara langsung dengan  klientnya.

Eksplorasi terhadap ide ide sederhana terhadap teknik mempresentasikan ide ide karya arsitektur memang masih jarang di lakukan dan bahkan tidak menjadi sesuatu yang memiliki prioritas, tetapi perlu anda ketahui BIG sebagai sebuah biro arsitektur telah membuktikan bahwa menyempurnakan ide ide artistik yang baik dengan teknik presentasi yang unik telah memecahkan dominasi popularitas arsitek arsitek yang telah lebih dahulu mendunia.




Berbagai inspirasi desain dari pallet bekas
Membangun portofolio desain arsitektur
Desain inspiratif dari bronjong batu 
Prinsip prinsip desain warna
Desain furniture inspiratif dari kardus bekas 
Desain masjid mungil minimalis
SIPTB
Perumahan modern minimalis di kota makassar
Perumahan modern minimalis di gowa sulawesi selatan

Author

My photo
Ali Said, ST
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur

Daftar Isi

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days