Atap origami ~ 1000+ Inspirasi Desain Arsitektur Teknologi Konstruksi dan Kreasi Seni

Thursday, 6 April 2017


7 april  2017

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Origami roof

Atap adalah pasangan sejati dari dinding bangunan, bahkan ketika dinding bangunan tiada maka atap mampu menggantikan peran dinding, kurang lebih seperti itulah kedudukan atap pada bangunan. Bangunan sendiri tidak mungkin terpisahkan oleh atap ini, berdasarkan definisinya bangunan adalah sesuatu yang menaungi sebuah aktifitas di bawahnya, dengan kata lain sesuatu tanpa penaung ( atap ) tidak di kategorikan sebagai sebuah bangunan.

image courtesy by inhabitat
Dari wikipedia origami sendiri adalah seni melipat baik kertas maupun kain. Origami dari sisi bahasanya berasal dari dua kata "Ori" yang berarti lipat dan "kami" yang berarti kertas. Kertas atau kain yang akan di lipat biasanya berbedtuk segi empat sama sisi. Dalam perkembangannya seni melipat kertas ini tidak terbatas lagi pada kertas, bahakan filosofi ini juga di terapkan pada bangunan dan kreatifitas lainnya.






Mencari artikel arsitektur, di sini saja!!! Gunakan kolom search di kanan atas untuk menemukan informasi yang anda butuhkan, ketikkan kata kunci anda dan klik search. atau gunakan pencarian dengan kategori di kiri kanan website ini, dan atau skrol untuk melanjutkan membaca artikel. Selamat berselancar =)

image courtesy by ayuntamiento
Pada kesempatan kita kali ini apa yang menjadi pembahasan adalah atap kaitannya dengan origami, bagaimana sebuah atap bangunan di capai dengan menyerupai model atau lipatan origami. Sebelum lebih jauh membahas mengenai hal ini anda bisa kembali pada artikel kami, atap sebuah pengantar untuk memperoleh pembahasan mengenai atap secara umum. 

image courtesy by architizer
Atap origami adalah model atau bentuk desain atap yang menyerupai lipatan kertas, baik benar benar sama dengan lipatan kertas atau hanya sekedar menyerupai saja. Kita ketahui seni lipatan kertas memiliki nilai estetis tersendiri sehingga ketika metode ini ditarik pada kasus bangunan maka nilai estetis tersebut bersesuaian dengan kebutuhan bangunan akan estetika, inilah yang menjadi alasan mengapa teknik ini cukup di gandrungi untuk mencapai sebuah desain.

image courtesy by dezeen
Diantara ciri dari desain atap origami adalah karakter lipatan yang khas, bermain dengan bumbungan dan jurai. Kemiringan atap yang beragam mulai dari yang paling landai hingga yang paling curam, di kombinasi dengan kombinasi yang tidak beraturan. Denah atap bisa sangat abstrak dan bisa pula sangat formal sangat bergantung dengan pendekatan desain yang di lakukan seorang arsitek dalam mencapai hasil akhir desainnya.

image courtesy by freshome
Pada titik mata manusia desain dengan pendekatan ini akan menghasilkan desain bangunan yang tampak abstrak, dengan performa yang super dinamis, namun karena ciri lipatannya jenis bangunan seperti ini lebih mudah di cerna di banding dengan desain dinamis lainnya seperti brutalisme atau bahkan yang bergaya terain atau kontur.

image courtesy by origamiblog

Jika anda menyenangi artikel artikel kami, donasikan sedikit waktu like FP kami di bawah ini, dan share artikel artikel kami. setiap sharing dari anda adalah semangat baru buat kami untuk terus berkarya. Semoga bermanfaat!!!!



Berbagai inspirasi desain dari pallet bekas
Aneka kerajinan tangan dari barang bekas 
Membangun portofolio desain arsitektur
Desain inspiratif dari bronjong batu 
Prinsip prinsip desain warna
Desain furniture inspiratif dari kardus bekas 
Desain masjid minimalis
SIPTB
Perumahan modern minimalis di kota makassar
Kumpulan sayembara arsitektur 2017

Labels

Lingkar Media. Powered by Blogger.

rumah minimalis

Popular Posts 7 days

Popular Posts all time