LINGKAR WARNA: Menyusun batu bata dengan SAM Semi-automated Mason Menyusun batu bata dengan SAM Semi-automated Mason ~ LINGKAR WARNA

Sunday, January 10, 2016

10 januari 2016

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

SAM Semi-automated Mason adalaha robot yang di desain untuk menyusun pasangan batu bata secara akurat dan lebih cepat dari manusia biasa. Robot ini mulai di kembangkan sejak tahun 1980 dan tercatat di patenkan di tahun 1990 walaupun di masa itu upaya ini belum memiliki daya tarik. Menjelang tahun 2007, Nate Podkaminer wakil presiden eksekutif Hueber Breuer Construction yang bertempat di New York adalah seorang senior yang memiliki pengalaman di bidang konstruksi melihat inilah waktu yang tempat untuk kembali mengupayakan pengembangan robot ini.

mesin penyusu batu bata
image courtesy by infrastructure-intelligence





mesin penyusu batu bata
image courtesy by architectureadmire
Tiga tahun waktu di habiskan universitas dan perusahaan rotibotic untuk mengembangkan ide original dari robot ini. Di tahun 2011, dari para engineer yang telah di perkerjakan lahirlah sebuah desain dan prototipe dari robot yang telah siap di uji cobakan. Di tahun 2012 team pengembang mendapat sponsor pengembangan mesin ini untuk tahap pertamanya oleh SBIR (Small Business Innova­tive Research).

mesin penyusu batu bata
image courtesy by architectureadmire


Pada tahun 2013 team kembali mendapat sponsor pengembangan untuk tahap ke 2 oleh National Science Foundation Small Business Innova­tive Research (SBIR). Berbekal pengalaman riset riset pengembangan sebelumnya dan tekad yang kuat akhirnya pada tahun 2014 robot ini denyatakan telah sukses di modifikasi, di kembangkan dan siap di gunakan untuk berbagai keperluan pekerjaan konstruksi.

Robot ini sendiri tidak memiliki fungsi sesederhana pada beberapa gambar sebelumnya, pengembangan terus di lakukan, dengan menggabungkan sistem pemrograman dan coding maka robot ini bisa di setup untuk menyusun pasangan batu dengan hasil yang sangat dinamis,fleksibel dan sangat artistik. Sudah bisa membayangkan arah robot ini akan berkembang??? sebagai arsitek harus bisa dong!!!!

mesin penyusu batu bata
image courtesy by treehugger




Author

My photo
Ali Said, ST
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur

Daftar Isi

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days

Popular Posts All time