LINGKAR WARNA: Branding biro arsitek tidak harus mewah!!! lagi lagi mendunia dengan botol bekas!!! Branding biro arsitek tidak harus mewah!!! lagi lagi mendunia dengan botol bekas!!! ~ LINGKAR WARNA

Monday, January 11, 2016



11 januari 2016

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Arsitek asal cina ini telah membangun kantornya sendiri dengan menggunakan botol bekas. Berlokasi di Chongqing city, China, Li Rongjun's office telah di selesaikan dengan menggunakan  8500 botol bekas dalam jangka waktu pengerjaan kurang lebih empat bulan lamanya. Untuk menyelesaikan projek ini Li di bantu oleh ayahnya menyusun 40 lapisan dinding botol untuk menghasilkan dinding yang utuh dan kokoh dari segi strukturnya.

image courtesy by inhabitat







image courtesy by inhabitat
Walaupun di beberapa review mengindikasikan adanya kekhawatiran akan robohnya bangunan ini karena tidak adanya struktur penopang seperti kolom melainkan seluruh beban dak beton di atasnya di pikul oleh botol-botol tersebut secara keseluruhan. Penggunaan botol pada bangunan bukanlah hal baru tetapi menjadikan botol sekaligus sebagai struktur bangunan adalah hal yang benar benar baru.

image courtesy by inhabitat

Terlepas dari pro dan kontra tersebut bangunan Li ini telah berhasil menarik perhatian dunia, sebagaimana kami menulisnya dan membahasnya pada tulisan kami kali ini, bangunan ini telah banyak di review oleh jurnal jurnal online di dunia, baik jurnal yang bersifat umum apalagi jurnal jurnal yang bersifat spesifik seperti arsitektural jurnal atau jurnal jurnal lingkungan hidup.

desain #4 desain #5
desain #6 desain #7

Kami tidak menemukan tulisan yang membahas mengenai berapa luasan dari bangunan ini secara akurat, tetapi bisa di lihat dari gambar gambar berikut bangunan ini tidak cukup luas hanya seukuran kamar tidur orang dewasa, di buat melingkar jelas selain bertujuan estetika tetapi tampak lebih bertujuan struktural. Total biaya yang di keluarkan Li untuk ukuran kita di indonesia mungkin masih sangat besar yaitu sekitar 11.000 dolar  atau setara 143juta rupiah.


desain #8 desain #9
desain #10 desain #11

Ambisi, semangat dalam karya, optimisme dan kreatifitas sangat terasa dalam bangunan karya Li ini, semoga bisa menjadi inspirasi bagi kita untuk berstrategi, berkarya dan berstrategi dalam karya. Semoga bermanfaat!!!




Author

My photo
Ali Said, ST
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur

Daftar Isi

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days

Popular Posts All time