LINGKAR WARNA: Cara membongkar dan mensortir kayu palet peti kemas agar tidak rusak sebelum di gunakan kembali! Cara membongkar dan mensortir kayu palet peti kemas agar tidak rusak sebelum di gunakan kembali! ~ LINGKAR WARNA

Sunday, June 12, 2016

09 juni 2016

Bismillahirrahmanirrahim

- بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Cara membongkar dan mengsortir kayu palet peti kemas agar tidak rusak sebelum di gunakan kembali!

Inilah bagian tersulit dari proses proses pengerjaan berbagai pernak pernik dan furniture menggunakan kayu palet bekas! apakah itu? benar saja, iya adalah proses pensortiran atau pembongkaran pallet menjadi bilah bilah papan yang akan menjadi bahan baku kreasi unik kita. Bagaimana hal ini bisa di lakukan simak beberapa langkah berikut ini!

Cara membongkar dan mensortir kayu palet peti kemas
gambar 1. image courtesy by youtube Luther Driggers





Ada banyak cara untuk membongkar pallet bekas sebelum menggunakannya kembali, di banding membongkarnya dengan pengunkit palu, hal hal ini akan meminimalisir kerusakan pada papan papan pallet bekas tersebut. Yang pertama yang harus di lakukan adalah mempersiapkan palet yang akan di gunakan.

Cara membongkar dan mensortir kayu palet peti kemas
gambar 2. image courtesy by youtube Luther Driggers

Langkah selanjutnya adalah dengan meletakkan bongkahan tahu beton atau balok kayu berbentuk kotak di bawah papan pallet yang akan di ungkit, lihat gambar 2 di atas. Yang perlu di perhatikan adalah pastikan bahwa dimensi tebal atau tinggi dari tahu beton atau balok kayu yang di gunakan sebagai tumpuan harus lebih tebal atau lebih tinggi dari balok melintang palet.

Cara membongkar dan mensortir kayu palet peti kemas
gambar 3. image courtesy by youtube Luther Driggers
Letakkan potongan papan kayu tepat di sebelah papan pallet yang akan di ungkit, potongan papan kayu ini akan menjadi alas dimana beban berat akan di benturkan, tujuannya untuk menjaga agar papan palet tidak rusak ketika berbenturan dengan beban berat.

Cara membongkar dan mensortir kayu palet peti kemas
gambar 4. image courtesy by youtube Luther Driggers
Pada contoh gambar kita ini potongan balok beton yang tampak cukup berat di gunakan sebagai beban pengungkitnya. Dimana balok beton ini di hempaskan tepat di atas potongan papan kayu tadi, pertanyaannya mengapa tidak menggunakan martil biasa??? jawaban nya beban martil biasa tidak akan mampu mengungkit papan dan cenderung akan merusak papan pallet karena harus di pukulkan berkali kali, mengapa demikin??? karena umumnya pallet di klem dengan paku ulir yang sangat kuat dan panjang.

Cara membongkar dan mensortir kayu palet peti kemas
gambar 5. image courtesy by youtube Luther Driggers
Ulangi cara ini sampai semua paku pada balok pengikat palet terangkat, kemudian lanjutkan dengan pengungkitan dengan menggunakan alat ungkit sederhana seperti umumnya telah kita kita ketahui. Berikut adalah video selengkapnya!


akses terus ribuan informasi arsitektur terupdate!
GABUNG KOMUNITAS BERBAGI MODEL RUMAH MINIMALIS 2019 KLIK DI SINI UNTUK BERGABUNG !!!!




Author

My photo
Ali Said, ST
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur

Daftar Isi

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days

Popular Posts All time