LINGKAR WARNA: Sayembara Penyusunan Master Plan Kota Sigli 2016 Sayembara Penyusunan Master Plan Kota Sigli 2016 ~ LINGKAR WARNA

Saturday, June 11, 2016



12 juni 2016

Bismillahirrahmanirrahim

- بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Sayembara Penyusunan Master Plan Kota Sigli 2016

Latar Belakang

Kota Sigli adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Pidie dan juga menjadi ibukota kabupaten tersebut. Kota Sigli terletak 112 km di sebelah timur Kota Banda Aceh dan termasuk kota strategis karena dilalui jalan raya lintas sumatera. Sebagai jalur transportasi darat Aceh dan jalur laut yang berada di Samudera Hindia atau berbatasan langsung dengan Selat Malaka yang pernah menjadi jalur transportasi perairan internasional. Wilayah ini dulunya merupakan bengkel kereta api terbesar di Aceh, tetapi sejak vakumnya kegiatan perkeretaapian di Aceh, kota ini menjadi kurang berkarakter.

image courtesy by unsyiah
 



Kota Sigli memiliki luas 9,75 km² dengan batas sebelah utara Selat Malaka, sebelah selatan dan barat dengan Kecamatan Pidie dan sebelah timur dengan Kecamatan Simpang Tiga. Sebagai kawasan di lokasi strategis, yaitu berada pada wilayah lintas transportasi darat lintas sumatera, maka sangat dibutuhkan konsep yang nyata dan terarah di dalam membangun karakter yang dimiliki oleh kota itu sendiri.

Kota Sigli sebagai ibukota Kabupaten Pidie memiliki beberapa potensi kawasan yang dapat dikembangkan. Selain memiliki 2 (dua) aliran sungai yaitu Krueng Baro dan Krueng Tukah, juga memiliki kawasan perdagangan, perkantoran, peribadatan, jasa, pendidikan, wisata pantai, serta beberapa fasilitas umum. Hanya saja, kondisi saat ini belum tertata secara fungsinya masing-masing dan dibutuhkan perencanaan yang komprehensif di dalam melakukan penataan dan pengembangan kawasan Kota Sigli.

Kota (ibukota kabupaten) yang berkarakter diharapkan akan menjadi kota yang sesuai dengan harapan masyarakatnya. Wajah kota berbeda dengan kota lainnya, hal ini akan memunculkan kebanggaan tersendiri dari masyarakat terhadap kotanya. Secara tidak langsung akan memberikan kontribusi yang positif terhadap partisipasi masyarakat yang pada akhirnya akan berkontribusi terhadap perkembangan kota secara optimal. Sebagai wujud keterwakilan aspirasi masyarakat terhadap penataan Kawasan Kota Sigli, Pemerintah Kabupaten Pidie bermaksud menyelenggarakan Sayembara Penyusunan Master Plan Kota Sigli. Diharapkan dengan pelaksanaan penyusunan Master Plan Kota Sigli yang didahului dengan sayembara, maka masyarakat merasa memiliki kewajiban dan peran aktif yang tinggi untuk menjaga dan melestarikan kota beserta atribut yang tersedia di dalamnya. 

Jadwal Sayembara

10 juni 2016 - Pengumuman sayembara
10 Juni – 22 Agustus 2016 - Pendaftaran dan Pengambilan Dokumen Sayembara
23 Juni 2016 - Penjelasan Sayembara (Aanwizing)
29 Agustus 2016 - Penyerahan Dokumen Sayembara (Paling Lambat)
30 – 31 Agustus 2016 - Evaluasi Administratif
1 September 2016 - Evaluasi Teknis (Penjurian Nominasi Finalis 3 Karya Terbaik)
3 Setember 2016 - Presentasi 3 karya terbaik dan penetapan pemenang
7-9 september 2016 - Pameran karya peserta sayemnbara

Ribuan orang lainnya juga meng-KLIK informasi ini:
Sayembara Penyusunan Master Plan Kawasan Kampus Universitas Jabal Ghafur Kabupaten Pidie
"Arsitektur untuk Semua"
Jelajah arsitektur Betang Tumbang Gagu 2016

Persyaratan Peserta Sayembara

* Peserta sayembara dapat diikuti oleh umum, mahasiswa, dan profesional;
* Sayembara ini dapat diikuti peserta secara kelompok (maksimum 5 orang dimana terdapat 1 (satu) orang sebagai ketua dan 4 (empat) orang sebagai anggota), kemudian ketua kelompok yang dipilih berkompeten dengan ilmu perencanaan wilayah dan kota/arsitektur/arsitektur lanskap;
* Tiap peserta kelompok dapat memasukkan lebih dari satu karya dengan melakukan pendaftaran yang berbeda;
* Sayembara ini tidak diperkenankan untuk diikuti oleh para pihak-pihak yang terkait dengan dewan juri, panitia, tim perumus KAK, baik secara pribadi maupun profesional guna menghindari konflik-konflik kepentingan di dalam proses penilaian. Apabila dapat diketahui hal tersebut, maka panitia penyelenggara berhak membatalkan keikutsertaannya atau dikenakan diskualifikasi.

Hadiah Sayembara  

Hadiah untuk tiap Pemenang adalah sebagai berikut:
1) Pemenang I Rp. 125.000.000,00
2) Pemengan II Rp. 50.000.000,00
3) Pemenang III Rp. 25.000.000,00
Pajak hadiah ditanggung pemenang.

Dewan Juri 

Anggota Dewan Juri Sayembara terdiri dari 5 (lima) orang sebagai perwakilan seluruh unsur yang terlibat dalam penyelenggaraan sayembara ini. Susunan dewan juri sebagai berikut:

Ketua : 
Ir. Mirza Irwansyah, MBA, MLA, Ph.D
Anggota :
Muhammad Adam, ST, MM
Dr. Asfha Achmad
Muzakkir, ST, MP
Dr. Sofyan M. Saleh


sumber: http://arsitektur.unsyiah.ac.id/sayembarakotasigli/


Jika anda menyenangi artikel artikel kami, donasikan sedikit waktu like FP kami di bawah ini, dan share artikel artikel kami. setiap sharing dari anda adalah semangat baru buat kami untuk terus berkarya. Semoga bermanfaat!!!!


Berbagai inspirasi desain dari pallet bekas
Aneka kerajinan tangan dari barang bekas 
Membangun portofolio desain arsitektur
Desain inspiratif dari bronjong batu 
Prinsip prinsip desain warna
Desain furniture inspiratif dari kardus bekas 
Desain masjid minimalis
SIPTB
Perumahan modern minimalis di kota makassar
Kumpulan sayembara arsitektur 2016




Author

My photo
Ali Said, ST
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur

Daftar Isi

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days

Popular Posts All time