LINGKAR WARNA: Arsitek Makassar Bangkit dan Hadir Berkarya Arsitek Makassar Bangkit dan Hadir Berkarya ~ LINGKAR WARNA -->

Wednesday, April 01, 2015

lihat juga
ARSITEK MAKASSAR JASA DESAIN RUMAH GRATIS
SIPTB ( Surat Izin Perencana Teknis Bangunan)
PAMERAN INDOBUILDTECH MAKASSAR
DISKUSI ARSITEK MAKASSAR
STANDAR BIAYA PERENCANAAN RUMAH TINGGAL IAI SULSEL
PORTAL BERITA ARSITEKTUR MAKASSAR
ARSITEK MAKASSAR BANGKIT DAN HADIR BERKARYA


Arsitek MAHAKARYA "Arsitek Makassar Bangkit Dan Hadir Berkarya"  adalah sebuah gerakan mandiri mensemarakkan aktivitas berarsitektur di makassar. Dimana di dalamnya di cita citakan terisi dengan aktifitas aktifitas arsitektur yang terintergrasi memiliki kesinambungan satu sama lain di antara para pelaku aktifitas arsitektur. 

Restu dari para "sesepuh" tentu menjadi perhatian kami yang mengupayakan gerakan ini, guru guru kami di kampus, rekan sejawat IAI, saudara saudara kami praktisi arsitektur, media arsitektur BCI dan masih banyak lagi yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu, adalah tempat kami mengambil pertimbangan-pertimbangan untuk mengupayakan gerakan ini.

Mengapa kita membutuhkan aktifitas arsitektur yang terintergrasi berkesinambungan??? "bahasa populernya terkolaborasi hal ini juga sedang di upayakan oleh komunitas arsitek dunia" Sejatinya setiap aktifitas berarsitektur yang di lakukan oleh stakeholder arsitektur pastilah menghasilkan sebuah informasi bagi pengguna jasa Arsitektur.

arsitek kita beragam, ada akademisi arsitektur murni, ada akademisi arsitektur praktisi, ada praktisi murni arsitektur, ada kritikus arsitektur, ada aktivis arsitektur, ada kontraktor arsitektur, ada developer arsitektur, ada mahasiswa murni arsitektur, ada mahasiswa praktisi arsitektur, ada arsitektur arsitektur  dan masih banyak lagi sangat sulit untuk disebutkan satu persatu, tapi mengapa masyarakat secara luas tidak mampu mengenali identitas arsitektur itu sendiri??? apakah kita telah gagal menginterprestasikan mengasosiasikan diri sebagai perwakilan definisi arsitektur itu sendiri??? ataukah kita telah menerima definisi yang telah di sematkan kepada kita oleh orang orang yang tak paham dengan profesi ini??? Pada poin inilah kita membutuhkan sebuah aktifitas arsitektur terintergrasi berkesinanbungan (terkolaborasi) guna menghasilkan sebuah informasi yang akurat bagi pengguna jasa arsitektur.

Arsitek MAHAKARYA juga mendorong semangat publikasi karya Arsitektur kepada seluruh rekan arsitektur yang berkarya, dalam kemasan yang baik, memuat berita informasi yang terkolaborasi, sehingga kedepannya tidaklah lagi kita dapatkan definisi yang salah kaprah tentang apa profesi arsitek itu? bagaimana profesi arsitek itu? dan untuk apa profesi arsitek itu. Dan atas alasan ini pulalah mengupayakan gerakan ini secara bersama sama adalah menjadi kepentingan semua pihak.

Arsitek MAHAKARYA juga mendorong antusiasme adi adik mahasiswa, teman teman praktisi untuk berperan aktif dalam kompetisi dan sayembara arsitektur yang mejadi salah satu pintu dari pintu pintu informasi arsitektur. Melalui karya karya yang baik, sejatinya kita telah memberikan informasi yang baik kepada masyarakat luas tentang peran profesi arsitektur itu sendiri di tangah tengah masyarakat. Dan bisa saja hal itu menjadi satu satunya sumbangsi nyata karya arsitektur kita, yang memiliki nilai nilai arsitektur, di karenakan beratnya penerapan nilai nilai arsitektur dewasa ini pada karya kita. Kendalanya beragam, mulai dari lemahnya penegakan peraturan pemerintah tentang bangunan gedung, klien yang tidak teredukasi, kebutuhan finansial sang arsitek dan masih banyak lagi.

Akhirnya, tulisan ini tidak di maksudkan untuk menggurui siapapun juga tentang apa yang harus kita lakukan menyikami kondisi ini, sekedar memberikan sumbangsi yang sedikit ini untuk sebuah perubahan menuju ke arah yang lebih baik, meminjam kata sang pencetus "Spektakuler Bareng Bareng"....tulisan ini adalah interprestasi penulis sendiri menerjemahkan diskusi yang penulis ikuti bersama para pelopor Arsitek MAHAKARYA, dan tidak mewakili perkataan siapapun secara spesifik, sehingga apa bila terdapat kesalahan di dalamnya adalah persepsi penulis sendiri, akhirnya saya mengajak teman teman untuk bersama sama menjadi pelopor perubahan!! BRAVO ARSITEKTUR!! Wassalamualaikum (ALI SAID, Lingkar Warna Indonesia)




Custom Search









Author

My photo
Ali Said, ST
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur

Daftar Isi

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days