LINGKAR WARNA: Desain interior masjid Faisal Pakistan Desain interior masjid Faisal Pakistan ~ LINGKAR WARNA -->

Saturday, September 17, 2016


17 September 2016

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Pada serial desain interior masjid masjid unik di dunia di kesempatan ini kami mempersiapkan 7 artikel yang membahas mengenai hal hal tersebut, dan artikel kita ini merupakan pembahasan ke 7 atau terakhir dari serial tersebut, tetapi jangan khawatir akan datang setelah ini, pembahasan pembahasan yang serupa atau berbeda satu dengan yang lainnya mengenai masjid, insya allah!

image courtesy by dawnadvertiser




Masjid kita yang mengagumkan kali ini adalah Masjid yang terletak di Khayaban-e-Margala, Islamabad, Pakistan, Masjid Faisal namanya. Memiliki ketinggian maksimal 259 kaki, masjid ini di buka pada 1987, dengan biaya konstruksi yang cukup fantastis yaitu sekitar 120 milyar dolar, dengan luas area masjid kurang lebih 50.000 meter persegi, masjid ini dapat menampung 74.000 orang jamaah.

image courtesy by thehistoryhub
Mesjid ini merupakan hasil dari sebuah kompetisi yang di adakan untuk merencanakan sebuah tempat ibadah bagi muslim di pakistan.  Dari 17 negara yang mengikuti kompetisi terdapat 43 proposal yang masuk dalam bursa persaingan kompetisi dan akhirnya Vedat Dalokay seorang arsitek dari Turki memenangkan kompetisi tersebut. Terlepas dari sejarah singkat mengenai masjid ini, kita akan melihat dan mencoba mengambil pelajaran dari desai interior masjid ini.

imge courtesy by wonderfulpoint
Apa yang pertama anda pikirkan ketika melihat gambar gambar interior masjid ini??? monumental, megah,  uniq, modern ataupun kontemporer, futuristik? saya pribadi melihat sebuah rahasia dalam masjid ini! hehehehehe. Bentuk berulang, monumental, mengesankan bentuk bentuk runcing seperti pada bangunan bangunan ghotic, namun di balut dengan kemasan moderen dengan bentuk yang lebih rapih.

Ribuan orang lainnya juga meng-KLIK informasi ini:
Desain interior masjid Sancaklar Turki 
Desain interior masjid Sakirin Turki
57 tahun Ikatan Arsitek Indonesia 
Desain interior masjid Al irsyad Kabupaten Bandung 
Sayembara penataan kawasan pasar proyek kota bekasi 2016 

image courtesy by seepwallpapersforyou
Atau pula di pengaruhi gaya berulang art-deco, namun karena tuntutan bentuk masjid yang simetris sehingga eksplorasi desain berakhir dengan  bentuk serupa ini, atau entahlah hanya sang arsitek saja yang benar benar mengetahuinya. Interior masjid ini berpola simetris dimana ada keserupaan bentuk di setiap sisinya. Bola lampu raksasa yang tersusun dari lampu lampu yang lebih kecil menerangi area sholat

image courtesy by kufarooq
Ada cincin raksasa yang melingkarinya, menyempurnakan kesan monumental interior masjid, kami mengira ukuran masjid yang besar ini menyebabkan kami tidak menemukan gambar gambar detail envelop masjid ini. Ini yang menunjukkan keumuman orang yang mengunjunginya  lebih terpukau dengan komposisi masjid secara keseluuruhan di banding dengan detailnya. Bagaimana sangat menarik bukan? Semoga bermanfaat!.

image courtesy by mostwallpapers

Jika anda menyenangi artikel artikel kami, donasikan sedikit waktu like FP kami di bawah ini, dan share artikel artikel kami. setiap sharing dari anda adalah semangat baru buat kami untuk terus berkarya. Semoga bermanfaat!!!!

Berbagai inspirasi desain dari pallet bekas
Aneka kerajinan tangan dari barang bekas 
Membangun portofolio desain arsitektur
Desain inspiratif dari bronjong batu 
Prinsip prinsip desain warna
Desain furniture inspiratif dari kardus bekas 
Desain masjid minimalis
SIPTB
Perumahan modern minimalis di kota makassar
Kumpulan sayembara arsitektur 2016




https://www.facebook.com/sharer/sharer.php?u=http%3A%2F%2Fwww.lingkarwarna.com%2F2015%2F10%2Fdesign-and-build-sebuah-alternatif-praktek-profesi-arsitektur.html%3Fspref%3Dfb&t=lingkar+warna+indonesia%3A+Rancang+dan+bangun+sebuah+alternatif+praktek+profe...
https://twitter.com/intent/tweet?text=lingkar%20warna%20indonesia%3A%20Rancang%20dan%20bangun%20sebuah%20alternatif%20praktek%20profe...&url=http%3A%2F%2Fwww.lingkarwarna.com%2F2015%2F10%2Fdesign-and-build-sebuah-alternatif-praktek-profesi-arsitektur.html%3Fspref%3Dtw&original_referer=http%3A%2F%2Fwww.lingkarwarna.com%2F2015%2F10%2Fdesign-and-build-sebuah-alternatif-praktek-profesi-arsitektur.html


Author

My photo
Ali Said, ST
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur

Daftar Isi

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days