LINGKAR WARNA: Desain bertema Skandinavia Desain bertema Skandinavia ~ LINGKAR WARNA

Monday, February 15, 2016

15 february 2016

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Penjelasan dari wikipedia Desain bertema Skandinavia dapat di definisikan sebagai sebuah cara atau metode untuk menghadirkan sebuah desain dengan ciri dan karakter yang lebih simpel, minimalis dan fungsional, muncul di tahun 1950an di lima negara nordic yaitu Denmark, Norway, Sweden, Iceland dan Finland. Meskipun skandinavia sendiri lebih identik dengan tiga negara yaitu Denmark, Norway dan Sweden, tetapi dalam perkembangannya skandinavia sendiri dapat dipahami sebagai 5 negara nordic sebagaimana telah di sebutkan sebelumnya.

Desain bertema Skandinavia

interior ruang keluarga bergaya skandinavian image courtesy by freshome




Desain bertema Skandinavia

scandinavian house. image courtesy by apartmenttherapy
Sebuah label penghargaan Lunning prize di berikan kepada Scandinavian designers di antara tahun 1951 dan 1970, yang telah banyak membantu menjadikan gaya desain ini dapat di terima sebagai sebuah produk artistik di tengah tengah masyarakat dan dalam perannya mendefinisikan profil dari gaya desain ini. Sejak tahun 2006, tradisi pemberian penghargaan ini kembali di lakukan oleh Forum AID Award.

Desain bertema Skandinavia

rumah minimalis skandinavia. photograph by Peter A. Sellar
Ide utama dari gaya desain ini adalah bahwa keindahan dan fungsionalitas lingkungan artistik pada kehidupan sehari hari tidak hanya menjadi konsumsi orang berduit saja tetapi keindahan itu dapat di nikmati pula oleh semua kalangan. Dengan kata lain capaian estetika tidak selalu harus di tampilkan dengan ukiran dan kerumitan bentuk, tetapi dapat juga dengan bentuk yang sederhana dan minimalis. Kini dalam perkembangannya desain desain bergaya skandinavia lebih identik dengan interior desain.

Desain bertema Skandinavia
rancangan interior kamar tidur scandinavian. image courtesy by lushome
Karakter khas bentuk bangunan skandivia adalah kubus atau kotak dengan atap segitiga di atasnya, biasanya tanpa atap yang menjurai keluar, dinding dindingnya di hiasi dengan jendela jendela kaca yang cukup besar. Bentuk luar ini sangat mempengaruhi olahan suasana interiornya. Dimana jendela jendela yang besar memberikan intensitas tingkat keterangan cahaya yang cukup tinggi. Dinding bangunan interior biasanya di cat putih bersih, tak ketinggalan pula pajangan pajangan bingkai foto pada sebagian dindingnya.
Desain bertema Skandinavia

scandinavian interior konsep .image courtesy by greychic
Lantai kayu pinus berwarna putih seakan menggenapi suasana terang , bersih dan nyaman pada gaya desain ini. Kotak cermin besar di sandarkan di salah satu dinding benar benar memaksimalkan kelegaan pada ruang ruang yang ada. Terkadang aksen aksen di tampilkan dengan warna warna mencolok nan terang seperti pada cover bantal gambar di bawah ini. Penggunakan karpet juga bisa di jadikan salah satu karakter pembentuk ruang interior bergaya scandinavian ini. Sangat menarik bukan?


Desain bertema Skandinavia

desain inspiratif scandinavian living room .image courtesy by rilane




Author

My photo
Ali Said, ST
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur

Daftar Isi

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days

Popular Posts All time