Desain rumah modular berbahan bambu ~ 1000+ Inspirasi Desain Arsitektur Teknologi Konstruksi Dan Kreasi Seni

Saturday, 13 February 2016

13 februari 2016

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Desain rumah murah modular berbahan bambu ini di desain oleh biro arsitek asal vietnam Vo Trong Nghia Architects yang sebelumnya telah lebih dulu kita kenal melalui karya mereka  house for trees. Perlu juga kita ketahui bahwa biro ini telah mengembangkan setidaknya tiga model termaksud model ini dengan tema atau topik yang sama yaitu rumah murah modular. Tentu mereka tidak hanya mendesain bangunan dengan jenis seperti ini tetapi justru dengan bangunan bangunan sederhana inilah mereka menjadi lebih di kenal di dunia. Baca juga mendunia dengan karya karya sederhana.

rumah bambu minimalis
Photograph by Hiroyuki Oki




rumah bambu minimalis
Photograph by Hiroyuki Oki
Biro arsitek Vo Trong Nghia Architects mendesain rumah ini sebagai upaya solutif terhadap permasalahan krisis hunian di vietnam, dengan memperkenalkan rumah berkonsep modular. Rumah ini di gadang gadang sebagai  rumah dengan biaya murah, menggunakan material lokal dan sangat mudah dalam perakitannya. Modular merujuk kepada sebuah metode konstruksi, dengan sistem modul modul, dimana bahan bahan pembentuknya telah di kerjakan di pabrik pabrik, adapun di site nantinya sebatas persiapan landasan dudukan rumah modular dan perakitannya saja.

rumah bambu minimalis
Photograph by Hiroyuki Oki
Projek ini di mulai sebagai sebuah pekerjaan sosial, untuk merespon sebuah permasalahan serius mengenai kebutuhan akan hunian yang sehat bagi warga vietnam berpendapatan rendah. Penjelasan dari sang arsitek bahwa mereka melakukan survey penelitian pada pemukiman kumuh yang terletak pada delta sungai Mekong, dimana permasalahan hunian ini menjadi isu yang sangat serius bagi lingkungan masyarakat setempat.

rumah bambu minimalis
Photograph by Hiroyuki Oki
Ide rumah modular ini, di buat dengan konsep rumah hunian berstruktur baja ringan, dimana dindingnya di lapisi dengan bambu pada  bagian dalamnya dan polycarbonat pada dinding bagian luarnya. Pada gambar gambar ini terlihat bagaimana desain rumah modular ini bisa sangat fleksibel dalam pengembangan dan penggunaanya, bisa menjadi sebuah rumah atau kantor. Pada kasus ini area kamar mandi di anggap sebagai bagian terpisah dari bangunan utamanya.

rumah bambu minimalis
Photograph by Hiroyuki Oki
Untuk lebih memaksimalkan pembiayaan bangunan rumah ini, sebuah sistem di buat untuk mengatur agar para penghuni dapat terlibat aktif dalam perakitan konstruksinya. Bangunan rumah juga di desain dengan menggunakan penghawaan alami dan memiliki sebuah  sistem pengolahan air hujan sendiri dimana air dapat di tampung dan di gunakan untuk kebutuhan sehari hari. Saat ini mereka terus mengembangkan prototipe yang telah ada agar bisa lebih nyaman dan efektif dalam penggunaannya.


rumah bambu minimalis
Photograph by Hiroyuki Oki




Labels

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days

Popular Posts All time