LINGKAR WARNA: Mengenali kompetisi desain abal abal. Sangat penting!!!! Mengenali kompetisi desain abal abal. Sangat penting!!!! ~ LINGKAR WARNA

Monday, March 28, 2016



28 maret 2016

Lomba desain adalah aktifitas yang paling di gandrungi pelaku aktifitas kreatif di indonesia, namun perlu anda ketahui ada beberapa kompetisi desain yang bersifat abal abal atau kompetisi sekedar sekedaran!!! Artikel ini akan membahas mengenai hal tersebut dengan maksud untuk membantu rekan sekalian dalam menilai sebuah kompetisi itu bonafit atau tidak, dan sekaligus juga untuk membantu rekan rekan penyelenggara kompetisi mempersiapkan sayembaranya agar tidak di anggap abal abal.






Kami sendiri mengukur sebuah kompetisi itu layak di sebarkan melalui official blogg kami dengan standar penilaian ini, oleh karenanya tidak semua kompetis kami share ke rekan sekalian via web kami, salah satu alasannya adalah karena hal ini, tentu terdapat pula alasan lainnya.

yang pertama. sayembara yang bonafit memiliki kepanitiaan sayembara, sekretariat dan nomor kontak yang jelas. Berhati hatilah dengan kompetisi yang hanya di urusi oleh individu individu.

yang kedua. memiliki TOR yang jelas berbentuk draf dokument TOR yang berisi penjelasan yang luas mengenai kompetisi tersebut.

yang keempat. memiliki kriteria kriteria yang di inginkan untuk di capai dan lain sebagainya

yang kelima. memiliki waktu kompetisi yang tidak terlalu cepat, dan tidak pula terlalu lama, menurut hemat kami berada di antara 2 bulan sampai dengan 3 bulan. Kompetisi yang terlalu lama dan apalagi dengan biaya pendaftaran bisa di pahami sebagai upaya pengumpulan peserta sebanyak banyaknya dengan uang pendaftaran sebanyak banyaknya.

yang ke enam. Hadiah yang terlalu besar, haloo??? hadiah besar tanpa TOR dan kepanitian yang jelas!!!

Apabila berkumpul 4-6 hal berikut ini dalam sebuah kompetisi maka sebaiknya anda berhati-hati dalam mengikuti dan mengshare berita kompetisinya.

Catatan:

Kompetisi tanpa TOR sama saja penghinaan kepada pelaku aktifitas desain, seakan akan penyelenggara ingin berkata "anda daftar ajalah biar kita pada populer, desainnya terserah ente ajalah, pokoknya desain aja"

Abal abal juga tidak berarti kompetisi tersebut tidak real, bisa saja kompetisi itu benar adanya!!! tapi kami menyarankan untuk berhati dalam mengikutinya maupun menyebarkan, kecuali ente niatnya pengen latihan yah.. itu terserah ente sajalah.

semoga bermanfaat!



Berbagai inspirasi desain dari pallet bekas
Membangun portofolio desain arsitektur
Desain inspiratif dari bronjong batu 
Prinsip prinsip desain warna
Desain furniture inspiratif dari kardus bekas 
Desain masjid mungil minimalis
SIPTB
Perumahan modern minimalis di kota makassar
Perumahan modern minimalis di gowa sulawesi selatan

Author

My photo
Ali Said, ST
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur

Daftar Isi

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days

Popular Posts All time