LINGKAR WARNA: Menantang Banjir oleh Yu Sing Menantang Banjir oleh Yu Sing ~ LINGKAR WARNA

Friday, January 31, 2020

1 februari 2020

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Menantang Banjir oleh Yu Sing

Tulisan ini merupakan tulisan yang kami kopi dan paste langsung melaui akun facebook Yu Sing, sebagaimana kita ketahui Yu Sing adalah seorang arsitek profesional yang sering berbicara mengenai arsitektur terutama kaitannya dengan solusi solusi artistik yang kembali kepada alam, mungkin tulisan ini bagi sebagian orang akan terlihat sebagai sebuah kritik yang tendesius kepada pemerintah, tetapi kami melihat pada tulisan ini ada solusi yang bisa menjadi benar benar solusi untuk permasalahan ini, yaitu mari kita secara sadar bersama sama menyerahkan urusan banjir ini kepada orang orang yang berkompeten untuk menyelesaikannya bukan sekedar giringan opini untuk maksud maksud tertentu. Ingin tahu lebih banyak tentang Yu Sing anda bisa mengunjungi kategori artikel Yu Sing di website ini! berikut adalah tulisan lengkapnya.

Menantang Banjir.

Banjir ini sensitif. Sering terjadi, setiap ada kepala daerah/propinsi yang berpropaganda tidak banjir lagi, tidak lama kemudian kebanjiran. Biasanya memang motif politik, bukan wacana pengetahuan pengendalian banjir yang holistik.

Jakarta pernah sesumbar tidak banjir lagi. Lalu kebanjiran.

Belum lama beredar juga #propaganda Surabaya sanggup menyelesaikan banjirnya, kemarin banjir. Saya pernah bertanya2 sendiri saat propaganda itu beredar cukup masif, biasanya diedarkan oleh pendukung politik kepala daerah: "kok bisa ya, surabaya tdk banjir?" (Mungkin mulai banyak danau/waduk, beruntung RTH Surabaya msh >20%, mungkin krn msh byk mangrove?).

Lalu sy mengoreksi pikiran sy sendiri. Banjir sebaiknya tidak dilihat dlm skala waktu 1 musim. Atau 1 periode kepala daerah. Kawasan dataran banjir setiap saat berubah seiring pembangunan & pengendalian banjir oleh pemerintah yg menggunakan cara2 melawan air (polder, tanggul, pompa, timbun). Rekayasa2 itu bisa hanya sementara saja mengurangi banjir.

Pada peta th 1905, terlihat kawasan air Surabaya masih sgt banyak. Termasuk mangrove di Utara, yg saat ini penuh perumahan, pelabuhan, dll. Mangrove masih cukup byk di sisi Timur Surabaya.

Banjir Surabaya kemarin, dari berita online itu, terjadi pada daerah2 yang sekarang sudah penuh bangunan yang tidak ramah air.

Masih ingat awal tahun baru, beredar pula propaganda Semarang tidak banjir lagi. Kepala daerah sesumbar lagi. Tidak lama kemudian banjir di pesisir, maupun di lokasi agak atas. Pengendalian banjir semarang hari ini, adalah #sistempolder Belanda yg telah dilakukan ratusan tahun.

Dan Belanda jaman sekarang, berjuang menghadapi banjir. Anehnya propaganda kehebatan Belanda mengatasi banjir msh sering beredar. Walau dlm skala waktu yang sudah ratusan tahun itu, kemudian pd akhirnya sistem polder kalah.

Banjir di Indonesia, sering 'menyalahkan' pompa, atau tanggul jebol. Padahal tanggul dan pompa itulah memang sistem pengendalian banjirnya, desain pemerintahnya sendiri. Walau sering terjadi pompa rusak, tenggelam, listrik mati, tanggul jebol, masih terus menerus #propagandabanjirtidakadalagi berulang.

Adaptasi lebih baik utk #kotaramahair.

akses terus info terbaru dari website ini dengan
GABUNG KOMUNITAS BERBAGI  RUMAH MINIMALIS INDONESIA (RUMI) 2020 UNTUK JOIN !!!!

Menantang Banjir oleh Yu Sing
Menantang Banjir oleh Yu Sing



Mencari informasi arsitektur, di sini saja!!! Gunakan kolom search di kanan atas untuk menemukan informasi yang anda butuhkan, ketikkan kata kunci anda dan klik search. atau gunakan pencarian dengan kategori di kiri kanan website ini, dan atau skrol untuk melanjutkan membaca artikel. Selamat berselancar =)


Menantang Banjir oleh Yu Sing
Menantang Banjir oleh Yu Sing

Menantang Banjir oleh Yu Sing
Menantang Banjir oleh Yu Sing

Menantang Banjir oleh Yu Sing
Menantang Banjir oleh Yu Sing

Menantang Banjir oleh Yu Sing
Menantang Banjir oleh Yu Sing

Menantang Banjir oleh Yu Sing
Menantang Banjir oleh Yu Sing

Menantang Banjir oleh Yu Sing
Menantang Banjir oleh Yu Sing

Menantang Banjir oleh Yu Sing
Menantang Banjir oleh Yu Sing

LIHAT SEMUA KATEGORI ARTIKEL DI SINI

Model rumah minimalis 2020
jasa arsitek dan kontraktor Makassar 
Melayani seluruh indonesia 
Hubungi WA:081241644892  
untuk berbagai contoh desain lainnya: 


Author

My photo
Ali Said, ST
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur

Daftar Isi

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days

Popular Posts All time