LINGKAR WARNA: Yu sing, Semua manusia adalah pendatang Yu sing, Semua manusia adalah pendatang ~ LINGKAR WARNA -->

Saturday, April 23, 2016

23 april 2016

Semua manusia adalah pendatang
image courtesy by facebook Prathiwi Widyatmi Putri, Kampung around Batavia - they have been there since a looooooong time ago, Mr. Governor (my thesis, 2014).
Semua manusia adalah pendatang. Termasuk saya dan kamu. Bebas berdatangan ke mana dan kapan. Bila hari ini regulasi belumlah adil dan lengkap, janganlah mereka dituduh2 penghuni liar. 

Di jaman dulu misalnya masyarakat boleh saja menempati tanah dan diketahui diijinkan kepala wilayah. Tanpa surat. Tanpa dituduh liar. Malah diterima dengan kekeluargaan. Ini kearifan lokal.

Menjadi tambah pelik ketika semua dikomersialisasi diserahkan ke pasar tanpa kontrol yg adil jelas dan proteksi apapun dari pemerintah yang korup.

Sertifikat ganda. Sertifikat lama hilang tiba2 di bpn terbit sertifikat baru atas nama orang lain. Banyak juga kepentingan komersial menyingkirkan yang lemah secara paksa. Dst. Tidak benar bila semua warga kampung lalu dituduh penghuni liar tanpa benar2 tahu sejarah dan liku2 perjuangan turun temurun.

Kemalasan memilah dan mendalami perkara pelik ini dengan mudah pasti mengakibatkan banyak korban ketidakadilan baru. Semakin diperlakukan tidak adil...manusia semakin keras. Persoalan sosial makin rumit. Masalah makin banyak.

Solusi singkat cepat instan tidak tepat untuk urusan pelik dan mengakar lama. Semoga indonesia kembali pulih. Warga saling menghargai saling bantu. Gotong royong. Damai.






Author

My photo
Ali Said, ST
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur

Daftar Isi

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days