LINGKAR WARNA: Mantle mosque di UAE Uni Emirat Arab Mantle mosque di UAE Uni Emirat Arab ~ LINGKAR WARNA -->

Wednesday, January 27, 2016



27 januari 2016

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Kebutuhan paling mendasar pada sebuah tempat ibadah muslimin adalah masjid dan menaranya. Bentuk paling sederhana dari sebuah masjid dan menara selalu membentuk sebuah kesatuan yang terintergrasi. Dengan perbandingan proporsi 1:1:2 desainer masjid Daniel Andersson dan Christiane Flügel membuat layout tipikal masjid ini pada arah vertikal. Dimulai dengan lantai entrance sebagai ruang publik, naik melewati sebuah taman spritual kemudian menuju ke level yang lebih tinggi dimana tempat ibadah yang sangat tenang terletak. Menara terletak di atasnya dan suara dapat di perdengarkan ke seluruh arah dari level ini.


image courtesy of daniel andersson




image courtesy of daniel andersson
Garis garis vertikal pada fasade bangunan menunjukkan optimisme. Di dalam bangunan, garis garis tersebut bermain dan membentuk sebuah ritme harmoni antara bayangan dan cahaya, sebuah tempat untuk bermeditasi dan memohon petunjuk. Material fasade yang ke emasan menunjukkan kualitas dan keagungan. Seperti kain yang tertiup angin fasadenya membuat sebuah lengkungan elegant menghadap mekkah. Curva pada bangunan mengalir mengitari bangunan dan membentuk pintu masuk alami pada lantai satu bangunan.

image courtesy of daniel andersson
Pada lantai satu bangunan anda akan menemukan sebuah pasar yang ramai di dalam sebuah hall terbuka. Pusat informasi dan back office berada pada lantai mezanin di atasnya. Sebuah perpustakaan terbuka atau hall auditorium dengan dua ruang belajar di letakkan pada lantai dua bangunan. Sebuah taman di dalam bangunan di letakkan pada pertengahan lantai bangunan, di sini terdapat cofee shop dan tanaman liar yang di kombinasikan dengan kolam kecil.

Desain Masjid Al-Ansar Singapore
Desain Masjid dan Islamic Center Rijeka Kroasia
Desain masjid KAPSARC Riyadh Saudi Arabia
Desain Masjid dan Islamic Center Tirana Albania
Desain masjid modern minimalis oleh Maden and Co 

image courtesy of daniel andersson
Sebuah air mancur membentuk sebuah permukaan transparant pada taman yang jatuh mengucur dari lantai mezanine di atasnya. Tangga sepanjang fasade lantai ini menghubungkan lantai taman dengan area berwudhu. Air pada kolam ini juga dapat di gunakan sebagai air wudhu. Tempat sholat terletak di lantai paling atas bangunan dengan tiga buah mezanine. Tempat sholat ini bisa menampung 800 jamaah dalam waktu yang bersamaan. Di atas ruang sholat adalah area atap yang terbuka di mana berfungsi juga sebagai menara masjid.

image courtesy of daniel andersson
Dinding eksteriornya membentuk sebuah sistem structur frame tabung yang terbuat dari beton. Lantai lantainya di topang oleh struktur baja yang terkoneksi dengan dinding fasade untuk memberikan keseimbangan. Sebuah shaf vertikal berisi elevator dan instalasi teknis mengurangi gaya geser bangunan. Fasadenya di finishing dengan lembaran keemasan yang mengkilap dengan tanpa persambungan hanya di hubungkan oleh kaca yang berada di antaranya.


SIPTB
Perumahan modern minimalis di kota makassar
Perumahan modern minimalis di gowa sulawesi selatan



https://www.facebook.com/sharer/sharer.php?u=http%3A%2F%2Fwww.lingkarwarna.com%2F2015%2F10%2Fdesign-and-build-sebuah-alternatif-praktek-profesi-arsitektur.html%3Fspref%3Dfb&t=lingkar+warna+indonesia%3A+Rancang+dan+bangun+sebuah+alternatif+praktek+profe...
https://twitter.com/intent/tweet?text=lingkar%20warna%20indonesia%3A%20Rancang%20dan%20bangun%20sebuah%20alternatif%20praktek%20profe...&url=http%3A%2F%2Fwww.lingkarwarna.com%2F2015%2F10%2Fdesign-and-build-sebuah-alternatif-praktek-profesi-arsitektur.html%3Fspref%3Dtw&original_referer=http%3A%2F%2Fwww.lingkarwarna.com%2F2015%2F10%2Fdesign-and-build-sebuah-alternatif-praktek-profesi-arsitektur.html



Custom Search



Author

My photo
Ali Said, ST
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur

Daftar Isi

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days