LINGKAR WARNA: 8 Foto ini akan membuat anda berhenti menganggap remeh pemanasan global! Para arsitek ayuk berbenah!!! part 1 8 Foto ini akan membuat anda berhenti menganggap remeh pemanasan global! Para arsitek ayuk berbenah!!! part 1 ~ LINGKAR WARNA -->

Friday, April 08, 2016



9 april 2016

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Telah kita ketahui bersama arus perubahan iklim global terus berlangsung, bahkan di saat anda sedang membaca artikel ini, hal ini masih terus menerus terjadi dan penyebab terbesarnya adalah di sebabkan oleh aktifitas manusia yang serampangan dengan tidak memperhatikan isu isu ini baik di sengaja maupun tidak di sengaja. Bahkan banyak di kalangan kita arsitek bahkan saya sendiri penulis mungkin masih sering tidak memperhatikan hal ini. Gambar gambar berikut mungkin akan merubah persepsi anda tentang betapa pentingnya kita mulai benar benar memperhatikan permasalahan ini..

image courtesy by architectureandengineering




image courtesy by architectureandengineering

"Pegunungan" es artic, 1980 dan 2012
Perhatikan lautan es artic ini terus berkurang di akibatkan oleh meningkatnya suhu global atau biasa lebih kita kenal dengan pemanasan global, ini terjadi terus menerus dari tahun ketahun. Para ahli klimatologi memprediksi pada tahun 2040 artic akan bebas dari es yang masih tersisa seperti pada gambar kanan di atas. Kondisi ini tentu tidak memberikan efek kepada wilayah artic saja, tetapi akan mempengaruhi dunia secara umum. Misalnya saja meningkatnya radiasi solar dan aktifitas gunung merapi.

image courtesy by architectureandengineering
Pemutihan karang karang dari the great Barrief, 2002 dan 2014
Rumah bagi ribuan spesies, the great barrief benar benar berada di ujung tanduk. Meningkatnya suhu lautan menyebabkan fenomena thermal stress yang sangat mengganggu perkembangan dan reproduksi biota laut. Faktor lain yang menyebabkan hal ini adalah oksidasi lautan, peningkatan permukaan laut, badai dan hujan, juga memberikan efek negati bagi bioda laut yang ada. Tercatat di tahun 2002 pemutihan karang di level 50% dan meningkat menjadi 75% di tahun 2014.

Lomba desain arsitektur bangunan fungsi hunian atau perdagangan ramah lingkungan
The Hyperloop Station Design Competition 2016
Sayembara desain arsitektur ruang bebas 2016 Universitas Atma Jaya
Desain rumah minimalis type 75 alternatif fasade Puri Indah Amanah
Desain rumah minimalis type 75 Puri Indah Amanah

image courtesy by architectureandengineering
Laut Aral, 1989 dan 2014
Laut aral adalah salah satu dari 4 danau terbesar di dunia, dan saat ini hal tersebut telah hilang atau tidak ada lagi. Danau ini mengering dalam kurun waktu 40 tahun. Desertifikasi pada wilayah ini telah menurunkan degradasi tanah dan sumberdaya alam kepada titik dimana mereka tidak lama lagi akan punah.

image courtesy by architectureandengineering
Alaska muir glasier dan inlet, 1980 dan 2005
Bruce molnia membuat sebuah projek untuk mengambil kembali gambar glasier alaska. Dia melakukan perjalan di banyak tempat di wilayah yang dahulunya di penuhi glasier dan dia mengambil foto dengan posisi yang sama dengan yang pernah ada. Secara photografi bisa di gambarkan bahwa glasier ini mundur atau tereduksi hingga sejauh 50 km.




Berbagai inspirasi desain dari pallet bekas
Membangun portofolio desain arsitektur
Desain inspiratif dari bronjong batu 
Prinsip prinsip desain warna
Desain furniture inspiratif dari kardus bekas 
Desain masjid mungil minimalis
SIPTB
Perumahan modern minimalis di kota makassar
Perumahan modern minimalis di gowa sulawesi selatan

Author

My photo
Ali Said, ST
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur

Daftar Isi

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days