LINGKAR WARNA: Mengenal lebih dekat sang "arsitek kertas" Shigeru Ban Mengenal lebih dekat sang "arsitek kertas" Shigeru Ban ~ LINGKAR WARNA -->

Wednesday, December 23, 2015



23 desember 2015

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Shigeru ban lahir pada tanggal 5 agustus 1957 adalah seorang arsitek berkebangsaan jepang, di kenali karena desain desain inovativenya menggunakan kertas, terutama tabung kertas bekas yang di gunakan dengan mudah dan efektif pada daerah daerah bencana. Iya telah di perkenalkan oleh majalah Time pada tulisan mengenai inovator inovator di abad 21, sebagai inovator di bidang arsitektur dan desain.

shigeru ban image courtesy by formakers






Dialog bambu
Konsep mobil berbahan bambu 
Masa depan aplikasi kreatif adobe
3 software 3d masa depan
Manfaat memulai biro arsitek sendiri

Di tahun 2014 lalu Shigeru Ban telah terpilih sebagai penerima penghargaan ke 37 di bidang arsitektur yaitu Pritzker Architecture Priz, sebuah penghargaan yang sangat bergengsi di era arsitektur modern. Juri penghargaan ini memilih Ban karena penggunaan material yang inovative dan dedikasinya terhadap usaha usaha kemanusian yang telah di lakukannya di berbagai belahan dunia.


Ban lahir di kota tokyo, jepang. Iya menyelesaikan studinya di Tokyo University of the Arts, kemudian melanjutkan ke Southern California Institute of Architecture dan terakhir di Cooper Union's School of Architecture, dimana iya belajar pada John Hejduk dan menyelesaikan studinya di tahun 1984. Dari Hejduk yang juga merupakan bagian dari New York Five, Ban belajar tidak hanya mengenai elemen elemen fundamental pada arsitektur tetapi juga di perkenalan dengan "architectonic poetics"atau kreasi dari "three-dimensional poetry".


Hejduk, orang yang paling berpemikiran experimental pada New York Five, memberikan pengaruh pada Ban, yang mana bekerja merefleksikan eksplorasi berulang ulang terhadap elemen pada bentuk bentuk dasar. Eksplorasi eksplorasi Ban dengan bahan bangunan sederhana akhirnya  menuntunnya ke dalam solusi struktural yang sangat unik dan fenomenal.

image courtesy by inhabitat
Lingkar Warna Indonesia
Sayembara desain arsitektur interior 2016
Undang undang arsitek
Desain guest house modern minimalis
Desain masjid mungil minimalis




Author

My photo
Ali Said, ST
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur

Daftar Isi

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days