LINGKAR WARNA: Arsitektur Alam Arsitektur Alam ~ LINGKAR WARNA -->

Thursday, November 05, 2015



Lingkungan alami selalu saja memberikan kita perasaan  kagum dan takjub. Meskipun semua pengetahuan ilmiah umat manusia telah di kumpulkan, alam tetap saja memiliki misterinya sendiri yang kita mungkin tidak akan pernah bisa singkapkan keseluruhannya, kompleksitas ini telah secara terus menerus menginspirasi umat manusia. Di dalam keterbatasan, kita mencoba memanipulasi alam dengan konsep konsep dan sistem sistem, namun sebagai hasilnya kita justru telah membuat jarak yang sangat jauh antara diri kita dengan alam ini. Faktanya kehidupan kita seluruhnya tetap saja sangat bergantung dengan alam ini, tidak bisa di pisahkan dan  apa yang sekarang sedang kita upayakan adalah bagaimana menemukan kembali hubungan harmonis kita dengan alam ini.

'la tonnelle’ by gilles bruni and marc babarit, 1996





Munculah sebuah gerakan seni yang berfokus kepada eksplorasi ide ide mengenai bagaiman manusia agar dapat kembali bersentuhan dengan alam melalui pembangunan lingkungan yang kemudian di kenal sebagai " gerakan "arsitektur alam", dimana tujuannya adalah untuk menciptakan sesuatu yang baru, sesuatu yang mendorong kepada hubungan yang lebih harmonis antara manusia dan alam melalui pendefinisian kembali makna "mendesain dengan alam" di dalam ide ide pemikiran.

'ash dome' by david nash, 1977
Pelopor dari gerakan ini di temukan pada perubahan yang di upayakan oleh "land art" sebuah gerakan di akhir tahun 1960-an. Meskipun gerakan ini berfokus pada protes terhadap galeri dan komersialisasi karya seni, pada akhirnya gerakan ini juga mendorong terbentuknya gerakan "arsitektur alam" itu sendiri. Gerakan ini telah mendorong berkembangnya sebuah apresiasi baru terhadap alam ke dalam bentuk karya seni dan desain.

'organic highway' by mikael hansen 1995

NEXT




SIPTB
Perumahan modern minimalis di kota makassar
Perumahan modern minimalis di gowa sulawesi selatan

Author

My photo
Ali Said, ST
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur

Daftar Isi

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days